Andika Pujangkoro, Memilih Dakwah di Pandeglang Sebagai Sarana Pengabdian Masyarakat

Advertisements

Hijrah yang dahulu dikenal sebagai berpindahnya Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah telah berubah menjadi perubahan kebiasaan yang lebih sesuai dengan ajaran Alqur’an dan Hadist.

Setiap orang memiliki bentuk hijrahnya sendiri bisa melalui mengikuti kajian dakwah, meneladani sosok tertentu, terbukanya pintu hati dan lain sebagainya. Salah satu sosok yang mengalami proses hijrah tersebut adalah Andika Pujangkoro.

Beliau merupakan CEO dari Grapadi Group dan memiliki latar belakang Pendidikan ekonomi yang mumpuni. Namun, beliau ikut serta mendakwahkan syiar Agama Islam khususnya thariqat ke daerah pelosok sebagai bentuk kuatnya tekat untuk hijrah sekaligus mendalami ilmu agama.

Latar Belakang

Andika Pujangkoro SE, M. Ec, Dev atau beliau juga biasa dipanggil dengan Syekh Muda Muhammad Harun Ar-Rasyidi, SE, M.Ec, Dev memiliki latar belakang pendidikan ekonomi yang saat ini memimpin  Grapadi Group yang bergerak pada berbagai bidang seperti konsultan bisnis, politik, brand advisor, developer aplikasi,  digital media, survey dan research center, dll.

Putra dari Syekh Muda Dr.Ir.Sugih Arto Pujangkoro, MM dan Ibu drg. Sumaini ini juga  memiliki  latar pendidikan agama yang kuat. Karena sejak muda beliau telah menimba ilmu kepada ulama besar thariqat Naqsyabandiah.

Sebagai umat Islam, beliau juga menyadari  betapa pentingnya pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia. Selain menjadi pendakwah beliau juga menerbitkan banyak buku bermanfaat dengan judul Fiksi Guidelines of Business Planning, Supervising, and Execution, Panduan Merencanakan, mengawasi dan mengeksekusi bisnis, Cara beli property dari sisa uang belanja bulanan, Studi Kelayakan, Cara Ampuh Bangkit dari Bangkrut, Langkah Konkrit Optimalisasi Asset, Seni dalam mengambil keputusan Non Fiksi Siti Yasmin, Banting Setir dan lainnya.

Baca Juga  Pembangunan Sarana Dakwah Guru Besar DR. Syekh Salman Da’im

andika pujangkoro

Awal Proses Dakwah

Menjadi seorang pendakwah tidaklah bisa dilakukan begitu saja. Karena, seorang penyiar agama haruslah memiliki ilmu yang cukup agar dakwahnya menjadi berkah dan diterima banyak orang.

Andika Pujangkoro juga melalui tahapan tersebut. Beliau menimba ilmu di Pesantren Yayasan  milik Ulama Besar Thariqat Naqsyabandiah Buya Syekh Salman Daim di  daerah Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara yang saat ini di teruskan oleh Buya Syekh Muhammad Nur Ali.

Buya Ali merupakan putra dan penerus dari Syekh Salman Daim. Melalui dan berkat gurunya tersebut itulah beliau menjalankan dakwah serta mengenal tasawuf serta  Thariqat  Naqsyabandiah  Jalalliah, tasawuf, tauhid  dan berbagai ilmu agama lainnya.

Berkat keinginan yang kuat untuk hijrah, Andika Pujangkoro belajar keras kepada Sang Syekh.  Pada akhirnya, guru beliau memberikan amanah untuk berdakwah ke Pandeglang dan menyiarkan ajaran Agama Islam khususnya Thariqat.

Kegiatan Dakwah

Setelah banyak mendalami ilmu agama, tasawuf dan lainnya sejak tahun 2000. Beliau mulai melakukan  dakwah langsung ke daerah pelosok yang berada di wilayah Serang serta Pandeglang. Kegiatan dalwah telah berlangsung sejak dua tahun lalu di Desa Sukasari, Kabupaten Pandeglang, Kecamatan Pulosari, Banten.

Kegiatan dakwah yang dilakukan cukup beragam mulai dari mengisi kajian, sholat, dzikir bersama, mengadakan tausiah dari rumah ke rumah ataupun dari majelis ke majelis serta makan bersama.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengajak orang betapa pentingnya tauhid, thariqat, zikir serta shalawat di manapun umat Islam berada. Karena sejatinya Allah SWT ada di mana saja sehingga umat Islam akan selalu mengingat Allah SWT, melakukan amal baik dan menghindari yang mungkar.

Kegiatan dakwah tersebut masih berlangsung sampai saat ini. Dakwah yang dilakukan tidak hanya seputar agama tetapi juga ekonomi. Beliau menyadari bahwa peningkatan ekonomi sangat penting bagi masyarakat. Karena dengan ekonomi yang membaik maka kegiatan agama di masyarakat akan semakin baik pula.

Baca Juga  Konsultan Politik: 3 Metode dan Cara Kerja yang Menarik

 

 

 

 

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This