Amazon Tambah Layanan Streaming Gratis, Netflix Diam di Tempat

Sumber: habarinetwork.com

Grapadinews.co.id – Tidak ada yang tidak memungkinkan di era teknologi ini. Kemudahan dalam beraktivitas membuat pengguna merasa dimanjakan. Tidak perlu lagi pergi ke bioskop untuk nonton film atau bahkan ke department store untuk berbelanja pakaian.

Bisnis digital juga menjanjikan karena pangsa pasar begitu luas dan selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu. User juga menjangkau anak-anak hingga orang dewasa. Dewasa ini layanan berlangganan mulai digandrungi karena mereka menawarkan platform tanpa jeda iklan, sehingga pengguna tidak terganggu oleh apapun selama menonton.

Persaingan yang semakin ketat di dunia digital kemudian membuat Amazon menjalin membuat suatu penawaran baru, sementara Netflix menuai komentar dari pelanggan.

Persaingan layanan streaming

Sumber: tek.id

Roku Channel dengan acara TV, film dan siaran kabel seperti ABC dan NBC. Kemudian Pluto yang dilaporkan telah memiliki 6 juta pengguna, ada pula Xumo dengan 3,4 juta pelanggan. Hulu bahkan menawarkan versi layanan lebih murah dengan iklan dan telah meraup 25 juta pelanggan. Dengan demikian user tentu membandingkan antara satu dan lainnya untuk kemudian menentukan mana yang lebih murah terlebih tanpa iklan.

Seolah tidak mau kalah, produsen TV seperti Samsung, LG dan Vizio menambahkan aplikasi untuk streaming dengan tambahan iklan. Pasar layanan yang semakin meningkat pesat ini mengubah pemikiran dan kebiasan baru masyarakat. Mereka yang menganggap televisi adalah kebutuhan penting, namun kini sudah beralih ke cara yang lebih praktis.

Amazon tawarkan layanan baru, bagaimana dengan Netflix?

Sumber: www.trustedreviews.com

Baru-baru ini Amazon merilis rencana peluncuran layana video gratis yang didukung iklan untuk perangkat streaming TV Fire. Sementara itu Netflix belum memberikan indikasi  bahwa mereka berencana untuk membuat layanan yang didukung oleh iklan.

Baca Juga  Trend Bisnis Start Up yang Semakin Diminati Generasi Milenial

Kendati demikian para pakar industri berpendapat bahwa Netflix tidak akan memperluas pasarnya lagi. Diketahui bila perusahaan ini telah menghasilkan pertunjukan dan film versi original sebesar 50%. Mereka dilaporkan memiliki hutang lebih dari US$20 miliar. Pada akhirnya Disney menghapus semua filmnya dari layanan tersebut pada akhir tahun lalu, kemudian memutuskan untuk memulainya sendiri.

Netflix kenakan tarif lebih tinggi

Sumber: variety.com

Berbeda dengan yang lain, Netflix memfokuskan bisnisnya pada pelanggan saja. Mereka bergantung pada kenaikan tarif user. Dilaporkan bila pada akhir tahun lalu jumlah user mencapai 1,4 juta. Angka tersebut tentu berada di bawah target.

Biaya berlangganan yang awalnya US$11 (154 ribu rupiah) naik menjadi US$13 (182 ribu rupiah). Walau bagaimana pun mereka masih menjalankan permainan dengan 104 juta pelanggan saat ini. Angka tersebut bisa jadi turun jika perusahaan memberikan konten asli dan tanpa jeda iklan, mengingat biaya berlangganan yang semakin mahal.

Menurut sebuah survei, 23% pelanggan Netflix mengatakan akan menghentikan layanan jika perusahaan masih menjalankan iklan. Seperti dikatakan oleh Peter Fondulas, Hub Entertainment Research dilansir dari Forbes bahwa pelanggan menganggap bebas iklan adalah fitur terbaik dari Netflix.

Pada dasarnya hal yang lumrah perusahaan layanan menambahkan iklan atau menentukan tarif biaya yang lebih tinggi, namun mereka harus mempertimbangkan selera pasar. Dengan persaingan yang semakin hebat mereka tentu harus memikirkan cara berikutnya untuk menarik kembali pelanggan.

Di samping itu, mereka juga perlu memperhitungkan biaya investasi. Memang benar iklan bisa menutupi semua biaya termasuk hutang, tetapi perusahaan juga akan berisiko kehilangan pelanggan. Sementara Netflix belum memiliki rencana untuk meningkatkan fitur, Amazon sudah selangkah lebih maju mengikuti selera pasar dan siap bersaing.

Baca Juga  Jadi Ladang Sebar Luaskan Informasi Hoax, Facebook Hapus Ratusan Akun di India dan Pakistan

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This