Cara Hitung Valuasi Startup pada Tahap Awal Bisnis


0
Spread the love
sumber : teknologi.id

Valuasi adalah nilai ekonomi dari sebuah bisnis, sedangkan startup adalah bisnis baru yang berpotensi untuk berkembang pesat dan bertujuan untuk mengisi celah di pasar dengan mengembangkan dan menawarkan produk, proses, atau layanan baru dan unik, tetapi masih mengatasi masalah.

Oleh karena itu, bisa ditarik kesimpulan, definisi dari valuasi startup adalah nilai ekonomi yang dimiliki bisnis baru yang di kemudian hari berpeluang untuk berkembang pesat. Intinya, apabila ada sebuah perusahaan yang memiliki valuasi satu milyar rupiah, itu artinya siapa pun yang ingin mengakuisisi penuh perusahaan tersebut harus mempersiapkan uang minimal satu milyar rupiah.

Faktor yang Mempengaruhi Valuasi Startup

sumber : ruangmuda.com

Yang dapat mempengaruhi valuasi startup terdiri dari dua faktor, yaitu faktor positif dan negatif. Faktor positif meliputi traksi, reputasi, prototipe, penghasilan, penawaran dan permintaan, saluran distribusi, dan hotness of industry. Sedangkan faktor negatif meliputi industri buruk, margin rendah, persaingan, management not up to scratch, produk, dan keputusasaan.

Salah satu faktor terbesar untuk membuktikan penilaian adalah menunjukkan bahwa perusahaan Anda memiliki pelanggan. Jika Anda memiliki 100.000 pelanggan, Anda memiliki peluang bagus untuk mengumpulkan $1 juta. Jika pemilik startup memiliki rekam jejak dengan ide-ide bagus atau menjalankan bisnis yang sukses, atau produk, prosedur atau layanan sudah memiliki reputasi yang baik, startup lebih mungkin mendapatkan penilaian yang lebih tinggi, bahkan jika tidak ada daya tarik.

sumber : mbtech.info

Prototipe apa pun yang dimiliki bisnis yang menampilkan produk atau layanan akan membantu. Lebih penting untuk memulai bisnis ke bisnis daripada memulai konsumen, tetapi aliran pendapatan, seperti mengisi daya pengguna akan membuat perusahaan lebih mudah menilai.

Jika ada lebih banyak pemilik bisnis yang mencari uang daripada investor yang mau berinvestasi, ini dapat memengaruhi penilaian bisnis Anda. Ini juga termasuk keputusasaan pemilik bisnis untuk mendapatkan investasi, dan keinginan investor untuk membayar premi.

Jika startup menjual produknya penting, jika Anda mendapatkan saluran distribusi yang baik, nilai startup akan lebih cenderung lebih tinggi. Jika industri tertentu sedang booming atau investor populer lebih cenderung membayar premi, berarti startup Anda akan lebih bernilai jika jatuh di industri yang tepat.

Cara menghitung valuasi startup

Metode perhitungan valuasi startup dan valuasi bisnis konvensional sebenarnya serupa, hanya saja karena startup merupakan perusahaan rintisan yang masih memiliki sedikit atau bahkan tidak ada pendapatan dan keuntungan dan masih tidak stabil, maka perlu ada sedikit penyesuaian.

Dengan bisnis konvensional, menghitung valuasinya mungkin lebih mudah karena telah menerima pendapatan tetap. Dengan begitu, Anda harus menghargai perusahaan sebagai kelipatan dari penghasilan mereka sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui startup lain yang mempunyai model bisnis serupa, meskipun perusahaan tersebut berada di pasar yang berbeda. Namun lebih baik menelik dari perusahaan yang memiliki pendanaan yang tidak jauh berbeda. Anda harus mengetahui gross merchandise value (GMV) yaitu jumlah penjualan seluruh barang dengan jangka waktu tertentu. Anda bisa menghitung valuasi perusahaan tersebut dengan rumus:

Valuasi = jumlah penjualan : 0,2

sumber : startup-buzz.com

Selanjutnya anda bisa memeriksa berapa valuasi startup lain dengan traksi serupa. Yang anda butuhkan adalah penilaian ganda (Valuation Multiple) guna meningkatkan atau menurunkan valuasi. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan cara membagi matrik GMV dengan valuasi masing-masing perusahaan. Sehingga anda akan mendapatka rata-rata valuation multiple (VM) dari beberapa perusahaan yang sudah anda telik.

Misalnya anda sudah mendapatkan rata-rata VM yaitu sebesar 2,1, maka nilai valuasi untuk perusahaan yang serupa dengan bisnis anda adalah US$ 2,1. Dan selanjutnya anda bisa menentukan valuasi startup anda dengan rumus:

VM x GMV saat ini

Misalnya, jika e-commerce anda mempunyai GMV sebesar US$20 juta. Maka berdasarkan rumus perhitungan di atas, anda bisa mendapatkan valuasi dari startup anda adalah US$42 juta, yaitu hasil kali antara 2,1 dengan GMV anda.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals