Aspek Kajian Studi Kelayakan Bisnis

Advertisements

Aspek Kajian Studi Kelayakan Bisnis

Aspek Studi Kelayakan

Studi Kelayakan Bisnis memang penting kaitannya dengan keberhasilan bisnis di masa depan. Karena selain untuk melakukan perkembangan ide bisnis, studi ini juga dapat menentukan peluang keuntungan dari bisnis tersebut.

Namun, sebagai seorang pebisnis tentulah tahu bahwa studi kelayakan ini tidak dilakukan dengan asal-asalan saja. Perlu adanya bantuan dari penyedia Jasa Pembuatan Studi Kelayakan untuk mengumpulkan berbagai informasi dan menjalankan rencana bisnis.

Studi Kelayakan Bisnis dalam prosesnya juga akan memperhatikan tujuan dan aspek-aspek yang jelas. Setiap dari aspek tersebut akan dikembangkan secara rinci oleh Jasa Studi Kelayakan. Aspek tersebut diantaranya :

 

 

Aspek Legalitas

Aspek legalitas merupakan aspek yang berhubungan dengan ketentuan hukum dalam mendirikan perusahaan. Jasa Pembuatan Studi Kelayakan akan mengkaji aspek ini dengan melakukan beberapa riset apakah perusahaan yang akan didirikan melanggar hukum atau tidak.

Selain itu, aspek ini juga membahas tentang pengajuan surat izin berdirinya perusahaan, surat izin perdagangan, dan lain-lain yang berkaitan dengan hukum.

 

Aspek Pasar dan Pemasaran

Aspek yang tidak kalah penting selanjutnya adalah pasar dan pemasaran.  Pada aspek ini akan dianalisis apakah produk yang dihasilkan oleh perusahaan memiliki peluang pasar. Analisis tersebut dilakukan dengan memperhatikan daya beli masyarakat, kualitas produk, jumlah konsumen, dan potensi persaingan.

Selain itu, aspek ini juga membahaa bagaimana stategi pemasaran yang menghasilkan banyak peluang. Dilihat dari potensi persaingan di pasar serta kualitas produk yang diminati oleh para konsumen.

 

 

Baca Juga : Seputar Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

 

 

Aspek Finansial

Selanjutnya adalah aspek finansial atau keuangan. Finansial merupakan salah satu tujuan utama didirikannya perusahaan. Studi Kelayakan Bisnis juga dibuat dengan tujuan untuk mengurangi faktor kegagalan yang mengakibatkan kerugian.

Baca Juga  Jasa Studi Kelayakan, Mengeluarkan Sebuah Metode

Bagi sebagian pebisnis modal juga merupakan hal utama yang harus dimiliki sebelum membangun bisnis. Maka dari itu aspek ini merupakan aspek penting untuk menentukan lancar tidaknya sebuah bisnis berjalan.

Aspek keuangan akan menilai jumlah laba rugi melalui lapoan keuangan, perolehan sumber dana, dan jenis investasi yang diguankan. Untuk memudahkan proses keuangan diperlukan adanya penjabaran aspek finansial pada studi kelayakan.

 

Aspek Ekonomi dan Budaya

Tidak kalah penting dari aspek lainnya, ekonomi dan budaya dalam perjalanan bisns juga perlu diperhatikan. Hal ini mempengaruhi aspek pasar dan daya beli konsumen. Produk atau jasa yang ditawarkan biasanya akan lebih diterima oleh konsumen jika menyesuaikan dengan ekonomi masyarakat dan budaya setempat.

Pada studi kelayakan akan dianalisis dampak yang diakibatkan bisnis pada kondisi sekitar tempat berdirinya perusahaan. Dampak tersebut diantaranya, budaya atau adat istiadat dan ekonomi pendapatan per kapita di wilayah tersebut.

 

Aspek Manajemen

Manajemen memiliki fungsi untuk menjalankan tujuan dari perusahaan. Pada aspek manajemen akan dibahas bagaimana merencanakan dan menjalankan bisnis yang akan didirikan tersebut. Hal ini berkaitan dengan operasional pembangunan dan pengembangan perusahaan.

Maka dari itu aspek manajemen memiliki cakupan yang sangat luas pada studi kelayakan. Karena manajemen yang dijalankan juga akan berengaruh pada aspek-aspek lainnya.

 

Itu tadi beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan ketika menjalankan Studi Kelayakan Bisnis. Kelima aspek diatas memiliki fungsi dan tujuan masing-masing serta berkaitan antara satu sama lainnya. Maka dari itu, pentignya untuk tidak meninggalkan salah satu aspek tersebut

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This