Guys, Swakarantinamu Akan Sia-Sia Tanpa 5 Hal Berikut

Advertisements

sumber: pixabay

Perintah swakarantina yang dicanangkan pemerintah untuk meredam lajunya penyebaran Covid-19 telah berjalan hampir seminggu. Bukan hanya para siswa dan mahasiswa yang belajar dari rumah, sebagian besar pekerja juga melaksanakan tugas kantor dari kediaman masing-masing. Perintah swakarantina juga mencakup larangan bepergian keluar kota atau ke keramaian jika tidak mendesak.

Dengan tindakan ini, diharapkan penyebaran Covid-19 dapat teratasi. Tapi, walaupun kamu dan keluarga tetap di rumah saja, swakarantina yang kamu lakukan akan sia-sia jika kamu abai terhadap lima hal di bawah ini.

Menjaga Kebersihan Badan, Pakaian, Rumah Dan Lingkungan Terdekat

Berdiam di rumah dan tidak bepergian akan sia-sia jika kamu tidak menjaga kebersihan badan, pakaian, rumah dan lingkugan terdekatmu. Karena penyebaran Covid-19 sangat cepat. Ditambah lagi sebagian besar penderita tidak menunjukkan gejala-gejala berarti. Kamu bisa melakukan hal-hal berikut untuk menjaga kebersihan:

Segera cuci tangan dan wajahmu jika baru masuk rumah, sebelum menyentuh apapun atau siapapun. Terutama anak-anak. Misalnya kamu harus keluar karena sesuatu yang sangat penting, maka begitu pulang utamakan membersihkan tubuhmu dahulu. Kalau perlu mandi dan segera ganti pakaian.

Rutin mengepel lantai dan mengelap bagian-bagian rumah yang sering disentuh seperti handle pintu, keyboard komputer, dll. Gunakan cairan disinfektan dengan takaran yang pas agar kuman, virus dan bakteri bisa hilang. Selain mencegah Covid-19, hal ini juga berguna untuk mencegah menyebarnya penyakit lain.

Jangan lupa bersihkan bagian dalam mobil, terutama jika kamu juga nyambi sebagai supir taksi online. Kita tidak tahu sebersih apa penumpang yang masuk, atau apakah mereka carrier.

Rutin Mengonsumsi Multivitamin Dan Makanan Bergizi

Menjaga daya tahan atau imunitas tubuh adalah hal yang wajib untuk mencegah tertularnya diri kita dari penyakit. Termasuk Covid-19. Asupan vitamin C, D dan Zink akan membantu membentengi tubuh dari paparan virus. Meminum air rebusan rempah-rempah memang tidak bisa menyembuhkan penyakit akibatCovid-19 seperti yang ramai diberitakan. Tapi bisa meningkatkan daya tahan tubuhmu agar kamu tidak tertular.

Madu dan lemon juga sangat baik dalam menjaga ketahanan tubuh. Terutama bagi anak-anak, konsumsi gizi seimbang dan multivitamin adalah suatu hal yang sangat penting.

sumber: pixabay

Mengurangi Intensitas Bepergian Dan Berkumpul Dengan Orang Ramai

Advertisements
Baca Juga  Pacar Kamu Tipikal Ambekan? Nih, Alasan Cewek Suka Ngambek!

Walaupun kamu atau orang-orang di luar sana tidak sakit karena kebal terhadap Covid-19, namun bisa jadi kalian adalah carrier. Karena virus ini bisa bertahan cukup lama saat menempel di tangan atau benda mati. Lalu kembali aktif saat mendapatkan inang yang cocok. Berkumpul di keramaian akan membuatmu sangat rentan terpapar virus ini. bayangkan jika ada satu saja carrier yang ada di sana, lalu dengan sekali bersin atau memegang benda yang kemudian terpegang oleh orang lain. Berapa banyak orang yang akan tertular? Jadi sebisa mungkin kurangilah intensitas bepergian dan berbaur dalam keramaian.

Segera Memeriksakan Diri Saat Demam, Batuk Dan Napas Sesak

Ciri-ciri Covid-19 nyaris tidak jauh berbeda dengan flu biasa atau selesma. Maka jika kamu mulai merasa tidak enak badan, demam, batuk pilek atau merasa sesak napas, segeralah memeriksakan diri. paling tidak menelepon layanan online Covid-19 yang kini terdapat di daerahmu. Dokter yang bertugas akan memberi beberapa pertanyaan seputar kondisi dan aktivitasmu untuk kemudian merujuk ke rumah sakit yang menangani Covid-19. Atau menyarankan pengobatan dan penanganan yang baik jika simptom yang kamu derita hanya flu biasa.Tetaplah menjaga kondisi dan peka terhadap perubahan kondisi tubuhmu.

Tidak Menggunakan Perlindungan Yang Memadai Saat Terpaksa Keluar Rumah

Walaupun kita diharuskan di rumah saja selama masa swakarantina, ada kalanya kita harus keluar juga. Jika memang benar-benar penting, seperti membeli persediaan makanan, berobat, atau hal penting lainnya, maka gunakanlah perlindungan yang memadai. 

Masker kain jelas tidak akan melindungimu dari paparan virus. Masker N95 adalah pilihan paling baik. Jangan lupa untuk selalu membawa antiseptik dan hand sanitizer untuk digunakan bilamana perlu. Jangan sembarangan menyentuh wajah jika belum membersihkan tangan. 

Melaksanakan swakarantina bukan berarti kita panik dan takut berlebihan, loh, . Ini adalah tindakan preventif agar pandemik ini bisa lebih cepat diatasi. Semoga bermanfaat dan tetap sehat, ya.

Advertisements
Baca Juga  Ini Dampaknya Jika Studi Kelayakan Diabaikan Dalam Menjalankan Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This