Cerita Maya Penn Memulai Bisnis di Usia 8 Tahun Hingga Jadi Remaja Menginspirasi

Sumber: www.bet.com

Grapadinews.co.id – Menjadi seorang pebisnis tidak terpatok pada usia maupun pendidikan. Semuanya bisa mendirikan dan membangun usaha dari bawah. Asalkan orang tersebut memiliki tekat kuat untuk menyenangkan banyak orang dan memperoleh keuntungan dengan kerja keras sendiri. Di samping itu juga disertai dengan komitmen untuk terus menjalankan usaha apapun kondisi dan situasinya.

Seperti seorang gadis berusia 19 tahun, Maya Penn. Ialah pendiri dari Maya’s Ideas yang hasil karyanya sudah dikenal hingga ke seantero dunia. Tanpa meengenyam pendidikan ekonomi dan bisnis, gadis remaja ini hanya memiliki ide kreatif yang kemudian direalisasikan menjadi karya-karya lucu.

Dimulai dari usia cukup muda yakni 8 tahun, Maya Penn memanfaatkan bakat menggambarnya untuk mendirikan usaha. Ia pernah diundang Forbes dan TedTalk untuk membagikan kisah inspiratif. Kini gadis ini diundang di berbagai seminar dan pertemuan wirausaha guna membagikan pengalaman dan memotivasi anak muda lain untuk terus produktif. Berikut kisahnya!

Dimulai dari usia 8 tahun

Sumber: blackgirlnerds.com

Maya Penn memulai usaha pribadinya sejak usia 8 tahun. Kala itu ia kerap menemukan kain-kain indah di sekitar rumah dan muncullah ide untuk membuat desain menarik, seperti syal, topi, tas, dan lain sebagainya.

Awalnya ia hanya membuat ikat kepala untuk dirinya sendiri. Saat menggunakan hasil karya tersebut di manapun, Maya selalu menjadi pusat perhatian dan orang-orang bertanya mengapa aksesrois tersebut terlihat lucu sekali dan bagaimana caranya mendapatkan itu. Dari sanalah kemudian ia memiliki ide bisnis.

Kisah Maya memulai hari-harinya

Sumber: blackgirlnerds.com

Dari dulu hingga saat ini Maya Penn memulai harinya dengan doa guna meningkatkan pikiran positif. Pagi wkatu paling berharga untuk berjalan-jalan bersama anjing kesayangan dan dilanjutkan dengan homeschooling. Apabila tidak ada jadwal belajar, ia gunakan untuk mengerjakan tugas dan mengisi acara di berbagai tempat atau sekadar wawancara di media.

Baca Juga  Berawal dari Suka Naik Ojek, Nadiem Makarim Dirikan Gojek

Meski sudah punya usaha sendiri, orang tua Maya tetap mendiskusikan tentang pelajaran saat malam harinya. Hal ini sangat berguna bagi gadis kecil itu karena jadi lebih mudah belajar keesokan harinya.

Sementara di siang hari pulang sekolah, Maya memilih untuk tidak bermain seperti anak-anak kebanyakan tetapi langsung masuk menuju studio khsusus di mana ia menghabiskan waktu untuk membuat karya-karya kreatif. Di sana pula ia berkutat dengan pesanan, proyek terbaru dan mengelola situs web sendiri.

Selain membuat aksesoris ramah lingkungan, Maya juga membagi waktu dengan membuat animasi. Usai bekerja, ia memilih mengisi waktu dengan keluarga atau sekadar ngobrol bersama teman-teman, bermain game atau membaca buku.

Suka duka membangun bisnis

Sumber: cnn.com

Membangun bisnis di usia sangat muda, Maya mengaku banyak mendapatkan pelajaran. Sementara duka yang biasa ia alami adalah saat mengalami kesalahan dalam pengkodean situs web, sehingga harus memakan waktu berjam-jam untuk memperbaikinya.

Tetapi dengan kesalahan tersebut ia bisa belajar untuk menyelesaikan. Di kedepannya Maya sebisa mungkin mencegah atau bahkan memperbaiki sendiri dengan mudah saat menghadapi problem yang sama.

Pencapain terbesar

Sumber: ted.com

Saat ditanya soal pencapaian terbesarya, Maya menjawab adalah saat dirinya diberi kesempatan menjadi pembicara di acara global sekelas TEDWomen. Momen tersebut merupakan hal yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Di sana ia berbagi kisah dan mengapa dirinya begitu bersemangat terjun langsung ke tengah masyarakat. Maya mengaku sering sekali menerima email dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa yang mengatakan bahwa mereka begitu terinspirasi dengan dirinya.

Sejak TEDTalk ditayangkan, pesan masuk semakin banyak dan acara itu memberinya kesempatan lebih besar untuk terhubung dengan orang-orang hebat lain di luar sana.

Baca Juga  Provalindo Nusa Perusahaan Konsultan yang sedang bertumbuh Pesat

Langkah yang selanjutnya diambil

Sumber: americanlibrariesmagazine.org

Pada tahun 2014 kemarin, Maya meluncurkan brand seri animasi dengan tajuk The Pollinators dan Malicious Dishes. Di samping itu juga dirinya mengerjakan beberapa proyek, salah satunya Maya’s Ideas. Gadis remaja ini juga menulis sebuah buku tentang perjalanannya menjadi pengusaha muda.

Kini melalui situs web Maya’s Ideas calon pembeli bisa melihat koleksi lucu berupa aksesoris, syal, topi, tas, hingga kaus bergambar animasi. Melalui platform tersebut ia juga menginspirasi banyak orang untuk terus berkarya tanpa dibatasi oleh usia.

Pesan untuk pebisnis muda lainnya

Sumber: nationswell.com

Sebagai seorang pengusaha muda, Maya mengaku yang terpenting adalah ide dan gagasan. Baik kecil maupun besar haruslah segera direalisasikan. Meskipun hanya berupa coretan-coretan di kertas atau mungkin menggunakan peralatan seadanya, yang terpenting adalah kemauan untuk mewujudkan.

Selain itu, gadis ini juga berpesan yakni harus percaya diri dengan apa yang dilakukan. Tidak perlu berkecil hati walaupun pada kenyataannya nanti usaha yang dijalankan begitu lambat. Sebab segala sesuatunya adalah proses, jadi jangan menyerah terlalu cepat.

Sebagai pemuda yang telah membangun bisnis sejak kecil, Maya bahkan telah menerima sejumlah penghargaan bergengsi, seperti Black Entreprise Teenpreneur of The Year Award pada tahun 2013. Kemudian masuk dalam Little Pink Book Spring into Ownership Panel. Sementara itu, pengakuan publik pertamanya yakni masuk dalam daftar Notable Grade School Entrepreneurs dari Majalah Forbes.

Menariknya lagi, Presiden Barack Obama pernah memuji gadis ini dalam hal pengelolana lingkungan. Namanya sudah dikenal ke seantero dunia, Maya kemudian terpilih sebagai wirausahawan muda pembuat perubahan. Begitu menginspirasi, bukan?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This