Family Project Untuk Pererat Bonding Keluarga Selama #dirumahaja

 

Penyebaran Covid-19 yang semakin masif di Indonesia membuat pemerintah melaksanakan kebijakan untuk meliburkan murid-murid sekolah dan menganjurkan orang dewasa untuk bekerja dari rumah. Tagar #dirumahaja pun menjadi trending, menganjurkan masyarakat untuk tidak bepergian jika tidak terlalu penting dan menjaga jarak dengan orang lain untuk meminimalisir tertular Covid-19.

Nah, selain bekerja dari rumah dan mengirimkan tugas sekolah melalui media daring, momen #dirumahaja juga bisa menjadi momen tepat untuk mempererat bonding antar anggota keluarga, loh. Jika bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja, kenapa tidak membuat family project? Family project adalah kegiatan yang disusun, dilakukan, dan melibatkan seluruh anggota keluarga. Simple kok, tapi efeknya bagus sekali terutama bagi keluarga sibuk dengan kedua orang tua pekerja.

Hal Sederhana Juga Bisa Menjadi Family Project

Membuat family project itu gampang kok. Asal ada ide dan ada anggota keluarga. Ide sederhana juga bisa dibuat untuk family project. Contoh nih, kita baru saja panen mangga dari pohon di halaman rumah. Mau diapakan mangga ini? akhirnya dilakukan musyawarah dan diputuskan akan dibuat puding mangga susu. Nah, ini dia proyeknya: membuat puding mangga susu.

Lakukan pembagian tugas. Ayah keluar berbelanja bahan (anak tidak usah ikut karena sedang wabah corona), ibu dan adik memasak, kakak menyiapkan alat. setelah puding jadi, dimakan bersama-sama sambil evaluasi. Apa saja kesulitan untuk membuat puding mangga itu? Apa yang perlu ditingkatkan? Apa rasanya kurang enak? Atau jumlahnya kurang banyak? Heheheh.

Jika ingin membuat dokumentasi boleh juga, hitung-hitung bisa jadi inspirasi di lain kesempatan, atau malah inspirasi bagi keluarga lain.

Lihat Lingkungan Kita, Banyak Ide Di Sana

Mencari ide tidak perlu jauh-jauh. Di lingkungan rumah juga bisa. bosan melihat suasana ruang keluarga yang begitu-begitu saja, bisa jadi proyek: make over ruang keluarga. Adik yang sedang flu, bisa jadi proyek juga: membuat jus buah yang enak untuk adik. Sedang wabah Covid-19 nih, ayo buat konten YouTube tentang cara hidup sehat. Ada banyak ide dan macam-macam proyek lainnya.  bahkan rencana berkemah di halaman belakang juga bisa jadi proyek keluarga. Intinya, gunakan kreativitas seluruh anggota keluarga. 

Melibatkan seluruh atau sebagian besar anggota keluarga

Tujuan family project ini, selain sarana mendekatkan anggota keluarga, juga bersenang-senang. Iya, untuk having fun bersama-sama. Jadi libatkan seluruh anggota keluarga dalam proyek ini. karena sekarang semua orang #dirumahaja, otomatis dari kakak hingga adik bisa ikut dalam merencanakan dan melaksanakan proyek, ya. Nah, tahapan dalam membuat family project sendiri terbagi tiga:

Perencanaan: dengan diskusi antar anggota keluarga untuk menentukan apa proyek kali ini, siapa penanggung jawab untuk tiap tugas, apa saja yang dibutuhkan, dll.

Pelaksanaan: usahakan tiap anggota keluarga bisa having fun dalam pelaksanaan proyek. Jika ada kendala, orang tua dapat membantu mengarahkan anak-anak untuk ikut aktif memecahkan masalah.

Baca Juga  Fokus Pada Satu Bisnis, Ini Keuntungan yang Anda Dapat

Pvaluasi: dilakukan setelah proyek selesai. Gunanya agar jika ingin melaksanakan proyek yang sama di lain waktu, akan ada perbaikan atau pengalaman agar lebih baik lagi.

Melatih kemandirian, keberanian, dan kecerdasan anak

Melaksanakan family project dapat melatih kecerdasan anak. Misalnya kemandirian (dengan memberikan porsi kerja tertentu pada anak), keberanian (misalnya dengan mengusulkan tema atau jenis proyek, memberi pendapat dan masukan, dll), serta kecerdasan interpersonal anak. Dengan bekerja bersama orang lain—dalam hal ini anggota keluarga, anak akan belajar untuk berpartisipasi aktif, menunggu giliran, dll.

Nah, jadi tidak ada alasan untuk mati gaya dan berkutat hanya dengan gawai selama musim wabah Covid-19. Selain belajar daring, membuat family project juga bisa menjadi cara untuk belajar sekaligus bersenang-senang. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This