Ingin Bangun Bisnis E-Commerce? Ketahui 3 Rahasianya!


Spread the love
Sumber: www.orangemantra.com

Grapadinews.co.id – Sadarkah Anda bila kehidupan kini banyak dipengaruhi oleh teknologi? Ya, hampir seluruh aktivitas sehari-hari tidak lepas dari peran serta digital, dari mulai berbelanja, konsultasi bisnis, periksa kesehatan, hingga melakukan kegiatan amal.

Kehadiran e-commerce merupakan salah satu aspek penting untuk berkembangnya bisnis. Yang tadinya berjualan menghabiskan banyak pengeluaran untuk sewa tempat, listrik, telepon dan tagihan lainnya kini dipermudah dengan kehadiran toko online. Anda bahkan bisa berjualan di rumah sembari bersantai tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Lantas jika sebelumnya booking hotel atau penginapan harus datang langsung ke lokasi, kini bisa dilakukan dengan mudah melalui platform booking online. Terlebih bepergian kemana pun tidak khawatir lagi akan kehabisan tiket karena ada aplikasi pesan tiket online. Serta masih banyak lagi e-commerce lainnya yang memudahkan aktivitas masyarakat kini.

Namun membangun web tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus melakukan riste tersebut dahulu serta bereksperimen dengan berbagai metode untuk menentukan strategi tepat pada bisnis. Seperti halnya Cooper Weiss dan Gavin Dantez, dua orang di belakang suksesnya Magnet Mount, toko online aksesoris mobil dan ponsel yang telah bereksperimen dengan metode inovatif. Mereka menciptakan konten menarik yang kemudian menggiring pembeli hingga berakhir pada kesuksesan perusahaan.

Mencari tahu strategi yang tepat dan melakukan percobaan secara terus menerus merupakan hal wajar. Jika Anda bertemu dengan kesalahan, nantinya justru bisa belajar bagaimana hal tersebut bisa terjadi, kemudian mencari solusi atas itu. Lalu apa sih kiat-kiatnya untuk menumbuhkan bisnis e-commerce? Intip ulasannya berikut ini!

Analisis perilaku konsumen

Sumber: ekonomi.kompas.com

Bisnis berdiri tidak hanya untuk mendapatkan profit. Mereka menyesuaikan produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Apalagi kini era sudah semakin modern, yang kemudian memunculkan tren-tren baru.

Maka sudah seharusnya perusahaan melakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui produk atau layanan apa yang memang dibutuhkan serta diinginkan oleh calon konsumen. Salah satu fokus utama e-commerce yakni menciptakan materi yang beresonansi dengan pasar, sembari menyaingi produk atau layanan lawas, sehingga mendorong merek Anda lebih maju.

Salah satu perusahaan e-commerce yang berhasil membangun studi kasus yang berhubungan dengan perilaku calon konsumen adalah Fab.com. Hasilnya, mereka dapat meningkatkan konversi hanya dengan menambahkan tombol ‘add to chart’ ke situs web. Gunanya yaitu menumbuhkan rasio ‘click-through rate’ atau ‘rasio tayang per klik’.

Melalui cara ini mereka bisa meningkatkan CTR sebesar 49 persen. Di lain sisi, memenuhi harapan konsumen dengan desain sederhana tidak selalu mudah. Anda harus menerapkan sistem pemasaran yang lain dari lainnya untuk memperluas merek.

Dantez mengatakan bila ia mengatur strategi dengan mengoptimalkan konten dan menggunakan sistem pemasaran berdasarkan respon. Artinya, mereka menayangkan iklan unik tergantung prospek dan pelanggan. Misalnya calon konsumen yang sudah sering melihat iklan video mereka di Facebook, tentu nantinya akan disuguhkan advertisement yang berbeda dari mereka yang baru saja melihat.

Selain itu, setelah mengarahkan pelanggan ke situs web, Anda perlu membuat konten seintuitif dan seunik mungkin untuk menarik pengunjung menjadi pembeli bahkan dalam periode jangka panjang. Informasi yang detail dan cara pemesanan yang muda akan memberikan penialaian positif terhadap merek.

Pada dasarnya mayoritas orang yang melihat iklan dari suatu produk atau jasa untuk pertama kalinya tidak akan membeli. Tetapi ketika terus menerus menghadirkan iklan dari platform bisnis, secara spontan mereka akan lebih mengenal dan pada akhirnya tertarik. Pemilihan gambar produk, testimonial dan warna web juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan tingkat konversi dan pendapatan.

Sesuaikan konten untuk masing-masing platform

Sumber: www.bittbox.com

Bisnis perlu membangun merek untuk menarik pelanggan dan mendorong pertumbuhan penjualan. Meciptakan kualitas trafik berarti meningkatkankan periklanan multi plaform sekaligus. Anda bisa memasang umpan di Facebook, Instagram, iklan belanja Google, hingga Pinterest.

Maka sebagai bagian dari pemasaran, ada baiknya untuk membuat iklan pada setiap platform sehingga nantinya akan berbaur seperti postingan biasa. Dengan demikian calon pelanggan akan lebih mudah tertarik. Bisnis harus fokus untuk mempromosikannya kepada konsumen melalui beragam cara, seperti email, media sosial, hingga messenger.

Di samping itu, penskalaan pada berbagai paltform juga memungkinkan pemilik untuk berdaptasi dengan audiens yang berbeda sembari mempelajari minat mereka. Magnet Mount menyadari bahwa traffic web sangatlah penting. Mereka bahkan bisa mengumpulkan lebih dari 1 juta kunjungan dalam waktu delpaan bulan pertama. Maka pendapatan yang diperoleh saat itu bisa mencapai US$3 juta.

Memanfaatkan traffic untuk saling berhubungan dengan calon konsumen berfungsi untuk meningkatkan loyalitas. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pendapatan di luar target.

Ciptakan produk yang diingikan pasar

Sumber: bootstrapious.com

Pemasaran adalah tentang bagaimana memperkenalkan produk kepada pasar. Kendati demikian sesuaikan dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh mereka. Jika mereka tidak menginginkannya atau bahkan sama sekali tidak tertarik, maka hal tersebut sama halnya dengan percuma.

Ada banyak tipe calon pelanggan. Mereka yang memang menginginkan produk berkualitas dengan harga berapapun. Lainnya ingin produk berkualitas dengan harga terjangkau. Sebagai pemilik usaha, Anda harus bisa menjangkau keduanya.

Dalam prosesnya, sangat penting pula survei produk milik pesaing. Ketahui kekurangan dan kelebihan milik mereka, sehingga nantinya bisa digunakan sebagai referensi menciptakan produk atau layanan baru.

Pada dasarnya survei sangatlah penting untuk mengetahui selera konsumen yang terus berkembang. Apalagi kini persaingan di dunia e-commerce juga semakin ketat, sehingga jika Anda tidak mengambil langkah pasti tentu akan mudah mundur.

Sebelum memulai bisnis di bidang online, alangkah lebih juga mempersiapkan platform yang akan digunakan. Perusahaan harus memikirkan bagaimana baiknya konsep yang digunakan untuk memudahkan sekaligus menarik bagi calon pelanggan. Selamat membangun bisnis!

 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals