Jasa Riset Pasar Online: Tujuan dan Manfaat Yang Bisa Didapatkan

Advertisements

Jasa riset pasar menjadi salah satu tahapan terpenting dalam keberlangsungan usaha. Riset pasar berhubungan secara langsung dengan pemasaran, serta target pasar untuk sebuah produk serta jasa. Tidak mengherankan bila sebelum menjalankan bisnis atau membuat produk usaha tertentu, riset pasar merupakan satu hal yang harus dilakukan terlebih dahulu.

riset pasar

Menurut pengertian, riset pasar adalah penelitian dalam bidang pemasaran. Riset ini dilakukan dengan seksama secara sistematis. Dimulai dari perumusan masalah, tujuan, pengumpulan dan pengolahan data. Sampai interpretasi dari data yang diperoleh.

Disadur dari American Marketing Association, arti dari riset pasaran merupakan sebuah fungsi yang nantinya menghubungkan konsumen dan publik. Fungsi tersebut berbentuk informasi untuk mengidentifikasi peluang hingga permasalahan yang mungkin muncul dalam pemasaran.

Berdasarkan dari pengertian ini, sepertinya sudah sangat tidak meragukan lagi untuk pentingnya jasa riset pasar online. Mulai dari untuk tujuan evaluasi sampai upaya peningkatkan kinerja pemasaran akan bergantung pada hasil riset pasar. Pihak manajemen juga akan dapat mengetahui target pasar hingga strategi pemasaran melalui riset ini.

Manfaat dan Tujuan Riset Pasar

Riset pasar memang bukan sebuah tindakan sederhana. Seperti juga penelitian lain, riset pasar akan melewati tahapan demi tahapan sistematis. Demi mendapatkan hasil maksimal seperti seharusnya.

Untungnya saat ini sudah ada banyak sekali perusahaan jasa riset pasar yang bisa menjadi pilihan. Anda akan langsung mendapatkan hasil riset secara menyeluruh berdasarkan kajian data-data yang dikumpulkan sebelumnya.

Setelah memahami mengenai pengertian riset pasar. Tentunya harus mengetahui apa sebenarnya manfaat serta tujuan melakukan riset pasar. Berikut ini merupakan diantaranya.

  1. Mengenali karakter yang menjadi target pasar

Mengenali target pasar merupakan tujuan utama dari dilakukannya riset. Pengenalan untuk karakter target pasar nantinya akan mengarahkan strategi pemasaran yang tepat. Sesuai dengan tujuan. Adanya pengenalan karakter yang menjadi target pasar juga memastikan untuk sasaran usaha, lokasi, branding, sampai pemilihan metode marketing.

Baca Juga  Digital Marketing Untuk Generasi Digital

Contoh untuk pengenalan karakter target pasar seperti misalnya produk bayi. Riset pasar akan membantu mengenali target yang tepat untuk produk bayi tersebut. Sehingga nantinya kemasan, tampilan iklan, strategi marketing, metode pemasaran akan benar-benar efektif.

Dalam konsep marketing bahkan disebutkan semakin Anda mengenali karakter yang menjadi target pasar. Maka akan semakin berhasil strategi marketing yang dilakukan.

Advertisements
  1. Analisa strategi dan taktik pemasaran kompetitor

Adanya kompetisi memang bukan hal baru maupun asing dalam bisnis. Riset pasar bahkan memiliki manfaat serta tujuan untuk menganalisa strategi serta taktik pemasaran yang digunakan oleh kompetitor. Mengenali strategi yang digunakan kompetitor akan membantu Anda untuk membangun metode yang lebih baik. Riset pasar juga akan memiliki andil untuk hal satu ini.

  1. Memahami permintaan pasar akan produk

Riset pasar yang baik bukan hanya akan melahirkan strategi pemasaran yang efektif. Melainkan juga menjadikan jasa maupun produk Anda consumer-centric. Salah satunya dengan memahami permintaan pasar akan sebuah produk maupun jasa.

Contoh paling mudah tentu saja seperti ojek online. Menyadari kebutuhan dan permintaan pasar akan layanan ojek yang aman, cepat, dan mudah, maka lahirlah aplikasi tersendiri. Ini merupakan salah satu contoh riset pasar yang benar-benar tepat dan berhasil.

  1. Menggali peluang

Jasa riset pasar akan membantu Anda untuk melihat berbagai peluang berbeda. Mungkin target pasar berbeda, metode pemasaran. Sampai sasaran dan fokus marketing yang belum dibayangkan sebelumnya. Bahkan bukan tidak mungkin akan membantu Anda melihat peluang pemasaran di daerah atau negara berbeda.

Riset pasar memang memiliki banyak manfaat dan tujuan untuk usaha. Untuk itu memang sebaiknya melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memulai menjalankan bisnis. Maupun merilis sebuah produk ke pasaran.

Advertisements
Baca Juga  Saatnya Merekrut Manajer Media Sosial Untuk Pemasaran Produk Lebih Luas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This