Jangan Tertipu! Ciri Orang Jujur Itu Apa Sih?


0
Spread the love
sumber : pexels.com

Berbohong bukanlah tindakan yang terpuji. Tetapi, penelitian mengungkapkan bahwa kita bisa berbohong 10-200 kali sehari. Dan menurut penelitian yang sama, dari 10 hingga 200 kebohongan, hanya 5-10% yang terdeteksi.

Mungkin Anda penasaran tentang cara mendeteksi kebohongan. Tenang saja, sebenarnya ada cara. Jangan repot-repot menggunakan detektor kebohongan ala polisi. Pamela Meyer, penulis Liespotting: Proven Techniques to Detect Deception, akan menjelaskan 7 cara mudah di bawah ini.

Orang yang Jujur Cenderung Berbicara dengan Bahasa yang Santai

sumber: pexels.com

Saat berbohong, kalimat seseorang saat berbicara cenderung lebih formal. Gaya bahasanya tidak sesantai biasanya dan ada kesan bahwa dia terlalu memikirkan kata-katanya. Ada alasan mengapa orang yang berbohong cenderung berbicara lebih formal. Struktur kalimat standar memudahkan mereka untuk mengatur kata-kata mereka dengan lebih baik sebelum berbicara. Bayangkan, kita cenderung tidak berhati-hati ketika berbicara ketika kalimat kita santai dan langsung, kan? Nah, inilah sebabnya, banyak orang yang gaya bahasa aslinya kasual dan biasa, menjadi lebih formal ketika mencoba berbohong.

Orang Jujur Berbicara dengan Kontak Mata Sewajarnya dan Tidak Dibuat-buat

Mitosnya, orang yang berbohong akan menghindari kontak mata dengan orang yang berbohong. Tapi, yang lebih sering terjadi adalah mereka berusaha mempertahankan kontak mata. Bahkan, pembohong yang ulung akan berusaha mempertahankan kontak mata. Ini karena mereka berusaha untuk tetap meyakinkan di depan orang-orang yang mereka bohongi. Terkadang tatapannya akan terasa tidak wajar, misalnya, terlalu lama atau terlalu mengada-ada.

Orang Jujur Berbicara dengan Melibatkan Dirinya

Saat berbicara, pembohong memiliki kecenderungan untuk tidak menggunakan kata “Aku”. Saat berbohong, ia cenderung akan “menjauhkan diri” dari kebohongan yang ia katakan. Yaitu, kita akan mencoba untuk mengatakan kebohongan tanpa memasukkan elemen “Aku” ke dalam cerita. Alasannya, berbohong justru membuat kita tidak nyaman.

Orang Jujur Selalu Berbicara dengan Nada Positif dan Jarang Menggunakan Nada Negatif

sumber: pexels.com

Karena kondisi alam bawah sadar mereka ketika berbohong merasa bersalah. Maka pembohong biasanya akan berbicara dengan nada yang negatif. Pernahkah Anda mematikan ponsel Anda karena Anda malas dihubungi oleh seseorang? Ketika orang itu bertanya mengapa dia tidak bisa menghubungi Anda, Anda berbohong. Merasa bersalah, Anda merasa perlu untuk bergabung mengatakan bahwa Anda kesal.

Orang Jujur Tidak Berputar-putar Ketika Berbicara

Kalimat orang yang berbohong akan berputar, dan dibumbui dengan detail yang sebenarnya kurang penting. Ketika seseorang mengatakan yang sebenarnya, dia tidak akan kesulitan berbicara secara langsung dan jelas. Sebaliknya, orang yang tidak jujur ​​akan mengobrol ngarol-ngidul. Kalimat yang seharusnya sederhana menjadi penuh dengan detail yang tidak terkait dengan inti cerita.

Orang Jujur Tersenyum dengan Matanya Ketika Berbicara

sumber: pexels.com

Pernah dengar istilah ‘senyum dengan mata’? Nah, pembohong tidak akan tersenyum dengan matanya. Saat berbohong, lawan bicara Anda mungkin memberikan senyuman untuk membuatnya terlihat lebih meyakinkan. Untuk itu, Anda harus dapat membedakan antara senyum asli dan senyum palsu. Seseorang yang benar-benar tersenyum akan tersenyum dengan matanya. Dari sudut pandangnya, Anda bisa melihat upayanya untuk menjadi hangat. Jika matanya dingin, Anda perlu memeriksa apakah senyumnya tulus. Bedakan juga senyum tulus dengan nada sinis atau merendahkan.

Orang yang Jujur Akan Selalu Terbuka dengan Anda

Meskipun ucapan pembohong terdengar dapat dipercaya, gerakannya menyiratkan keengganan untuk bekerja sama. Mungkin lawan bicara Anda adalah pembohong besar. Dia mampu tersenyum dengan matanya, mengendalikan nada bicaranya sehingga tidak terdengar panik, dan mengatur kalimatnya agar tetap sederhana dan rapi. Tapi, pembohong masih akan mengelak ketika Anda memintanya untuk bekerja sama.

Seseorang yang jujur ​​akan selalu terbuka untuk Anda. Jika Anda benar-benar tidak bisa mengatakan ya pada undangan Anda, mereka akan menawarkan tanggal alternatif. Tentu saja ini berbeda dengan orang yang benar-benar tidak mau dan menutupinya dengan berbagai alasan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals