Bangkrut Bukan Halangan untuk Memulai Usaha Kembali


Spread the love
sumber : intermezzo.id

Seseorang tentunya akan melakukan banyak cara agar dapat menghasilkan uang demi memenuhi kebutuhan hidup mereka. Salah satunya adalah dengan membuka sebuah usaha. Menjadi seorang pengusaha atau wirausahawan memang lebih mudah di lakukan ketimbang harus menunggu dan mencoba peruntungan dengan mencalonkan diri untuk menjadi seorang pekerja. Selain lebih mudah, tentunya semua jam kerja akan lebih fleksibel.

Karena anda adalah pemegang kendali atas usaha yang sedang anda kelola. Walaupun demikian, menjadi seorang pengusaha juga bukan hal yang sepele. Kita tentunya memiliki tanggung jawab lebih terhadap nasib usaha yang kita kelola. Misalnya saja tentang perkembangannya, bagaimana upaya supaya usaha tersebut tetap berada di kondisi stabil dan pengelolaan penuh terhadap keuangan.

sumber : infolcomoka

Bangkrut bisa dikatakan sebagai kondisi yang akan meninggalkan banyak masalah. Seseorang yang mengalami kebangkrutan sudah dipastikan akan mengalami kerugian yang sangat besar. Kerugian tersebut tak jarang menyebabkan kemiskinan spontan. Dan usaha yang telah dikelola pun terancam ditutup. Namun, menyerah pada keadaan bukanlah hal yang bagus.

Masih banyak hal – hal yang bisa anda lakukan, termasuk kembali bangkit dan merilis ulang usaha anda. Tentunya bukan sebuah hal yang mustahil untuk kembali membangun usaha yang telah mengalami kebangkrutan.

Analisis Kegagalan dan Sharing Pengalaman

sumber : img.okeinfo.net

Pasti ada satu faktor atau bahkan lebih yang menyebabkan usaha anda mengalami kebangkrutan. Misalnya pengelolaan keuangan yang kurang baik, pemasaran yang tidak efektif atau manajemen karyawan yang salah. Pasti ada penyebab terhadap terjadinya suatu masalah salah satunya kebangkrutan yang anda alami.

Teliti dan cemati terlebih dahulu penyebab tersebut dan kemudian pelajarilah. Anda dituntut untuk mengetahui apa saja penyebab kebangkrutan usaha anda agar anda tidak mengulangi kejadian yang sama. Setidaknya anda akan lebih faham dan berhati – hati ketika muncul permasalahan yang serupa nantinya.

sumber : amazonaws.com

Mulailah dari pengetahuan dasar dan pengetahuan umum yang berkaitan erat dengan usaha anda. Untuk menggali sebuah ilmu, tidak lagi sesulit zaman dahulu kala. Anda hanya tinggal mencarinya di berbagai sumber, internet misalnya. Sekarang semua akses ilmu pengetahuan di buat menjadi lebih mudah.

Cobalah bertanya pengalaman para senior. Tentunya anda bukan orang pertama yang mengalami kebangkrutan. Pengalaman adalah pelajaran dan guru yang berharga. Anda bisa mencoba cari tahu tentang pengalaman para senior yang terlebih dahulu menghadapi masalah yang sama namun tetap kembali bangkit dan berjaya.

Temukan Peluang dari Perkembangan Zaman

sumber : 3.bp.blogspot.com

Hal penting lainnya setelah anda mempelajari pola kesalahan dimasa lampau adalah menemukan beberapa solusi yang efektif. Selalu ada solusi dan selalu ada peluang jika anda memahami kesalahan di masa lalu dan mempelajari pengalaman – pengalaman para pebisnis lainnya. Pastikan peluang tersebut benar-benar bagus untuk perkembangan bisnis anda.

Jangan pernah terpaku pada sebuah topik permasalahan. Lihatlah lingkungan sekitar, prediksi kemauan pasar dan lebih selektif dalam memulai kembali usaha anda. Kebangkrutan memang merupakan hal yang sulit, tetapi jika anda bisa mengikuti perkembangan zaman, anda pastinya bisa kembali bangkit dan mengembangkan usaha anda.

Jika anda telah menemukan peluang, mengikuti trend yang ada dan ini adalah saat yang tepat untuk bekerja lebih giat. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengoptimalkan jam kerja pada usaha anda agar bisa menghasilkan keuntungan kembali. Jangan hanya pasrah akan keadaan dan bermalas malasan. Orang yang sukses tentunya memiliki kemauan yang kuat untuk kembali berjuan dan berusaha.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals