Analisis Studi Kelayakan Hotel

Advertisements

Bisnis properti akan semakin berkembang pada setiap periode, salah satunya perhotelan. Potensi bisnis perhotelan semakin besar. Beberapa hal yang mempengaruhi tingginya permintaan pasar akan hotel salah satunya dipengaruhi banyaknya tempat wisata. Semakin banyak tempat wisata, semakin besar permintaan pasar akan sebuah hotel untuk tempat istirahat. Analisis studi kelayakan hotel sangat penting agar supaya dapat memanfaatkan kesempatan akan potensi yang tinggi dari pasar.

Bisnis perhotelan termasuk salah satu bisnis properti yang memerlukan modal besar. Mengharuskan pengusaha untuk memiliki tanah, baik sewa maupun milik sendiri, sedangan harga pasar tanah setiap periode semakin meningkat. Selain tanah, banyak hal yang perlu diperhatikan tentang anggaran membangun bisnis hotel. Pentingnya jasa studi kelayakan selain dapat menggunakan anggaran sesuai kebutuhan, akan tetapi dapat juga merancang dari awal sampai pengembangan bisnis berjalan. Jasa pembuatan studi kelayakan bisnis hotel sangat penting agar supaya anggaran tidak membengkak, bisni tidak merugi, dan menghasilkan laba besar karena memanfaatkan potensi yang sedang maju.

Poin – Poin yang Harus dianalisis agar bisnis hotel semakin maju, yaitu :

  • Pelayanan

Memiliki pelayanan yang baik dan berkualitas menjadi wajah pertama yang dilihat oleh konsumen. Pelayanan awal harus ditunjukkan dari proses awal yaitu pemesanan kamar hotel sampai konsumen cekout dari hotel. Pelayan yang diberikan selain sopan santun, yaitu : adanya layanan penjemputan konsumen yang membutuhkan sarana transportasi. Kemudahan pemesanan (pesan kamar hotel bisa melalui media seperti Traveloka,maupun layanan yang memudahkan lainnya), jadi sampai di hotel bisa langsung cekin tanpa ada pendaftaran ulang. Pelayanan service room juga harus diperhatikan.

Memberi pelayanan seperti beberapa hal di atas, harus memperhatikan aspek kebersihan baik kamar maupun area hotel, menu makanan dan minuman harus lebih bervariasi agar menggugah selera, dan tatanan atau arsitektur maupun desain interior harus menarik minat konsumen.

  • Kamar
Baca Juga  Tips Memulai Bisnis Minuman

Kamar hotel merupakan poin penting untuk menarik konsumen. Kamar hotel harus didesain dengan nyaman, fasilitas kamar lengkap, dan service room tersedia selama 24 jam. Poin tersebut akan menjadi daya Tarik tersendiri bagi konsumen, karena kamar hotel yang tidak nyaman ataupun kotor akan membuat konsumen rishi, pergi, dan tidak akan melakukan repeat order.

Analisis Studi Kelayakan Hotel

Beberapa poin penting di atas menjadi objek dalam analisis studi kelayakan bisnis hotel. Sedangkan studi kelayakan hotel sendiri jika dipandang dari berbagai aspek, maka terdapat aspek yang harus diperhatikan.

Advertisements

  1. Aspek Hukum

Aspek hukum dalam studi kelayakan hotel dirancang untuk mendapatkan legalitas bisnis, seperti surat ijin bisnis, sertifikasi tanah, dan lainnya.

  1. Aspek Pasar

Pada studi kelayakan bisnis dalam bidang perhotelan haru memperhatikan aspek pasar dan pemasaran. Permintaan pasar yang semakin besar, memiliki potensi bisnis yang baik.

  1. Aspek Manajemen dan SDM

Manajemen yang terstruktur, dan SDM atau Sumber Daya Manusia yang terlatih dalam pengelolaan bisnis hotel, maka hotel akan semakin ramai di pasaran.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This