Belajar Tentang Google Analytic Untuk Strategi Marketing Lebih Baik


0
Spread the love

Grapadinews.co.id – Bisnis tanpa pemasaran sama halnya dengan membiarkan usaha merugi secara langsung. Sebagian mengira bila marketing adalah perkara mudah karena kini ada media sosial. Beragam online platform yang tersedia cukup membantu dalam mengenalkan produk kepada calon konsumen secara cepat. Namun konsep marketing tidaklah semudah itu.

Ada banyak hal yang perlu dipelajari sebelum mengenalkan produk dan mendistribusikannya. Pada tahap rencana bisnis, marketing strategy juga harus dibahas dan diatur secara tersturuktur sistematis. Anda tidak bisa langsung mengenalkan pada media sosial atau online platform lainnya tanpa tahu langkahnya.

Pada dasarnya, pemasaran memerlukan strategi yang detail karena menyangkut keberhasilan bisnis, sehingga bisa langsung tersampaikan pada kepada calon konsumen. Dalam prosesnya, Anda juga harus memikirkan pesaing. Tidak mudah dalam menghadapi persaingan ketat, terlebih di era digital seperti sekarang ini. Maka sebagai pelaku bisnis sudah sepatutnya untuk memikirkan langkah terbaik dalam pemasaran.

Jika Anda memilih website atau blog untuk memasarkan produk, maka yang dibutuhkan tidak hanya ulasan menarik. Di balik itu semua ada peran Google Analytics yang memungkinkan pengguna dapat mengetahui traffic blog/website. Traffic berisi grafik yang menunjukkan jumlah pengunjung. Makin tinggi angkanya, artinya makin banyak audiens yang berkunjung.

Google Analytics merupakan salah satu tools penting untuk mengembangkan konten di website. Namun itu semua berawal dari pemahaman membaca metriks agar terus menghasilkan konten terbaik untuk audience. Bloggers dan pemilik bisnis biasanya mulai memasang aplikasi ini sebagai pengontrol perkembangan blog/website.

Maka dari itu sebagai pembelajaran untuk membanguan sebuah website atau blog, ada baiknya ikuti beberapa pemahaman tentang Google Analytics berikut ini!

Melihat data statistik

Sumber: contentmarketinginstitute.com

Pengguna yang baru saja menambahkan Google Analytics mungkin akan merasa kurang paham. Sebab ada banyak halaman data dan grafik, semuanya tampak begitu membingungkan. Namun jika berpikir tentang jenis konten dan tujuan dibuatnya blog atau website ini sebagai pemasaran, maka perlu pengembangan unggahan konten dan mengikuti selera pasar.

Tujuan utama dari pemilik bisnis dan blogger membuat konten tentu untuk mendapatkan banyak pengunjung, sehingga apa yang ditulis dapat beredar luas. Sasaran itu sangatlah penting, tetapi Anda harus memahami statistik yang terkait dengan goal agar strategi pemasaran diubah sesuai dengan kebutuhan.

Jika ingin mengetahui informasi terkait traffic dan berapa jumlah pengunjung baru, maka dalam tayangan Google Analytic akan ditunjukkan prosentase per kategori dari satu, tiga bulan, atau satu tahun. Informasi tersebut akan membantu menentukan tindakan berikutnya untuk meningkatkan jumlah audiens.

Di sisi lain, Anda mungkin ingin mempertahankan pembaca di blog dan menggiring mereka untuk subscribe. Maka dalam hal ini, pemilik website/blog harus mengamati berapa waktu sesi, bounce rates dan jumlah audience.

Mempelajari tentang konten populer

Sumber: www.priwexus.com

Keunggulan lain menggunakan Google Analytic yakni pemilik dapat melihat informasi pada halaman individual. Pilih konten yang paling populer dan cari tahu seberapa banyak dibagikan, disukai dan dibaca.

Pada kebanyakan kasus, Anda akan menemukan konten dengan topik sama. Persamaan ini membuat pembaca merasa bosan dan enggak untuk membaca secara berulang-ulang. Pemilik situs juga perlu memeriksa apakah halaman-halaman itu dikunci oleh kata kunci SEO yang serupa. Konten dapat diarahkan kepada traffic berdasarkan kata-kata atau frasa yang digunakan. Hal ini sangat berguna bagi situs website/blog karena mempengaruhi di laman pencarian.

Google Anaytics juga memiliki fitur perbandingan praktis yang memungkinkan Anda melihat statistik dari dua halaman secara bersamaan meskipun berbeda periode waktu. Dengan demikian cara ini memungkinkan analisis banyak halaman. Setelah selesai menganalisis karya populer, lanjutkan dengan membuat daftar apa yang ternyata disukai oleh pembaca.

Mengetahui selera audiens

Sumber: slickkook.com

Pada dasarnya konten yang diterbitkan dirancang khusus untuk para audiens. Dengan demikian pemilik website/blog harus mempelajari apa yang disukai oleh mereka. Jika ditinjau dari Google Analytics, maka akan bisa dilihat ada beberapa topik dengan jumlah pembaca tinggi atau justru sebaliknya.

Konten dengan jumlah pembaca banyak secara otomatis akan meningkatkan traffic. Lantas apa yang dilakukan dengan bacaan dengan audiens sedikit? Ialah membuat perubahan total pada topik serta konsep. Sesuaikan dengan topik yang sedang ngetren di masyarakat dan apa saja yang dibutuhkan oleh mereka, kemudian kaitkan dengan kata kunci. Maka dari sana akan banyak calon pembaca yang mencari, maka konten memungkinkan berada di peringkat atas mesin pencarian.

Tidak ada keraguan lagi untuk menggunakan Google Analytics sebagai tools bisnis paling berpengaruh. Dengan menggunakannya, Anda akan mengetahui lebih dalam tentang sistem yang dijalankan oleh suatu situs. Maka mulai dari sekarang, pahami apa saja yang ada di dalam perangkat lunak tersebut dan buatlah konten menarik.

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals