Apa itu Konsultan Bisnis? Simak Yuk!

Advertisements

Adanya konsultan bisnis bagi organisasi atau lembaga merupakan hal yang perlu dilakukan, apalagi perusahaan. Gunanya agar lebih berkembang dan cara kerjanya lebih efektif efisien. Pekerjaan ini lebih ke melakukan identifikasi masalah dan kemudian memberikan solusi.

Konsultan bisnis memberikan perencanaan bisnis ke depan untuk memenuhi target yang ada, pastinya itu keinginan perusahaan. Ketahui bahwa pendidikan minimal untuk menjadi konsultan bisnis adalah N/ASMKD3S1S2.

Tugas Seorang Konsultan Bisnis

Untuk wawasan saja, gaji rata-rata seorang konsultan bisnis adalah  4.4j-7 juta rupiah dengan jabatan yang kita ketahui, diantaranya seorang Konsultan BisnisBusiness, Konsultan Manajemen, Consultant Business, Consultant Business Strategy, and Development Consultant.

Tugasnya diantaranya lebih mempelajari klien atau perusahaan secara menyeluruh dulu, mulai dari meneliti data perusahaan, mengumpulkan informasi baik dari pemilik, sampai pegawai, melakukan pengecekan keuangan, dan mengunjungi perusahaan.

Selain itu, melakukan identifikasi dan mengevaluasi kekurangan maupun kelebihan yang ada dalam perusahaan, sehingga masalah yang akan dihadapi tidak terlalu berisiko. Memaksimalkan peluang yang ada dalam memajukan perusahaan.

Pengetahuan yang Harus Dimiliki

Berikut adalah pengetahuan yang harus dimiliki oleh konsultan bisnis, diantaranya:

1. Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan akan prinsip bisnis dan manajemen, termasuk perencanaan strategi, alokasi sumber daya, teknik kepemimpinan, metode produksi, pemodelan SDM, koordinasi antara orang dan sumber daya.

2. Administrasi

Pengetahuan akan prosedur dan sistem administrasi seperti mengolah kata, stenografi, transkripsi, mendesain formulir, mengatur dokumen dan catatan, dan prosedur & terminology kantor lainnya.

3. Ekonomi dan Akuntansi

Pengetahuan akan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi beserta akuntansi, perbankan, pasar keuangan, serta analisa & laporan data keuangan.

4. Bahasa Inggris

Pengetahuan akan struktur dan isi dari Bahasa Inggris, mulai dari arti dan ejaan setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa yang ada.

Baca Juga  Inilah Prinsip-Prinsip yang Harus Dipenuhi Lembaga Keuangan Syariah

5. Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan akan prinsip-prinsip & metode dalam menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Selain itu strategi dan taktik pemasaran, sistem kontrol penjualan, demonstrasi produk, dan teknik penjualan.

Keterampilan yang Dimiliki Seorang Konsultan Bisnis

Berikut keterampilan yang harus dimiliki, diantaranya:

1. Aktif Belajar

Ia harus bisa memahami keterlibatan dari informasi baru sebagai dasar untuk mengambi keputusan dalam menyelesaikan masalah, di masa sekarang sampai masa depan.

2. Menyelesaikan Masalah secara Kompleks

Ia melakukan identifikasi masalah kategori kompleks dan mengulas informasinya sebagai bahan evaluasi dan dikembangkan agar menemukan solusi yang ada.

3. Melakukan Koordinasi

Ia mencoba koordinasi atau menyesuaikan tindakan yang dilakukan dengan tindakan orang lain, selain itu menggunakan logika dan penalaran dalam mengindentifikasi usaha.

4. Bisa Memantau

Konsultan bisnis melakukan pemantauan atau menilai kinerja dari diri sendiri, orang lain, dan organisasi lain agar berkembang dan bisa mengambil tindakan secara korektif.

5. Mempunyai Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis di dokumen kerja, selain itu diharapkan memiliki kemampuan negoisasi dan pemahaman lisan, sensitifitas masalah juga diperlukan.

Syarat Membuka Jasa Konsultan Bisnis

Berikut adalah syarat membuka suatu usaha yang bernama Konsultan Bisnis, diantaranya:

1. Sudah Memiliki Pengakaman dan Pengetahuan akan Bidang Tertentu

Maksudnya adalah sebagai konsultan, kamu harus memiliki pengetahuan yang luas akan bidang tertentu, pastinya bisa meliputi bisnis, kegiatan keuangan, dan lain-lain. Dengan pengetahuan yang luas, membuat ide bisnis semakin bagus dan banyak yang ingin bekerja sama dengan kamu.

2. Memiliki Penawaran yang Menarik, Bisa Memberikan Nilai

Apa yang dipilih dan dikonsultasikan ke perusahaan ini memiliki prinsip yang bisa menciptakan nilai dalam setiap langkahnya, jika tidak memiliki hal itu maka bisa dibilang kamu masih belum memiliki seseuatu yang bisa dijual dalam usaha kamu.

Baca Juga  Perusahaan Raksasa ini, Kini Tinggal Nama

3. Memiliki Macam Klien Berpotensi dan Berpopulasi Baik

Maksudnya adalah setidaknya kamu sudah memiliki klien ideal, sudah mempromosikan jasa kamu ke perusahaan atau lembaga, dan punya inisiatif mempromosikan bisnis ke klien secara individual. Jadi bisa dicoba.

4. Memiliki Mental Positif

Sebagai seorang jasa konsultan bisnis harus selalu menjaga pola pikir positif dan tetap fokus pada tujuan. Agar bisa mengatasi rintangan yang ada dan mencapai hal-hal yang sebelumnya tidak yakini akan berhasil.

Itulah penjelasan tentang Apa itu Konsultan Bisnis? Simak Yuk!, semoga bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This