Ide Bisnis Peternakan yang memiliki Potensi Keuntungan Tinggi


Spread the love
sumber : tokomesin.com

Bisnis pertanian dan peternakan memang menjadi sektor bisnis yang menggiurkan di Indonesia. Hal ini tak terlepas dari iklim serta kondisi alam yang mendukung untuk membudidayakan berbagai macam hewan ternak maupun tanaman. Tak hanya itu saja, di Indonesia lahan masih sangat luas dan subur. Apalagi di daerah pedesaan dimana masih terdapat tanah lapang serta rumput hijau untuk pakan ternak. Hewan ternak tak hanya dimanfaatkan untuk diambil dagingnya, tetapi juga kulit serta tenaga hewan tersebut.

sumber : masihterjaga.id

Mengetahui ada banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memelihara hewan ternak, tak heran ada banak sekali pebisnis atau pengusaha di bidang peternakan yang sukses. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa menjalankannya secara individu maupun bekerjasama untuk ternak. Berbisnis dari bidang peternakan ini bisa menjadi investasi yang bagus untuk Anda.

Ternak Sapi dan Kambing Menjadi Bisnis yang Menguntungkan

sumber : amazonaws

Anda punya lahan yang cukup luas? Tidak ada salahnya dimanfaatkan untuk memlihara sapi. Banyak masyarakat di pedesaan yang berternak sapi untuk berinvestasi jangka panjang. Misalnya saja pada saat idul adha dimana permintaan pada hewan ternak semakin tinggi. Perawatan sapi cukup mudah, yang terpenting mendapat makanan yang banyak sehingga sapi dapat tumbuh sehat dan bugar sehingga harga jualnya juga tinggi. Meski mudah dalam perawatannya, namun Anda juga harus waspada dari penyakit menular yang kapan sjaa bisa menyerang hewan ternak Anda. Apabila hendak memulai bisnis rumahan, Anda bisa memelihara 2-4 sapi lebih dahulu. Tentunya butuh modal yang sedikit banyak untuk membeli sapi tersebut.

sumber : pakanternakinstan

Selanjutnya ada kambing yang juga tak kalah banyak dipilih sebagai hewan ternak. Jenis kambing sendiri ada banyak sekali mulai dari kambing jawa, kambing etawa dan lainnya. Kebanyakan masyarakat lebih memilih memelihara kambing jawa sebab tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Sebenarnya Anda juga bisa memelihara kambing etawa yang memiliki keuntungan lebih besar. Sebab tak hanya dagingnya yan bisa dimanfaatkan, tetapi juga susu kambing yang bernutrisi tinggi. Harga kambing etawa jauh lebih tinggi maka tak heran bisa menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Untuk kendala yang mungkin saja bisa Anda temui ketika memlihara ternak kambing yaitu dari masalah pakan serta bau kambing yang kebanyakan mengganggu masyarakat sekitar. Namun dengan banyak menambah wawasan akan perawatan hewan ternak, hal tersebut tak menjadi kendala berati .

Ternak Ayam Bisnis yang Tidak Ada Matinya

sumber : ayamkita

Bisnis ternak yang menguntungkan selanjutnya adalah ternak ayam. Bisa dikatakan bisnis ini sangat mudah untuk dijalankan sebab tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Bagian ayam seluruhnya dapat dimanfaatkan mulai dari daging, bulu, telur hingga jeroannya memiliki potensi yang menguntungkan. Apalagi ayam selalu menjadi menu andalan setiap keluarga untuk memnuhi kebutuhan protein hewani yang murah dan sehat.

Meski mudah dalam perawatan, namun beternak ayam juga tak terlepas dari beberapa kendala. Misalnya saja harga telur yang tidak stabil, begitu juga harga pakan yang mudah naik turun bisa menjadi sebuah masalah untuk para peternak. Selain itu, ayam petelur juga hidup di dalam dua musim, yang menjadikan resiko kematiannya bisa terjadi sewaktu-waktu.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Sebab dengan penanganan perawatan yang tepat maka ayam juga bisa tumbuh sehat dan beertelur banyak. Permintaan masyarakat pada ayam juga selalu tingi. Demikianlah informasi mengenai ide bisnis peternakan yang dapat Anda coba sebagai investasi.

 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals