Jasa Restrukturisasi Perusahaan Beserta Langkah Kerjanya

Advertisements

Jasa Restrukturisasi Perusahaan

Jasa restrukturisasi perusahaan merupakan jasa yang diberikan agar urusan strukturisasi ulang perusahaan Anda dapat dijalankan dengan baik. Para pakar ini akan membantu Anda untuk membuat strukturisasi ulang yang baik dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Karena masalah restrukturisasi ini tidaklah mudah sehingga dibutuhkan tenaga ahli agar semua prosesnya dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan untuk membuat struktur ulang perusahaan tidaklah mudah. Karena visi, misi ataupun sistem operasional perusahaan dapat berubah drastis. Terkadang juga, melakukan hal ini malah membuat perusahaan menjadi kehilangan arah dan tujuan sehingga tidak dapat berjalan dengan baik di masa depan.

Oleh karena itu, Anda juga perlu mengetahui bagaimana langkah restrukturisasi perusahaan yang baik dan benar sehingga Anda paham bagaimana para jasa restrukturisasi perusahaan bekerja.

Mengapa Restrukturisasi Perusahaan Dibutuhkan

Perusahaan yang ada tentunya harus melalui proses yang panjang sehingga dapat berdiri tegak dan mampu bersaing dengan yang lainnya. Jika perusahaan tersebut baik dari segala aspek maka restrukturisasi tidak perlu dilakukan. Namun, terdapat beberapa kejadian yang sangat mendesak sehingga hal ini harus dilakukan. Adapun hal tersebut antara lain:

Terjerat Hukum (Khususnya Untuk Monopoli dan Desentralisasi)

Perusahaan besar tentunya ingin memiliki pangsa pasar yang besar. Namun, perusahaan tersebut harus berhati-hati agar tidak masuk dalam kategori monopoli dimana satu perusahaan menguasai satu pasar produk tertentu. Hal ini dilarang di Indonesia karena dapat menyebabkan kesewenang-wenangan yang bisa merugikan masyarakat. Oleh karena itu, yang berhak untuk monopoli hanyalah pemerintah melalui BUMN.

Jika sebuah perusahaan terkena masalah ini, maka mau tidak mau perusahaan tersebut harus melakukan restrukturisasi. Praktinya bisa memecah divisi atau melepaskan satu divisi tertentu sehingga dapat dikuasai pesaing lainnya.

Baca Juga  Meski Tanpa Modal Besar, 5 Hal Ini Bisa Jadi Bekal Bangun Bisnis

Permintaan Pasar

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini konsumen ingin memperoleh berbagai kemudahan dari produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan. Jika memungkinkan konsumen yang memperoleh hal ini tidak hanya yang ada di kota namun juga pedesaan, sehingga permintaan pasarpun meningkat.

Perusahaan tentu menyadari potensi ini dan beberapa diantaranya melakukan ekspansi. Namun, ekspansi di daerah-daerah membutuhakn alur komunikasi serta sistem kerja yang baik. Fungsinya agar perusahaan pusat dan cabang dapat bersinergi dengan baik. Disinilah restrukturisasi dibutuhkan, karena dibutuhkan divisi baru ataupun sistem organisasi yang baik agar perusahaan cabang dan induk dapat beroperasi dengan baik.

Langkah Kerja Jasa Restrukturisasi Perusahaan

Jasa restrukturisasi perusahaan memiliki langkah kerja yang berbeda dari yang Anda bayangkan. Karena sebelum melakukan perombakan secara fisik, maka ada hal lain yang perlu disesuaikan terlebih dahulu seperti portofolio dan lainnya. Oleh karena itu, mengetahui langkah restrukturisasi perusahaan agar Anda semakin paham cara kerja para pakar ini, yaitu:

Advertisements

Restrukturisasi Portofolio

Hal pertama yang wajib dilakukan para penyedia jasa ini adalah restrukturisasi portofolio seperti investasi, pusat pendapatan, biaya, laba dan lainnya. Tujuan restrukturisasi ini adalah untuk mendapatkan berbagai modal kerja yang murah sehingga bisa dialokasikan untuk memperkuat kinerja keuangan perusahaan.

Biasanya dibutuhkan berbagai laporan keuangan baik dari pusat dan unit bisnis yang ada. Kemudian para pakar jasa restrukturisasi perusahaan akan melakukan perhitungan kinerja keuangan dan analisa yang baik. Biasanya analisa yang digunakan adalah PLC (product life cycle) yaitu rasio yang membandingkan produk yang diberikan kepada customer kemudian dibandingkan dengan tingkat penjualan pada periode waktu tertentu.

Menyesuaikan Hasil Restrukturisasi Dengan Misi dan Visi Perusahaan

Setelah melakukan perbaikan pada portofolio, maka langkah selanjutnya adalah menyesuaikan hasil tersebut pada visi dan misi perusahaan. Penyesuaian ini juga harus dilakukan oleh pihak manajemen. Karena biasanya jika visi dan misi perusahaan berubah maka cara kerja operasional, sistem, target pasar dan lainnya akan ikut berubah.

Baca Juga  Jasa Kelayakan Studi: Apa Penyebab Kegagalan Bisnis?

Jika proses ini dapat dilakukan dengan baik dan cepat. Maka, perusahaan dapat cepat beradaptasi sehingga dapat memperoleh pangsa pasar yang dibutuhkan.

Para pakar jasa restrukturisasi perusahaan tentunya harus memperhitungkan 5W dan 1H dengan baik. Karena dengan memperhitungkan hal tersebut, maka perusahaan yang mengalami strukturisasi ulang akan berkembanga dengan baik.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This