6 Aspek Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Advertisements

Image : Pixabay

Apa Sih Itu Studi Kelayakan Bisnis?

 

Studi Kelayakan Bisnis adalah kegiatan terencana yang dilakukan untuk menentukan layak atau tidaknya bisnis yang akan dijalankan. Kegiatan ini meliputi identifikasi masalah, peluang, menentukan tujuan, situasi, dan manfaat yang akan dihasilkan.

Studi ini bukan hanya sebatas melihat permasalahan apa yang akan dihadapi dan diselesaikan saat berbisnis, tetapi juga bagaimana cara yang akan kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

 

Aspek Penilaian Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

 

1. Hukum atau Legalitas

Ketika kamu akan memulai suatu bisnis atau usaha, ketahuilah terlebih dahulu apakah dari segi hukum tidak ada permasalahan yang menghambat bisnis kamu. Bila kamu menemukan adanya jenis pelanggaran dari aspek hukum, sebaiknya bisnis itu tidak dijalankan.

 

2. Keuangan

Sebelum memulai sebuah bisnis tentu dibutuhkan sebuah modal untuk membuat bisnis tersebut berjalan. Jumlah modal tersebut harus memenuhi angka kelayakan, belum lagi jika nantinya ada sedikit permasalahan di dalamnya.

Akan tetapi, lebih baik jika kamu mempersiapkan dana darurat sebagai dana cadangan ketika hal yang tidak diinginkan terjadi pada bisnis kamu.

 

3. Pasar dan Pemasaran

Pastikan kamu telah memiliki target pasar dan target jumlah pemasaran yang akan dicapai dalam periode waktu tertentu. Lihatlah lebih jauh apakah bisnis yang akan kamu jalankan telah memenuhi beberapa aspek seperti halnya kemampuan untuk memasarkan sebuah produk.

Dari segi studi kelayakan, pasar dan pemasaran wajib diperhitungkan sebelum seseorang mulai menjalankan sebuah bisnis.

 

4. Pengoperasian

Jasa pembuatan studi kelayakan dapat membantu kamu untuk  melihat apa saja kemungkinan yang masih berpotensi menjadi kelemahan kamu dalam jangka waktu tertentu. Tentunya kamu harus tahu hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari saat akan berbisnis.

Baca Juga  Jasa Pembuatan Studi Kelayakan: Peran Dalam Evaluasi Rencana Bisnis

 

5. Manajemen

Perusahan tidak diperbolehkan untuk tetap menjalankan bisnis bila tidak memiliki sistem manajemen yang baik dengan dasar yang kuat, karena itu berpotensi menimbulkan permasalahan besar dikemudian hari.

Maka dari itu, pastikan bahwa manajemen organisasi yang baik telah diterapkan sebelum kamu memulai suatu bisnis.

 

6. Lingkungan

Jenis bisnis yang akan kamu jalankan harus sesuai dengan lingkungan di kawasan tersebut. Bisnis baru yang tidak sesuai dengan lingkungan sekitar tidak dapat dipaksakan untuk dibuka.

Melalui jasa studi kelayakan kamu akan melihat kesesuaian tersebut. Lingkungan akan menjadi penentu keberhasilan sebuah bisnis yang akan kamu lakukan.

Advertisements

 

Baca juga : Cara Mudah Memilih Jasa Konsultan Bisnis Terbaik

Tujuan Melakukan Jasa Studi Kelayakan Bisnis

 

Seperti yang diketahui, studi kelayakan bisnis memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Namun apa sih sebenarnya tujuan dari kegiatan ini?

 

1. Memperkecil Resiko Kerugian

Dalam menjalankan sebuah bisnis, ada banyak hal yang tidak bisa diprediksi. Maka sebagai pebisnis kamu harus mempersiapkan segala sesuatu guna mengurangi resiko kerugian di masa depan.

 

2. Perencanaan Bisnis Jadi Lebih Mudah

Saat melakukan studi kelayakan, kamu akan mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan bisnis yang akan kamu rintis termasuk kelebihan dan kekurangan bisnis. Maka dengan analisis tersebut kamu akan lebih mudah merencanakan bisnis untuk kedepannya.

 

3. Pelaksanaan Bisnis Berjalan Lancar

Dengan jasa studi analisis kelayakan, kamu dapat mengevaluasi mana saja program dan kebijakan yang dapat memberikan keuntungan atau kerugian bagi perusahaan. Dampaknya juga pelaksanaan bisnis akan lebih mudah dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

 

4. Mudah untuk melakukan pengawasan

Laporan-laporan hasil analisis dari berbagai aspek tersebut dapat kamu gunakan sebagai pengawasan. Selain pengawasan internal, sebuah perusahaan juga akan mendapatkan pengawasan eksternal.

Baca Juga  4 Ciri Kamar Tidur Berkualitas Ala Kintakun

 

5. Proses Pengendalian Bisnis Lebih Mudah

Jika dalam memulai suatu bisnis kamu melakukan analisis studi kelayakan, maka permasalahan-permasalahan yang terjadi di masa depan akan lebih mudah dikendalikan.

 

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu yang akan memulai bisnis untuk melakukan studi kelayakan ini terlebih dahulu!

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This