Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Hasil Jutaan

source: pixabay

Sudah jadi mahasiswa, dan masih bergantung sepenuhnya pada kiriman orang tua? Oh oh, sudah nggak zaman lagi, loh. Sebenarnya ada banyak bisnis sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu jalani sebagai sampingan. Tentu saja sambil tetap menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa. 

Lantas bagaimana dengan modalnya? Tidak semua usaha atau bisnis membutuhkan modal besar. Bahkan ada yang nyaris tidak membutuhkan modal. Tapi jangan salah, walau bisnis ini hanya sampingan, jika dikerjakan dan dikelola dengan tekun dan disiplin, hasilnya nggak main-main, loh. Bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. Penasaran? Berikut beberapa pilihan jenis bisnis sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu pilih.

Berjualan Makanan 

Setiap orang butuh makanan, dan lebih banyak lagi yang suka cemilan. Tapi tidak semua orang sempat membuat cemilan sendiri, apalagi mahasiswa yang sibuk dengan berbagai kegiatan. Nah, peluang bisnis bagus nih untukmu. Dengan sedikit modal untuk membeli bahan, kemampuan memasak, dan promosi yang gencar, kamu bisa mulai menjalankan bisnis berjualan makanan. Tidak perlu repot, mulai saja dengan cemilan simple kekinian. 

Kamu bisa menitipkannya di kantin atau menjualkannya secara langsung. Gunakan media sosialmu untuk berpromosi. Jika kamu memiliki kenalan di organisasi dan himpunan mahasiswa, bisa juga kamu ajukan proposal untuk menjadi rekanan konsumsi saat ada kegiatan dan acara yang mereka adakan.

Membuka Les Privat

Untuk kamu yang memiliki prestasi lumayan, tidak ada salahnya membuka les privat dan menawarkan jasamu sebagai mentor atau tutor. Misalnya untuk adik-adik tingkat atau untuk anak-anak sekolah. Kamu bisa memanfaatkan madding fakultas, media sosial, dan flyer sebagai sarana berpromosi.

Jika kamu bisa membuktikan kualitasmu dengan menjadi tutor, dijamin akan semakin banyak murid yang datang. Jika satu orang murid dikenakan biaya Rp200.000 per bulan, dengan hanya 10 orang murid saja kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan Rp2.000.000 per bulan!

source: pixabay

Menjual Hasil Kerajinan Tangan Dan Merchandise

Untuk kamu yang hobi crafting, bisa banget tuh hasil kerajinan tangan kamu dijual. Tas dari tali kur sempat booming tahun 2019 lalu. Berbagai jenis kerajinan tangan lainnya juga bisa kamu jajal untuk dijual. Dalam bisnis ini kamu harus pintar-pintar membidik pasar. Selain itu produk buatanmu harus selalu terjaga kualitasnya. Kamu bisa memasarkannya dengan sistem online untuk menjaring pembeli lebih banyak. 

Jualan Pulsa Dan Paket Internet

Ini jualan produk yang larisnya seperti kacang goreng. Paket internet dan pulsa telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar orang. Modalnya juga tidak banyak, untuk berjualan pulsa online hanya sekitar Rp100.000 saja. prinsip utama dari bisnis ini adalah jangan biarkan pelangganmu berutang padamu. Karena margin penjualannya tidak terlalu besar, modal usahamu harus selalu berputar agar labanya bisa terasa. Namun jika lancar, menjual pulsa dan internet bisa memberikan penghasilan yang lebih dari lumayan.

Online Shop 

Jenis bisnis ini bisa dilakoni oleh siapa saja. dengan modal kuota dan jaringan internet, kamu bisa mengelola toko online-mu sendiri. andalkan media sosialmu sebagai sarana berpromosi. Kamu bisa juga menjalankan bisnis ini tanpa modal untuk membeli barang. Dengan sistem dropship, kamu tinggal mempromosikan dan mengumpulkan pesanan tanpa harus stok barang. hasilnya? Hmm, jangan salah. Jutaan rupiah bisa kamu kumpulkan setiap bulan jika kamu ulet dan telaten menjalankannya.

Lima contoh bisnis sampingan untuk mahasiswa di atas dapat kamu jalankan secara pribadi maupun join dengan teman-temanmu. Selain untuk menambah uang saku, memiliki bisnis sampingan akan membuatmu lebih siap dalam persaingan dunia bisnis dan karir yang akan kamu hadapi setelah lulus nanti. Selamat berbisnis!

Baca Juga  Kreativitas Menghasilkan Jagung Pelangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This