Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah Berdasarkan Anjuran WHO

Advertisements

sumber : pexels.com/ Sharon Mc CutCheon

Semakin hari, berita mengenai wabah virus Corona kian mengkhawatirkan. Jumlah orang tertular virus corona makin bertambah, sehingga Pemerintah mulai memberlakukan aturan social distancing agar penyebaran virus tidak semakin meluas. Selain melakukan social distancing, pemerintah juga menggalakkan pola hidup yang sehat, serta yang terpenting selalu mencuci tangan pakai sabun pada masyarakat. Mencuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer sangat ampuh membunuh virus maupun kuman yang menempel pada tangan.

Masalahnya, akibat terlalu khawatir pada wabah virus corona, masyarakat segera  memborong berbagai barang mulai dari sabun cuci tangan, hand sanitizer hingga bahan pokok makanan. Fenomena panic buying ini menjadikan kelangkaan barang di berbagai pusat perbelanjaan. Harga barang-barang tersebutpun melambung tinggi. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir meski kini semakin kesulutan mendapatkan hand sanitizer. Sebab Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah 

sumber : pexels.com/ cottonbro

Hand sanitizer berguna untuk membersihkan tangan untuk terhindar dari resiko virus corona. WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia kini telah mengeluarkan panduan dalam membuat Hand Sanitizer yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

  1. Menyediakan Alkohol 70%

Untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah, salah satu bahan penting yang perlu Anda siapkan adalah alkohol 70%. Sediakan botol berukuran 30 ml sebagai wadah hand sanitizer buatanmu. Kemudian isi dengan alkohol yang berguna untuk membunuh kuman dan virus. WHO merekomendasikan alkojol 60-70%. Konsentrasi alkohol 60-70% ini disebut paling efektif dalam membunuh virus dan kuman. Jika menggunakan hand sanitizer dengan konsentrasi dibawah itu, maka tidak akan bekerja dalam membunuh virus ataupun kuman.

Baca Juga  5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Wawancara Kerja

2. Pencampuran bahan cara pertama

sumber : pexels.com/ Juan Pablo Serrano Arenas

Ada beberapa cara dalam pembuatan hand sanitizer ini. Cara pertama yaitu formula hand sanitizer yang menghasilkan konsentrasi akhir etanol 833.3 ml dengan mengunakan konsentrasi 96 persen, hidrogen peroksida sebanyak 41,7% dan konsentrasi 3%, gliserol 14,5 ml dengan penggunaan konsentrasi 98%. Selanjutnya tuang semua bahan ke dalam botol berukuran 1000ml. Campurkan dengan air yang sudah direbus dan didinginkan.

3. Cara kedua pembuatan hand sanitizer

Advertisements

sumber : pexels.com/ Anna shvets

Cara kedua dapat dibuat dengan menghasilkan formula dari pencampuran tiga bahan yaitu gliserol 14.5 ml dengan konsentrasi 98%, isopropil alkohol 751,5 ml kemurnian 99.8% dan H2O2 atau hydrogen peroxide 41,7% dengan konsentrasi 3%. Kemudian untuk cara membuatnya hampir sama, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dan ditambah air yang telah direbus dan didinginkan pada botol berukuran 1000 ml.

4. Membuat hand sanitizer dengan bahan lidah buaya

sumber : pexels.com/ cottonbro

Selanjutnya cara termudah dalam membuat hand sanitizer sendiri yaitu dengan penggunaan lidah buaya. Campurkan alkohol (isopropyl/rubbing/etanol) dan langsung digunakan pada tangan. Namun cara ini dapat membuat tangan Anda terasa kering. Profesor biologi, Miryam Warham, di Universitas William Paterson memberi saran untuk menambahkan aloe vera beberapa tetes pada kandungan alkohol  selama kandungan alkohol tidak kurang dari 60%. Hal ini dapat membantu untuk lebih melembabkan sehingga hand sanitizer tidak terasa kering di tangan saat digunakan. Atau Anda bisa menggunakan aloe vera ditangan setelah menggunakan alkohol 70% tersebut.

Nah itu tadi beberapa cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah berdasarkan ajuran WHO. Jangan lupa untuk mengocok semua bahan agar lebih merata. Namun tetap yang lebih baik adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir hingga bersih. Semoga sehat selalu.

Advertisements
Baca Juga  Pisang Buat Pencernaan Lancar? Ini Faktanya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This