Aspek Kajian Studi Kelayakan Bisnis

Advertisements

Dalam pembutan studi kelayakan bisnis, ada beberapa aspek yang dianalisis kemudian dikaji ke dalam bentuk perencanaan bisnis. Recana tersebut kemudian disusun secara terstruktur dan dilaksanakan untuk menjalankan perusahaan.

Melihat dari rumitnya analisis serta pentingnya tujuan studi kelayakan, maka tidak sembarang orang dapat melakukannya. Perlu keahlian untuk melakukan analisis pada bisnis yang dituangkan dalan studi kelayakan. Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Surabaya termasuk salah satu ahlinya telah berpengalaman membantu para pengusaha dalam melakukan analisis bisnisnya.

Sebelum kamu mempertimbangkan untuk menggunakan Jasa Studi Kelayakan Surabaya, ketahuilah beberapa aspek yang akan dikaji pada studi kelayakan bisnis.

 

1. Aspek Legalitas

Sebelum membangun sebuah bisnis, sangat perlu untuk menganalisis dari aspek kelegalannya. Legalitas sangat diperlukan karena hal ini dapat menghambat perjalanan bisnis apabila tidak diperhatikan kegunaannya.

Jasa konsultan bisnis akan menganalisis legalitas terkait tentang surat izin pendaftaran perusahaan, izin lokasi perusahaan, izin penjualan produk, serta surat izin dari hukum lainnya.

 

2. Aspek pasar dan pemasaran

Berbicara mengenai membangun sebuah bisnis pasti tidak luput dari strategi pasar dan pemasarannya. Pasar dan pemasaran akan membahas mengenai peluang terjual nya produk dari perusahaan. Selain itu studi kelayakan juga akan menganalisis tentang cara menghadapi persaingan bisnis, siapa target pasarnya, daya beli masyarakat, potensi penjualan, dan lain-lain.

 

Baca Juga : Biaya Jasa Pembuatan Studi Kelayakan, Mahal atau Murah?

 

3. Aspek Keuangan

Keuangan menjadi dasar dan tujuan dijalankannya sebuah bisnis.  Mempertimbangkan modal akan dilakukan diawal sebelum menentukan bisnis yang akan dijalankan. Keuangan juga yang akan dibahas pada tujuan bisnis yaitu bagaimana mendapatkan keuntungan, bagaimana mencegah kerugian, bagaimana mengembangkan bisnis, dan sebagainya.

Baca Juga  Diambang Kebangkrutan Jiwasraya, Sempat Mendapatkan Award Bergengsi

Keuangan menjadi salah satu penentu nasib berjalannya bisnis. Maka dari itu diperlukan ketelitian dan keahlian untuk menganalisis mengenai anggaran dalam perusahaan.

 

4. Aspek Manajemen

Manajemen berperan untuk melaksanakan proses berjalannya perusahaan. Aspek manajemen yang akan dianalisis dalam studi kelayakan memiliki cakupan yang luas. Diantaranya menganalisis tentang pembangunan bisnis, pengembangan bisnis, sumber daya, dan finansial.

Semua yang dibahas dalam aspek manajemen merupakan hal dasar yang memang akan menjadi tujuan studi kelayakan bisnis. Perlu pengetahuan mendasar untuk melakukan analisis manajemen sebuah bisnis.

 

5. Aspek Ekonomi dan Budaya

Untuk memulai sebuah bisnis, seseorang harus memperhatikan ekonomi dan budaya. Produk yang ditawarkan oleh perusahaan tidak akan terjual apabila tidak memperhatikan ekonomi masyarakat sebagai konsumennya. Atau memperhatikan apakah produk yang ditawarkan layak bagi target pasar tanpa mempengaruhi ekonominya

Selain itu pembangunan perusahaan harus mempertimbangkan dengan budaya lingkungannya. Perlu dilakukan analisis terhadap bisnis agar saat bisnis tersebut dijalankan tidak akan merugikan adat istiadat pada suatu daerah.

 

Itulah beberapa aspek yang dibahas dalam pembuatan studi kelayakan bisnis. Pastikan kamu mempertimbangkan banyak hal sebelum memulai sebuah bisnis. Semoga artikel ini membantu.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This