Industri Game Beri Kontribusi Besar Sektor Bisnis Teknologi di Indonesia


0
Spread the love
Sumber: koinworks.com

Grapadinews.co.id – Era teknologi membawa masyarakat pada kehidupan serba digital. Hanya bermodalkan gadget, maka segala aktivitas dapat dilakukan secara instan. Kini, dengan menatap layar, Anda bahkan bisa mengetahui dunia luas.

Teknologi juga menciptakan inovasi-inovasi baru di berbagai sektor bisnis. Persaingan ketat membawa mereka saling berlomba-lomba menciptakan segala sesuatu yang canggih, memudahkan, sekaligus menyeng   angkan. Salah satu produk digital yang dari dulu hingga saat ini masih diminati oleh banyak orang yakni game.

Berawal dari era manual, game kemudian dikembangkan hingga layaknya memiliki tampilan visual lebih real. Jika dulu permainan hanya bisa dilakukan perorangan melalui satu perangkat saja, kini orang dari belahan dunia manapun bisa bermain bersama-sama dalam satu waktu. Menariknya lagi, gim yang berkembang secara daring juga bisa digunakan sebagai sumber bisnis, lho.

Sebagian besar gamers yang serius menekuni dunia gim mengaku memperoleh pendapatan tetap. Tadinya hanya sekadar hobi kemudian menjadi pekerjaan yang bisa diandalkan. Tidak hanya bermain, mereka dituntut untuk memiliki taktik dalam menyerang musuh, kreatif, cepat, tanggap dan penuh dengan kecermatan.

Penggabungan skill tersebut lantas membawa mereka pada keberhasilan, bahkan hingga ke tingkat kompetisi internasional. Antusiasme masyarakat terhadap game juga membawa perusahaan yang menciptakannya turut meraih kesuksesan. Dilaporkan dari Bisnis.com bila bisnis ini mengalami peningkatan pesat seiring dengan bertambahnya tahun.

Game bertumbuh, omset naik

Sumber: sahabatpegadaian.com

Pertumbuhan dunia game tidak lepas dari minat masyarakat. Maraknya gim terbaru dan kompetisi internasional memicu mereka untuk terus melatih kemampuan. Bersamaan dengan itu pula, bisnis dalam sektor tersebut mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti yang diungkapkan oleh Agus Honggo Widodo selaku Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia (SMII) bahwa omset industri gim daring di Indonesia telah mencapai 10 triliun rupiah. Ia memisalkan usaha ini bagaikan industri otomotif Formula 1 yang mana perusahaan-perusahaan saling adu cepat menuju puncak.

Tidak dipungkiri lagi bila kompetisi itu semakin melaju kencang, terbukti dari banyaknya game baru yang bermunculan. Dari semuanya saling adu keunikan, keseruan, kelengkapan fitur hingga kemudahan untuk para pengguna.

Pertumbuhan bisnis game per tahun

Sumber: www.profbisnis.com

PT Synnex Metrodata Indonesia telah berdiri dan mengelola bisnis game sejak 5 tahun lalu. Kendati masih baru, namun perusahaan telah mencapai pertumbuhan terhadap usahanya yang mencapai 50% setiap tahun. Dilaporkan bila penjualan gim PT SMI pada tahun 2018 mencapai 1 triliun rupiah.

Sementara itu di tahun yang sama, PT SMI berhasil memperoleh pendapatan hingga mencapai angka 10 triliun rupiah. Tidak berhenti sampai di sana, perolehan tersebut juga diikuti dengan kepemilikan 70 vendor internasional dan distribusi 12 produk game Indonesia.

Bisnis game, sektor paling menjanjikan

Sumber: jagatplay.com

Antusiasme masyarakat yang tidak pernah surut terhadap game membuat sektor ini dinilai paling bertahan lama. Didukung dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, gim merajai dunia usaha. Inovasi terus dibuat, sementara pasar terus meluas. Kombinasi itu merupakan kunci penting untuk keberhasilan bisnis.

Sama dengan yang dikatakan oleh Ronaldy Suhendra, Direktur Konsumer PT SMI bahwa game merupakan industri paling menjanjikan saat ini di Indonesia. Teknologi informasi yang menjadi dasarnya juga membuat sektor ini makin menggeliat dan cepat bertumbuh.

Berawal dari game PC yang memiliki banyak pengguna, lalu berkat teknologi yang semakin maju gim bisa dihadirkan pada gadget seperti smartphone. Dengan demikian pengguna dapat memainkan kapan di manapun. Walaupun pertumbuhan bisnis IT hanya 1 digit, namun segmen gaming adalah yang paling cepat naik.

Mereka yang memang telah menjadikan game sebagai mata pencaharian atau pekerjaan tetap bahkan hingga memodifikasi perangkat personal computer (PC) sesuai dengan kebutuhan. Hal ini kini berlaku pula untuk pengguna smartphone. Mereka rela menambahkan memori serta ketahanan ekstra pada gadget demi bermain gim.

Potensi game di Indonesia

Sumber: tribunnews.com

Sebagai salah satu negara berkembang, Indonesia termasuk dalam jajaran wilayah yang memiliki masyarakat sadar akan teknologi. Digital sangat berkembang pesat di sini. Terbukti dengan banyaknya marketplace, naiknya pendapatan toko online serta e-commerce, UMKM juga mengalami peningkatan dan seluruh yang berhubungan teknologi berada di angka teratas.

Potensi yang dimiliki Indonesia ini jauh lebih baik dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia. Pasar gim di Tanah Air terus mengalami peningkatan. Produk-produk buatan anak bangsa juga semakin banyak. Kondisi ini memicu yang lain untuk menciptakan gim yang lebih canggih dan bervariasi.

Geliat industri game di Indonesia juga tidak lepas dari dukungan pemerintah. Hingga detik ini mereka terus mendukung sektor Teknologi Informasi. Berbagai upaya dilakukan, seperti memberikan seminar, mendukung karya-karya anak bangsa dan lain sebagainya, sehingga memunculkan kompetisi sehat para kreator di bidang gim.

Meskipun hanya permainan, nyatanya game bukanlah hal main-main. Ialah termasuk yang memberikan kontribusi besar bagi sektor teknologi di Indonesia. Pertumbuhan ini juga berbanding lurus dengan penjualan perangkat digital hingga mencapai triliunan rupiah.

 

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals