Cari Tahu Ide Bisnis Sektor Pertanian yang Menjanjikan


Spread the love
sumber : pengusahaidn

Saat ini menjalankan sebuah bisnis banyak diminati oleh masyarakat. Mulai dari bisnis kecantikan, bisnis kuliner dan dalah satu bidang bisnis yang cukup menjanjikan adalah pertanian. Bisa dikatakan jika bisnis pertanian tak pernah ada matinya, sebab seperti yang Anda ketahui bahwa pangan merupakan kebutuhan pokok manusia. Apa jadinya jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, tentu saja akan terjadi kelaparan dimana mana. Maka tak heran jka bisnis pangan menjadi peluang bisnis yang gurih dan sangat menjanjikan.

sumber : siapbisnis.net

Apalagi Indonesia mempunyai tanah serta iklim yang baik untuk mendukung keberhasilan tanaman. Total lahannya ada berhekta-hektar baik yang ada di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Menurut data BPS tahun 2017 saja, sektor perekonomian yang menyerap banyak tenaga kerja adalah sektor pertanian. Jadi siapa bilang memulai bisnis di pertanian bukanlah hal yang keren? Bahkan penghasilannya saja bisa melebihi para pekerja kantoran. Anda mulai tertarik untuk berbisnis di bidang pertanian? Simak ulasan berikut ini.

Ide bisnis di sektor pertanian yang menjanjikan

sumber : investasi.online

Rupanya ada banyak sekali ide bisnis di sektor pertanian yang bisa Anda coba. Tak hanya cocok untuk dijalankan masyarakat pedesaaa yang memiliki lahan luas, tetapi di daerah perkotaanpun bisnis pertanian kini juga bisa dijalankan. Salah satunya yaitu dengan bisnis pertanian hidroponik. Pertanian dengan sistem ini tengah banyak diminati oleh masyarakat modern. Alasannya, bertani dengan sistem hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas. Hanya dengan lahan yang terbataspun, seperti halaman rumah saja Anda bisa menanam berbagai macam sayuran serta buah buahan.

Bercocok tanam dengan sistem hidroponik tidak membutuhkan media tanah melainkan dengan air yang ditambah berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Tempatnya bisa Anda buat dengan menggunakan pipa paralon atau bisa juga dengan gabus bekas tempat buah. Hasil tanaman hidroponik bersih dan besar sehingga banyak sekali peminatnya.

sumber : folderbisnis.com

Selanjutnya ada pertanian organik yang tidak kalah menguntungkan prospeknya. Pertanian organik ditanam menggunakan media tanah hanya saja tanpa penambahan bahan kimia apapun, termasuk pestisida. Hasil pertaniannya tentu lebih sehat dan bebas bahan kimia. Hal ini menjadikan masyarakat yang mulai sadar akan gaya hidup sehat mempunyai minat yang tingi terhadap tanaman organik. Sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang snagat menjanjikan.

Potensi bisnis di bidang pertanian luas

sumber : sahabatpegadaian

Bisnis di bidang pertanian tentunya tidak hanya mengenai jual hasil pertanian saja. Bidang ini memiliki potensi bisnis yang sangat luas, mulai dari pembibitan, perkebunan hingga hasil panen. Tanaman yang tidak berbuah atau tanamn hiaspun juga memiliki potensi bisnis yang menguntungkan. Hal ini sejalan dengan pembangunan yang terus saja meningkat menjadikan permintaan pasar terhadap tanaman hias semakin tinggi. Mulai dari pembangunan gedung, rmah, taman kota juga perhotelan. Bahkan ada juga kolektor tanaman hias yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan tanaman hias sebagai koleksinya. Bisnis tanaman hias juga tidak pernah sepi peminatnya apalagi di wilayah perkotaan. Sehingga hal ini bisa jadi peluang bisnis yang baik untuk Anda.

Terakhir ada juga bisnis pembibitan tanaman buah maupun sayuran. Hal ini dapat dijalankan untuk Anda yang memiliki lahan luas. Untuk membuat bibit tanaman Anda hanya butuh meletakkannya di dalam polybag. Bibit tanaman banyak juga yang memiliki harga cukup tinggi misalnya saja bibit cengkeh, pohon jati, cendana dan masih banyak lagi. Peminat dari bibit tanamn ini tentu saja sangat banyak sehingga mampu memberi keuntungan yang tidak sedikit.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals