Ciptakan Rasa Bahagia di Kantor Untuk Tingkatkan Kinerja


0
3 shares
Spread the love
Sumber: 123RF.com

Grapadinews.co.id – Menciptakan suasana bahagia pada pagi hari mempengaruhi mood hingga sepanjang hari. Oleh sebab itu, wujudkan rasa happy setelah membuka mata saat matahari terbit, kemudian lanjutkan dengan mendengarkan musik sembari meneguk kopi hangat. Bersantai beberapa menit, lanjutkan dengan bergegas pergi ke kantor. Eits, tapi jangan lupa untuk sarapan bergizi, ya.

Dengan suasana hati yang ceria, tentu apapun yang dilakukan akan terasa ringan. Jalanan macet tidak jadi masalah, debu serta polusi abaikan saja. Yang terpenting adalah tetap menjaga suasana hati tetap bahagia hingga sampai di kantor nanti.

Kebahagiaan di tempat kerja juga terkait dengan efek positif dari kinerja, produktivitas hingga kesehatan. Pekerjaan berat akan terasa ringan, masalah bisa diselesaikan dengan baik, asik berkomunikasi dengan partner kerja, dan hal-hal yang memberikan dampak baik kepada pikiran juga fisik.

Selain menciptakan rasa bahagia di pagi hari, ternyata kunci menuju kebahagiaan lainnya adalah menghubungkan dan berhubungan. Sebagai makhluk sosial, kita terhubung dan menjalin hubungan dengan orang lain. Sementara pekerjaan sejatinya adalah bentuk sosial. Memang benar, jobdesk harus diselesaikan dengan fokus sendiri. Masing-masing karyawan perlu bertanggung jawab akan tugasnya masing-masing. Namun pada akhirnya, dalam proses kerja tetap diselesaikan secara bersama-sama.

Jika selama ini Anda kesulitan berhubungan dengan orang lain, empat poin di bawah ini akan menuntun bagaimana caranya meraih kebahagiaan dengan saling berhubungan sebagai makhluk sosial. Ikuti tipsnya berikut!

Menjalin hubungan dengan orang baru

Sumber: blueantinc.com

Karakter masing-masing orang berbeda-beda, ada yang mudah berkomunikasi dengan orang baru dan ada pula yang sebaliknya. Namun tahukah Anda sebuah studi oleh University of Chicago menemukan bahwa ketika terhubung dengan orang baru, mereka cenderung lebih mendapatkan kebahagiaan dan pengalaman positif.

Sementara menurut sebuah penelitian yang telah banyak dilakukan, menjalin koneksi dengan banyak orang, efek yang didapat sama halnya dengan meneguk kopi di pagi hari. Selain itu, mereka yang berinteraksi lebih sering dilaporkan memiliki emosi positif dan rasa bahagia yang lebih besar.

Sebaliknya, ketika mereka jarang atau bahkan tidak membuka terhadap orang baru justru membuat diri tertutup. Dengan mencari kenalan serta menjalin hubungan baik, sama halnya Anda menciptakan suatu energi positif. Hal ini juga dapat meningkatkan peluang mendapatkan perspektif serta ide-ide baru. Lebih-lebih juga membangun persahabatan jangka panjang untuk membangun inovasi dan kebersamaan.

Tularkan suasana hati

Sumber: www.jllrealviews.com

Tahukah anda bila suatu hal yang negatif adalah racun bagi diri kita? Efeknya bisa ditularkan kepada orang lain, sehingga membentuk suatu lingkungan tidak sehat. Jika hal ini dibiarkan akan menimbulkan rasa tidak nyaman, gangguan batin hingga stres.

Percayalah bahwa kemampuan dan pikiran positif yang Anda miliki bisa mempengaruhi suasana hati orang lain juga. Realitas sosial menunjukkan bila bertatap muka secara langsung akan meningkatkan mood dan kebahagiaan.

Hal tersebut juga dibuktikan oleh para peneliti yang menguji wajah-wajah dari orang-orang yang berkomunikasi secara langsung dengan 17 cara berbeda dalam lintas budaya. Komunikasi emosional ini juga telah dibuktikan dalam studi interaksi online. Tillburg University di Belanda mempelajari 2000 vlog dan menemukan mereka yang cenderung menampilkan emosi. Video mereka ditonton oleh banyak orang dan secara tidak sengaja audien yang masuk ke dalam sampel penelitian, spontan turut merasakan apa yang dirasakan oleh vlogger tersebut.

Suasana hati penting bagi Anda dan orang lain. Kebahagiaan yang dirasakan akan ditularkan kepada rekan kerja, sehingga membentuk suatu lingkungan yang kondusif serta menyenangkan.

Bangun hubungan dengan kolega

Sumber: www.lillyscleaningservice.com

Membangun hubungan dengan rekan kerja dapat meningkatkan rasa keakraban, baik di tempat kerja maupun di luar. Kalian tidak perlu lagi sungkan untuk menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti dan dapat memecahkan suatu masalah bersama.

Menjalin hubungan dengan kolega bisa membuat perubahan besar dalam hidup. Sebuah studi menemukan bahwa salah satu pendorong utama kebahagiaan di tempat kerja adalah hubungan baik dengan rekan. Namun dilaporkan pula bila 49% pekerja yang tidak memiliki rasa kebersamaan dengan rekan kerja, peringkat kemampuan dalam berkomunikasinya di bawah rata-rata.

Dari hasil studi itu disimpulkan bahwa membangun hubungan baik juga dapat meningkatkan rasa ingin tahu. Inilah jalan mudah dan menarik untuk membuat suatu lingkaran kesadaran, saling memahami, berbelas kasih kepada mereka yang telah menghabiskan hampir seluruh waktu dengan kita. Maka kini tidak ada alasan lain untuk diam dan tidak mengobrol sama sekali dengan kolega ya?

Saling berkomunikasi dapat menciptakan keintiman. Terlebih kantor merupakan lingkungan yang Anda dan rekan habiskan hampir seluruh waktu. Maka patutlah untuk saling berhubungan serta berbagi untuk meningkatkan kebahagiaan.


Like it? Share with your friends!

0
3 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals