Facebook Ads dan Google Ad Jadi Primadona, Apa Keuntungan Keduanya?


0
Spread the love

Sumber: www.indosmartdigital.com

Grapadinews.co.id – Teknik door to door kini mulai ditinggalkan. Selain bisa menambah jumlah anggaran pada promosi, juga bukanlah satu-satunya cara efektif. Sejak dunia digital mulai berkembang, maka perusahaan memilih untuk mempromosikan produk melalui internet. 

Facebook Ads dan Google Adwords adalah dua platform yang populer untuk memasarkan brand. Lantas apa pengertian keduanya dan bagaimana masing-masing memberikan keuntungan pada pengguna?

  1. 1 Facebook Ads

    Sumber: buffer.com

    Selain sebagai platform media sosial yang memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia, Facebook juga memberikan layanan promo melalui Facebook Ads. Jasa pasang iklan tersebut sudah banyak digunakan untuk memasarkan produk dan mengenalkan profil perusahaan, utamanya kepada mereka yang aktif menggunakan social media tersebut. 

    Maka melalui fanpage bisnis tersebut, usaha berpeluang besar diketahui oleh siapapun di seluruh dunia. Sebagai penyedia layanan iklan, Facebook Ads memiliki banyak keuntungan. Facebook memiliki target pasar yang dikelompokkan berdasarkan beberapa aspek, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan masih banyak lagi lainnya. 

    Fitur user-friendly yang tersedia memudahkan penggunanya untuk menyiapkan promosi iklan. Di samping itu, guna dari pengelompokan tersebut yakni agar pemasang iklan bisa menargetkan pelanggan sesuai dengan pangsa pasar yang ditentukan. 

    Tidak cukup sampai di sana, bahkan melalui fanpage Facebook, pengguna bisa melihat aktivitas-aktivitas user lainnya di beranda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa yang sedang tren di pasaran dan menganalisis karakter masing-masing sehingga memudahkan dalam pengembangan produk. 

    Pada brand yang diklasifikasikan berdasarkan yang disediakan, nantinya Facebook akan membantu membagikan informasi berdasarkan kategori yang Anda pilih. Misalnya saja, jual pakaian wilayah Surabaya. Dengan demikian pada pilihan ‘Surabaya’ akan muncul produk yang dipromosikan. 

    Keuntungan lainnya yakni bisa diakses kapan dan dimana saja sesuai dengan keinginan pengguna. Kefleksibelan inilah yang juga menjadi salah satu alasan Facebook Ads banyak digunakan oleh pebisnis.

  2. 2 Google Adwords

    Sumber: tarahanbartar.com

    Telah mengekspansi dunia sebagai mesin pencari nomor satu di dunia, Google juga menawarkan layanan promosi iklan yang diberi nama Google Adwords. Platform ini adalah teman terbaik para pebisnis yang ingin memasarkan produknya dengan harga terjangkau, mudah diakses dan cepat dikenal hingga ke seluruh mancanegara. 

    Dengan menggunakan sistem paid trafik, Adwords lebih memfokuskan pada pencarian produk di search engine. Platform ini juga mentargetkan calon konsumen berdasarkan beberapa kategori, seperti keyword, lokasi, waktu, dan topik. 

    Untuk memasang produk yang akan dipasarkan, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp. 1000 hingga ribuan rupiah saja. Melalui pembayaran yang sangat terjangkau itu, Google akan memajang iklan di halaman paling depan dan teratas. Dengan demikian sangat memungkinkan bila brand lebih cepat dikenal dan menyebar luas. 

    Proses pemasangan iklannya pun cukup mudah, mulai dari pendaftaran dan cara membuat iklan telah dipandu oleh Google Adwords. Nantinya semua aktivitas iklan yang sudah terpasang akan terjadwal dan dilaporkan secara akurat. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi pebisnis karena mereka bisa menekan biaya pemasaran. Di samping itu  juga memberikan banyak fitur opsi seperti Display Network yang mana nantinya iklan bisa muncul di website lain. 

    Baik Google Ad dan Facebook Ads memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kekurangan dari Facebook Ads yakni biaya iklan yang bisa sangat besar karena memang jumlah trafik yang banyak, namun konversi tidak terlalu tinggi. 

    Sementara Google Adwords berharga terjangkau namun jumlah search yang terbatas. Apabila jumlah pencari ke brand Anda sedikit, maka trafik juga melemah. Kendati demikian, kedua platform tersebut sama-sama bisa diandalkan untuk mempromosikan produk dengan cepat dan mudah. 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals