4 Aspek Kelayakan Teknis Pada Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Advertisements

jasa pembuatan studi kelayakan

Jasa pembuatan studi kelayakan merupakan jasa yang sangat penting bagi setiap bisnis. Karena, dengan bantuan jasa ini Anda bisa membuat perencanaan yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. Oleh karena itu, penting kiranya bagi para pemilik bisnis untuk selalu memakai jasa ini.

Jasa studi kelayakan ini memiliki berbagai aspek yang harus dianalisa. Setiap aspek saling berkaitan satu sama lain. Namun, dengan memisahkan aspek tersebut Anda bisa melakukan evaluasi dan perbaikan dengan lebih efektif. Sebenarnya terdapat 7 aspek dalam studi kelayakan. Namun, pada artikel Anda akan mengetahui secara rinci tentang aspek teknis.

4 Hal Penting Pada Aspek Teknis Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Jasa studi kelayakan memiliki berbagai aspek dan aspek teknis merupakan salah satu yang terpenting. Oleh karena itu, berbagai hal penting pada aspek ini harus dipahami dengan baik sehingga bisnis yang akan dibangun dapat direncanakan dengan baik. Adapun hal penting tersebut antara lain:

1. Metode Produksi

Setiap usaha baik itu produk serta jasa pastinya membutuhkan metode produksi yang berbeda-beda. Walaupun demikian, setiap produksi yang dilakukan pastinya memiliki bahan baku tersendiri. Jasa pembuatan studi kelayakan akan menilai beberapa hal pada metode produksi, seperti: mudah atau sulitnya memperoleh bahan baku produksi, bahan baku dan substitusi yang tersedia di pasaran serta berbagai faktor efisiensi yang Anda miliki.

Jasa studi kelayakan akan memeriksa hal ini dengan cermat sembari memperhatikan aspek keuangan yang telah disusun. Jika terdapat hal yang janggal atau perlu diperbaiki maka jasa ini akan memberitahukannya kepada Anda. Pada lain sisi, jasa ini akan memberikan berbagai masukan yang baik bagi perkembangan produksi dan usaha Anda.

Baca Juga  5 Hal Penting Sebelum Memakai Jasa Studi Kelayakan

2. Teknis Produksi

Teknik produksi ini tentu berbeda bagi setiap bisnis. Namun, beberapa jenis bisnis bisa memiliki teknik yang sama. Hanya saja pengelolaan yang lebih baik, pemakaian alat yang lebih canggih dan lainnya akan membuat produksi Anda menjadi lebih efisien. Tentu saja hal ini lebih disukai dan lebih dianjurkan oleh pakar studi kelayakan.

3. Persyaratan Proyek Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Persyaratan proyek pada aspek ini berkaitan dengan metode dan teknis produksi. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar memperoleh persyaratan proyek yang baik, yaitu:

  • Alat serta peralatan yang akan dipakai
  • Kualifikasi pegawai yang dibutuhkan
  • Jumlah alat dan pegawai yang akan dipakai
  • Menentukan lama pembangunan proyek serta hal lain seperti desain bangunan, dekor dan lainnya
  • Menentukan biaya input dasar, modal yang harus disimpan, dana tidak terduga dan lainnya

4. Lokasi Proyek Bisnis

Pemilihan lokasi usaha juga harus dipikirkan dengan cermat. Banyak usaha yang berhasil ataupun gagal karena gagal memilih lokasi proyek yang strategis. Dalam hal ini tentu saja terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan seperti: jauh-dekatnya lokasi proyek dengan sumber bahan baku, akses jalan yang mudah dan baik, luas area, dampak lingkungan terhadap pembangunan proyek, serta ketersediaan pelayanan umum yang dekat dari lokasi tersebut (contoh: halte bus, puskesmas, dll).

Nah, itulah beberapa hal penting pada aspek teknis jasa pembuatan studi kelayakan. Setelah mengetahui hal ini, maka sekarang Anda bisa membuat rencana bisnis yang lebih baik. Anda juga bisa melakukan perbaikan dan evaluasi pada satu atau beberapa bagian pada aspek ini demi kemajuan bisnis Anda di masa kini dan masa depan.

Advertisements
Baca Juga  Analisisis Rasio Keuangan Pada Studi Kelayakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This