Cara Mudah Memilih Jasa Konsultan Bisnis Terbaik

Advertisements

Jasa Konsultan Bisnis

Jasa konsultan bisnis saat ini sangat diminati oleh para pemilik bisnis. Karena memberikan banyak manfaat serta keuntungan yang sangat membantu perkembangan usaha bisnis tersebut. Selain itu, dengan bantuan penyedia jasa yang sama kamu bisa menyelesaikan berbagai masalah bisnis yang ada dengan cara yang baik dan pastinya legal.

Akan tetapi, keberadaan penyedia konsultan bisnis saat ini sudah sangat banyak dan bisa ditemukan hampir diseluruh kota besar di Indonesia. Satu sisi hal ini menggembirakan karena mudah dicari. Namun, di sisi lain hal ini justru mengkhawatirkan karena kamu tidak tahu mana yang benar-benar bekerja dengan profesional serta “no tipu-tipu”.

4 Cara Memilih Jasa Konsultan Bisnis Terbaik Dengan Mudah

Untuk mengetahui konsultan bisnis yang terbaik tersebut tidaklah sulit. Namun, harus dilakukan dengan seksama agar kamu semakin yakin dan tidak menyesal untuk memilih jasa konsultan tersebut. Setidaknya dengan mengikuti beberapa cara dibawah ini kamu bisa memilih yang terbaik diantaranya, seperti:

1.Periksa Latar Belakang dan Portofolio

Saat ini setiap penyedia jasa memiliki website. Mengapa? agar mudah dikenal dan dicari tahu oleh orang banyak. Begitu juga dengan penyedia jasa konsultan bisnis, pastinya memiliki website atau blog sendiri.

Untuk mencari yang paling cocok, maka kamu harus mencari tahu dulu bagaimana latar belakang penyedia jasa tersebut, siapa saja anggota timnya, pengalaman bekerja serta portofolionya. Hal ini merupakan yang paling dasar sebelum memutuskan untuk memilih yang mana.

Cara lain bisa dengan melalui rekomendasi teman sejawat. Akan tetapi, informasi ini jangan langsung diterima tetapi diperiksa terlebih dahulu dengan teliti. Jika infonya valid, maka masukkan penyedia jasa tersebut ke dalam list kamu.

Baca Juga  Analisisis Rasio Keuangan Pada Studi Kelayakan

2. Pengalaman Jasa Konsultan Bisnis

Cara berikutnya adalah melihat pengalaman dari jasa konsultan bisnis tersebut. Biasanya informasi ini tersedia di portofolio. Secara umum portofolio memiliki daftar informasi berupa daftar klien, anggota tim lengkap dengan pengalaman berkarir dan kompetensinya dan lain-lain.

Penyedia jasa ini juga pasti memiliki spesialisasi tertentu seperti khusus UMKM, konsultan properti dan lainnya. Namun, ada juga penyedia jasa yang punya beberapa keahlian sekaligus.

Akan tetapi, faktor pengalaman serta daftar kompetensi tersebut sangat penting untuk menjadi pertimbanga untuk kamu. Karena dua hal ini tidak hanya menunjukkan tentang kemampuan tapi juga profesionalitas para konsultan tersebut.

Advertisements

3. Rekomendasi dan Seminar

Kamu juga bisa mencari tahu akan penyedia jasa konsultan usaha tersebut melalui rekomendasi orang lain atau juga dengan mengikuti seminar bisnis. Rekomendasi ini penting karena biasanya yang memberi rekomendasi sudah merasakan sendiri bentuk pelayanannya.

Jika tidak ada yang memberi rekomendasi tersebut maka kamu bisa mengenalnya melalui seminar. Banyak konsultan bisnis yang mengadakan seminar baik gratis atau berbayar di berbagai media. Melalui pemaparan mereka kamu bisa menilai apakah konsultan tersebut baik atau tidaknya. Jika iya maka masukkanlah konsultan tersebut ke dalam list kamu.

4. Harga

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan membandingkan harga yang mereka tawarkan. Perlu diketahui penyedia jasa manapun tidak memiliki standar harga yang baku. Artinya akan ada lembaga konsultan tertentu yang mematok harga rendah ataupun tinggi.

Karenanya, untuk mengetahui konsultan bisnis tersebut bagus atau tidaknya adalah dengan membandingkan harga, jasa, pengalaman serta kompetensi yang mereka miliki. Selain itu, pihak penyedia jasa biasanya terbuka untuk negosiasi harga. Jadi, pastikan kamu memilih konsultan terbaik sesuai dengan budget yang dimiliki.

Baca Juga  Didampingi Konsultan Bisnis, Apa Keuntungannya?

Itulah 4 cara mudah memilih jasa konsultan bisnis yang harus kamu ketahui dengan baik. Tentu kamu bisa menambahkan beberapa kriteria lainnya, namun 4 cara diatas sudah cukup mewakili bagaimana mencari dan memilih penyedia jasa konsultan untuk usahamu kelak.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This