Aspek Lingkungan Dalam Jasa Studi Kelayakan

Advertisements

jasa studi kelayakan

Jasa studi kelayakan memiliki banyak aspek yang mendukung agar studi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Hal ini merupakan satu kepaduan yang saling berhubungan sehingga jika salah satu aspeknya tidak terpenuhi dengan baik maka hasil analisanya tidak akan maksimal.

Oleh karena itu, para pembuat jasa studi kelayakan bisnis akan berusaha keras memberikan pelayanan dan analisa terbaik agar bisnis yang direncanakan dapat berjalan sesuai harapan. Pada akhirnya bisnis Anda dapat eksis dan terus berkembang di masa depan.

Jasa Studi Kelayakan dan Aspek Lingkungan

Terdapat banyak aspek pendukung dalam feasibility study, dan salah satunya adalah aspek lingkungan. Mengapa hal ini penting? Karena ketika membangun usaha Anda harus memilih homebase usaha tersebut. Tentunya Anda harus mempertimbangkan banyak hal dalam melakukannya. Adapun berbagai hal dari aspek lingkungan yang harus dianalisa antara lain:

1. Dampak

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih lokasi usaha adalah dampak apa yang ditimbulkan. Pastinya setiap usaha akan memiliki efek positif dan negatif pada lingkungan. Nah, kamu harus bisa menilai mana yang lebih dominan. Tentunya semakin tinggi efek positif akan semakin baik.

Salah satu efeknya seperti penyerapan tenaga kerja, perekonomian sekitar lingkungan lebih baik, usaha Anda tidak menghasilkan banyak limbah sehingga tidak mencemari lingkungan dan lainnya. Namun, Anda juga harus memperhatikan dampak lingkungan terhadap usaha sendiri.

Mengapa? Karena lokasi juga mendukung usaha Anda. Namun, jika Anda ingin menyajikan usaha cafe atau tempat makan dengan tema alam maka lokasi usaha yang jauh dari pusat kota bisa menjadi pilihan. Namun, jika usaha yang dibangun adalah bisnis internet maka lebih baik dilakukan di dalam kota karena pangsa pasarnya lebih besar.

Baca Juga  Cara Mudah Memilih Jasa Konsultan Bisnis Terbaik

2. Lingkungan Operasional

Hal lain yang perlu diperiksa apakah lingkungan tersebut mendukung kegiatan operasional Anda atau tidak. Mengapa? Karena tidak semua daerah yang bagus bisa dibangun tempat usaha. Contohnya saja perumahan tertentu yang memiliki aturan ketat agar penghuni perumahan tidak membangun usaha di komplek tersebut dan lainnya.

Advertisements

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan apakah lokasi yang dipilih memiliki akses transportasi yang baik atau tidak. Hal ini tidak selamanya berlaku memang, namun tempat yang dilalui kendaraan umum memiliki peluang besar untuk dikunjungi banyak orang.

3. Lingkungan Eksternal dan Internal

Lingkungan eksternal yang dimaksud adalah keadaan ekonomi, hukum, teknologi dan sosial di wilayah tersebut. Sedangkan lingkungan internal adalah kondisi tempat usaha nantinya. Bagian eksternal ini lebih mudah dianalisa pada tahap perencanaan bisnis. Sedangan lingkungan internal dapat dianalisa ketika usaha sudah mulai berjalan.

Nah, itulah sedikit pemaparan antara peran jasa studi kelayakan dengan aspek lingkungan. Keduanya tidak bisa dipisahkan dan saling berhubungan dengan aspek lainnya (pemasaran, operasional, hukum, SDM, keuangan, teknologi dan lainnya). Oleh karena itu, para pemilik bisnis haruslah mencari lokasi usaha dengan baik.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This