Ini Dampaknya Jika Studi Kelayakan Diabaikan Dalam Menjalankan Bisnis

Saat kita berencana untuk menjalankan bisnis atau suatu usaha, modal dan tekad saja tidak cukup. Kesuksesan suatu usaha sangat terpengaruh pula pada perencanaan yang matang dan data yang lengkap. Ada strategi, anggaran, data tentang sumber daya yang kita punya, serta perhitungan return atau imbal balik usaha tersebut.

Semua unsur di atas terangkum dalam suatu analisis yang disebut studi kelayakan bisnis. Studi kelayakan bisnis sendiri merupakan analisis menyeluruh tentang sebuah calon usaha yang akan kita jalankan. Mencakup aspek hukum, ekonomi, keuangan, sosial budaya, bahkan lingkungan. Hasil dari analisis ini adalah kesimpulan apakah usaha tersebut layak atau tidak kita jalankan. Dengan aspeknya yang menyeluruh dan analisis yang lengkap, maka studi kelayakan bisnis adalah hal penting yang ikut menentukan kesuksesan suatu usaha.

Studi kelayakan bisnis (selanjutnya kita sebut SKB) biasanya dilakukan oleh manajer proyek atau konsultan bisnis dan keuangan. Manajer proyek biasanya melakukan SKB terhadap rencana proyek yang akan dilakukan oleh perusahaan, sebagai bagian dari manajeman perusahaan.

Sementara konsultan keuangan dan bisnis merupakan pihak ketiga yang sengaja disewa atau diminta perusahaan untuk melakukan studi kelayakan. Dengan harapan dapat memberikan pandangan yang independen, lengkap, professional dan terperinci mengenai rencana bisnis perusahaan.

Walau sepertinya rumit, tapi sebenarnya SKB tidak hanya dilakukan kepada usaha-usaha besar saja. Usaha kecil dan menengah juga seharusnya melakukan SKB jika ingin perjalanan bisnisnya mencapai kesuksesan. Jika SKB diabaikan, maka akan banyak penghalang yang menghadang jalannya bisnis Anda. Di antaranya:

  • Tidak teridentifikasinya masalah potensial yang mungkin saja akan mengganggu pengoperasian usaha. Menjalankan usaha tanpa studi kelayakan terlebih dahulu, seperti terbang buta di malam hari. Kita tidak bisa mengidentifikasikan masalah apa saja yang kemungkinan besar akan menghadang. Akibatnya, kita tidak tahu bagaimana cara menghadapinya. Tidak semua orang memiliki intuisi hebat dan dapat mengambil keputusan secara cepat saat dilanda masalah. Apalagi masalah dalam bisnis, dimana kesuksesan dan keberhasilannya sangat menentukan nasib kita ke depan.
  • Kesalahan dalam menyusun anggaran yang dibutuhkan untuk membuat bisnis berjalan dengan baik. Keuangan adalah faktor penentu dalam jalannya operasional perusahaan. Tanpa pengendalian dan pengaturan keuangan yang baik, jangan mimpi bisnis kita bisa beroperasi dengan mulus. SKB mencakup analisis terhadap aspek keuangan, dan mengabaikan SKB akan membuat perencanaan dan anggaran keuangan bisnis kita juga kacau.
  • Tidak adanya strategi pemasaran yang jelas. Tanpa strategi pemasaran yang jelas, kita bisa saja salah menyasar pasar. Salah menentukan varian produk untuk konsumen. Akibatnya, produk tidak terserap pasar. Penghasilan akan seret, dan bisnis kita pun wassalam.
  • Kemungkinan adanya kegagalan sangat besar, karena tidak diketahui return on investment dari usaha tersebut. Artinya, tanpa studi kelayakan bisnis, bisa saja ternyata usaha yang kita jalankan tidak layak. Perhitungan return of investment sangat penting dalam menggaet investor atau memuluskan rencana pinjaman ke bank. Investor tidak akan sudi menggelontorkan dana bagi proyek atau usaha yang ROI nya tidak jelas.
  • Sangat sulit melakukan pengendalian atas jalannya usaha. Tentu saja karena kita tidak punya tolak ukur dan target sebagai dasar pengendalian jalannya usaha. 

Pertimbangkan hal-hal berikut sebelum menjalankan studi kelayakan bisnis

  • Kelengkapan dan keakuratan data serta informasi yang diperoleh.
  • Siapa yang akan melakukan studi? Berapa tenaga ahli yang dimiliki dalam tim studi kelayakan bisnis?
  • Apa metode dan alat ukur yang tepat
  • Bagaimana loyalitas tim studi kelayakan bisnis terhadap perusahaan
Baca Juga  Hipdiba, Membantu Para Pengusaha Digital di Banten untuk Terus Maju

Jika kamu tidak memiliki tim untuk melakukan studi kelayakan bisnis, serta tidak bisa juga melakukannya sendiri, kamu bisa menghubungi jasa konsultan bisnis. Konsultan bisnis memiliki tim ahli dan orang-orang yang memang terbiasa melakukan analisa kelayakan usaha. Tinggal memastikan bahwa kamu menyewa tim yang loyalias dan profesionalitas sudah teruji. 

Melihat pentingnya peran studi kelayakan bisnis pada prospek kesuksesan usaha, memang sebaiknya analisis ini tidak diabaikan begitu saja. Sayang dong, persiapanmu memulai usaha kemungkinan besar akan gagal hanya karena melewatkan satu fase ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This
Buying legal Dianabol online in USA Buying Methandienone online in USA Buy legal Fluoxymesterone in USA Buy legal Equipoise in USA Clen online Human Chorionic Gonadotropin cost Testosterone Gel results Injectable Fluoxymesterone for sale online in UK Legal Anapolon in USA Legal Dbol for sale in USA