Hal yang perlu dipersiapkan saat memulai bisnis


0
Spread the love
sumber : idntimes.com

Tertarik untuk memulai sebuah bisnis? Sebaiknya jangan hanya sekedar ikut-ikutan trend saja ya. Meski kini banyak bermunculan para pebisnis karena dianggap sebagai sebuah profesi yang bergengsi, namun banyak juga yang pada akhirnya gulung tikar. Penyebabnya bisa jadi karena kekurangan modal atau bahkan tidak mampu bersaing dengan bisnis serupa lainnya.

Untuk memulai sebuah bisnis dibutuhkan komitmen, pengorbanan serta kerja keras dan kreatifitas. Memang dengan memiliki bisnis sendiri Anda akan bisa menalurkan berbagai macam ide untuk bisnis yang Anda jalankan serta tidak terikat oleh waktu seperti ketika bekerja di kantoran. Namun Anda juga harus siap dengan berbagai resiko yang akan muncul, salah satunya menghadapi ketidakpastian. Maka dari itu, sebelum memulai sebuah bisnis Anda membutuhkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang.

Hal yang penting dipersiapkan saat memulai bisnis

sumber : centrausaha.com

Produk apa yang hendak Anda jual jika memulai bisnis? Atau sudahkah Anda memikirkan pangsa pasar yang hendak dituju? Dan masih banyak lagi ide bisnis yang perlu Anda rancang dengan baik sehingga dapat berpotensi sukses di pasaran. Maka dari itu, Anda butuh melakukan riset pasar lebih dulu untuk menemukan jawaban dari beberapa pertanyaan dasar. Misalnya saja siapakah yang membutuhkan produk tersebut?

sumber : blue.kumparan.com

Setelah melakukan riset, selanjutnya yaitu membuat bisnis plan. Tentukanlah visi misi Anda dalam bisnis tersebut. Baik mengenai target yang hendak dicapai serta bagaimana strategi promosi serta pemasaran yang tepat sehingga dapat mengenalkan bisnis anda. Anda harus membuat perhitungan yang tepat sehingga arah dan tujuan bisnis menjadi jelas dan terarah.

Hal  penting yang perlu diperhatikan

sumber : www.maxmanroe.com

Saat hendak memulai bisnis pikirkan apakah Anda hendak menjalankannya seorang diri atau membutuhkan mitra kerja. Apabila Anda lebih suka membangun bisnis sendiri, tentu bisnis tersebut bebas dari campur tangan mitra Anda. Berbeda jika Anda ingin membangun sebuah tim, maka carilah mitra yang tepat untuk menjadi co-founder dalam bisnis Anda.

Kemudian jangan lupa untuk memilih jenis usaha apa yang Anda inginkan dan tentu memiliki prospek yang baik. Apakah Anda ingin memulai bisnis di bidang produk atau jasa. Apakah berbasis online atau offline. Semua tergantung keinginan serta kebutuhan Anda. Selanjutnya tentukan produk yang hendak Anda jual. Apakah ingin diproduksi sendiri dan bagaimana cara Anda membuatnya. Lalu jangan lupa untuk menemukan keunggulan dari produk yang Anda miliki agar terlihat menonjol oleh konsumen.

sumber : tommcifle.com

Sudah menentukan produk yang ingin Anda jual, kemudian lakuakn analisa pasar untuk mengetahui seberapa besar minat dari masyarakat pada produk Anda. Terutama konsumen target pasar Anda. Cari tahu mengenai pendapat konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. Kemudian cari tahu mengenai kompetitor bisnis Anda dan susun strategi untuk bersaing di pasaran.

Membuat branding bisnis Anda juga merupakan hal penting untuk Anda perhatikan. Hal ini memudahkan Anda dalam promosi dan membuat masyaraakt lebih mudah mengenali produk Anda. Buatlah nam usaha yang simple da mudah diingat masyaraakat dan tentu sjaa berbeda dari brand yang lainnya. Selai hal-hal diatas, pikirkan juga mengenai modal usaha yang perlu Anda peroleh untuk menjalankan bisnis tersebut. Apakah berasal dari uang pribadi, uang patungan bersama rekan bisnis, dari investor, meminjam bank atau yang lainnya.

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals