Bisnis Berlian Asli Tetap Bertahan, Nilai Jual Tak Pernah Turun


0
Spread the love
Sumber: www.timesofisrael.com

Grapadinews.co.id – Berlian merupakan sahabat perempuan. Warnanya yang indah dengan cahaya berkilauan membuat perhiasan satu ini banyak diminati. Namun demikian, batu alam itu punya nilai tinggi, sehingga tidak sembarang orang mampu memilikinya. Tokoh-tokoh dunia yang terkenal mengoleksi diamond antara lain Ratu Elizabeth hingga Jennifer Lopez.

Meskipun terkenal dengan harganya yang selangit, namun bisnis berlian masih tetap menjanjikan dan tahun ini total nilai yang diperjual belikan sudah mencapai $41 miliar. Ada banyak orang yang terlibat dalam perdagangan ini, baik sebagai distributor, penambang hingga broker. Namun demikian butuh ekstra waspada dan tanggung jawab besar karena nilainya tidak main-main.

Di sisi lain perdagangan berlian itu rumit dan masuk ke bisnis sebagai broker tidaklah mudah. Anda membutuhkan lisensi dan sertfikat yang disesuaikan dengan persyaratan masing-masing negara. Oleh sebab itu, ada startegi khusus yang harus dijalankan untuk membuka usaha ini. Bagaimana caranya?

Peran pedagang berlian

Sumber: everdear.co

Di balik cincin pernikahan atau pertunangan yang sempurna, ada usaha dari para perancang dan pembuat berlian. Berbeda dengan perhiasan lain, batu alam ini butuh perlakuan khusus, disusun dengan ketelitian, pemotongan tepat, memperhatikan karat dan keutuhan warna.

Bisnis berlian bernilai tinggi dan memiliki jenis-jenis tersendiri. Setelah ditambang, biasanya berupa butiran kasar dan langsung dijual kepada pedagang. Seller dengan pembelian berjumlah besar mendapatkan harga relatif murah, kemudian mereka mendistribusikannya kepada pengecer.

Mereka harus memiliki pandangan jeli, sehingga bisa menyusun serpihan-serpihan berlian menjadi barang paling berharga. Zirkonium kubik berharga relatif murah dan hampir tidak dapat dibedakan dengan diamond alami. Di sinilah tugas dari pedagang yaitu memastikan agar pembeli tidak tertipu, sementara ada berbagai macam jenis dan nilai pun tidaklah sama.

Industri eksklusif

Sumber: www.dmia.net

Menurut The Guardian, industri perdagangan berlian sangatah eksklusif. Bagi sebagian pebisnis dalam bidang tersebut, ini adalah usaha keluarga. Biasanya mereka akan menjual kepada sanak saudara sendiri dan secara terus menerus diperjual belikan.

Namun demikian kini bisnis berlian sudah menjamur, sehingga penjualan pun tidak sebatas pada keluarga. Beberapa kalangan mulai dari pengusaha, artis hingga politisi menyukai diamond sebagai investasi masa depan. Berbeda dengan emas, harga batuan ini tidak begitu terpengaruh dengan pergerakan mata uang atau minyak, bahkan nilai terus melonjak dari tahun ke tahun.

Apabila ingin membuka usaha secara besar sekaligus menyediakan jasa produk sesuai pesanan, maka sediakan modal berbanding lurus. Di samping itu, ketersediaan berlian alami yang langka menjadi tantangan bagi para pengusaha di bidang perhiasan, sehingga menjadikan industri ini begitu eksklusif.

Upayakan grafik naik

Sumber: Noobpreneur.com

Setiap pebisnis tentu menginginkan usahanya terus berkembang hingga kapanpun. Meskipun zaman telah berubah dan persaingan semakin ketat, namun tetap saja yang diinginkan adalah bertahan. Begitu pula menyoal berlian. Cara terbaik untuk memulai dalam perdagangan ialah meningkatkannya.

Pastikan Anda memiliki banyak koneksi untuk memasarkan produk, entah itu toko perhiasan, kolektor hingga orang-orang yang memang menaruh minat. Di samping itu juga bisa menjalin kerjasama dengan mereka yang paham soal berlian, sehingga apabila ada kesulitan dan kurang yakin dengan keaslian bisa saling berbagi.

Pebisnis diamond bertaraf internasional tidak hanya sekadar menjadikan hal ini lahan usaha. Mereka menggeluti dunia batuan alam dengan menimba pendidikan di Gemological Institute of America. Di sana para anak didik akan diberikan berbagai pengetahuan seputar berlian, meneliti secara saksama di bawah mikroskop hingga merancang.

Semakin banyak koneksi, maka akan semakin memperluas pasar dan hubungan dengan orang-orang yang bergelut di industri sama. Para pedagang berlian internasional bergabung dalam suatu kelompok bernama Asosiasi Gemological Inggris. Organisasi ini terbuka untuk siapa saja baik pemula maupun ekspert. Nantinya para anggota akan saling terjangkau dan terkoneksi untuk membantu satu sama lain dalam pengembangan produk.

Buka toko online dan bersertifikasi

Sumber: maddaily.com

Dewasa ini bisnis tidak harus memiliki toko fisik. Bahkan akan lebih praktis bila transaksi dan proses jual beli dilakukan secara online. Cara tersebut dapat menjangkau pembeli di seluruh negeri, sehingga bisa menjadi langkah untuk menaikkan omset.

Dalam hal ini, gunakan koneksi dan pengalaman untuk mengumpulkan stok berlian awal yang akan dijual secara online. Bisa juga mengiklankan melalui media sosial atau website sebagai upaya promosi. Namun demikian, kendati tidak langsung diperjual belikan pastikan agar semua produk bersertifikat. The Gemological Institute of America, The International Gemological Institute dan The American Gem Society memiliki sertifikat berlian untuk 4C. Juga Certficate of Authenticity yang dikeluarkan oleh Gem Certification & Assurance Lab berfungsi sebagai verifikasi kualitas berlian.

Sertifikat memberikan kepastian dan janji kepada pelanggan jika berlian asli dan dapat diinvestasikan. Hal ini juga menciptakan kepercayaan serta membuktikan bahwa diamond tersebut layak.

Bisnis berlian dinilai sebagai yang paling menjanjikan karena bisa bertahan sampai kapanpun. Di samping itu, nilai tinggi menjadikan penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan. Apakah Anda tertarik membangun usaha diamond?

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals