8 Trik Jalankan Bisnis Waralaba Jika Anda Sang Founder


0
Spread the love
Sumber: neilpatel.com

Grapadinews.co.id – Apakah Anda seorang franchisor yang memiliki mimpi untuk mengembangkan usaha dan menumbuhkan konsep? Wajar saya bagi pebisnis memiliki tujuan pasti agar terus berjalan lancar bahkan semakin besar dari waktu ke waktu. Sebab pada dasarnya, entrepreneur sejati harus memiliki langkah-langkah serta tujuan jelas.

Dewasa ini waralaba merupakan cara bagus untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan, menumbuhkan merek dagang dan mengambil peluang baru. Sementara banyak orang menganggap pertumbuhan franchise bisa dilakukan secara alami saja tanpa strategi apa pun, namun sejatinya bisnis tidak akan berkembang bila membiarkannya begitu saja. Berikut merupakan 10 tips utama yang perlu dipertimbangkan untuk menumbuhkan usaha waralaba!

Punya pola pikir layaknya guru

Sumber: www.oberlo.com

Ada sejumlah alasan mengapa pebisnis memutuskan untuk memulai dan menumbuhkan waralaba. Usaha ini dinilai lebih cepat menghasilkan keuntungan dan mengenalkan brand kepada masyarakat luas dengan cepat. Tetapi tidak peduli apa alasan awal, Anda harus ingat bahwa pengusaha adalah seorang guru di atas bisnis yang dibangunnya.

Sebelum usaha dimulai, mereka tentu telah mempelajari banyak hal termasuk cara membuat produk, bagaimana menyajikan makanan serta minuman yang menarik, hingga sistem perhitungan keuntungan. Anda juga harus mau mengajari orang lain cara menjalankan bisnis yang sukses, sehingga mereka bisa menyalin model yang diterapkan untuk membuat perusahaan duplikat lain yang sama berhasilnya.

Pola pikir layaknya guru ini memungkinkan Anda memiliki pemikiran yang terus berkembang dan membagikan ilmu kepada siapapun. Lebih-lebih dalam praktiknya juga mendapatkan masukan terkait bisnis.

Mulai menyempurnakan model bisnis

Sumber: medium.com

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menumbuhkan waralaba adalah mulai menyempurnakan model bisnis. Itulah sebabnya banyak referensi, baik buku maupun artikel online menyarankan agar membentuk brain storming serta strategi usaha sebelum memulainya.

Anda perlu memiliki model bisnis yang jelas, sukses dan mudah diikuti. Yang pasti, rancangan usaha tersebut harus berbeda dengan lainnya, sehingga kuat dan tidak mudah tergeser oleh arus tren. Tatanan usaha yang kokoh, akan membuat seluruh bagian perusahaan berjalan dengan baik juga.

Biarkan semua terjadi secara alami

Sumber: ratemyspace.com.au

Tren berubah-ubah setiap tahunnya. Sementara itu selera masyarakat juga mengalami pergeseran. Iniadalah suatu tantangan bagi pelaku bisnis untuk bagaimana caranya bertahan di tengah perubahan tersebut.

Apabila usaha terus dipaksakan, maka yang ada semua tidak berjalan sesuai ekspektasi. Anda juga hanya akan menempatkan waralaba baru dalam risiko kegagalan, rusaknya brand dan reputasi perusahaan. Maka satu-satunya cara adalah membiarkannya tumbuh secara alami agar seluruhnya juga berkembang sebagaimana mestinya. Perlu juga menciptakan budaya positif kepada para franchisee. Masing-masing pewaralaba nantinya juga dapat beroperasi secara mandiri, tetapi tidak menampik kemungkinan mereka saling berhubungan, membimbing dan membantu satu sama lain.

Bangun identitas merek yang kuat

Sumber: ratemyspace.com.au

Jika ingin waralaba tumbuh dan sukses, maka sangat penting untuk membangun merek dagang. Melaluinya usaha akan dikenal dengan cepat oleh calon konsumen. Setelah dibuat, kini saatnya untuk membangun brand agar lebih kuat.

Di tengah banyaknya kompetisi dalam bidang yang sama, merek merupakan satu-satunya yang dapat menguatkan bisnis. Lewat tulisan dan nama mewakili reputasi perusahaan serta image keseluruhan aspek usaha, mulai dari produk, pelayanan, hingga bagaimana packaging-nya. Semakin kuat merek, maka akan semakin dikenal. Dengan demikian waralaba juga lebih baik.

Buat keseimbangan antara lokal dan nasional

Sumber: fastcasual.com

Berambisi terhadap bisnis boleh-boleh saja. Tujuan dari membuka usaha waralaba adalah agar dapat tersebar ke seluruh pelosok negeri dan menyebarkan merek dagang. Maka, ketika Anda mungkin memiliki gerai di seluruh wilayah Indonesia, pastikan ada keseimbangan antara nama nasional dan perusahaan lokal.

Setiap perusahaan harus tetap berhubungan dengan komunitasnya, melakukan pemasaran lokal, menghadiri acara-acara komunitas dan bertindak seolah-olah itu adalah bisnis kecil tradisional. Pendirian perorangan tidak bisa hanya mengandalkan pemasaran nasional dari pemilik waralaba.

Pastikan pemilik waralaba kuat

Sumber: ratemyspace.com.au

Usaha waralaba yang tersebar di berbagai tempat memiliki image masing-masing yang disesuaikan dengan bagaimana pelayanan, kebersihan, kecekatan, hingga bagaimana si pemilik mengelola itu. Maka itulah sebabnya penting untuk menempatkan owner yang kuat di masing-masing wilayah kerja.

Penting meluangkan waktu untuk memastikan bahwa mereka menjalankan bisnis dengan tepat. Mereka juga harus memiliki kepribadian yang baik dan multi-tasking, sehingga dapat menjalankan semua tugas dengan baik.

Tawarkan pelatihan

Sumber: tuv-nord.com

Ingatlah pada tips sebelumnya bahwa sebagai pemilik perusahaan yang bergerak di bidang waralaba, Anda juga harus bertindak sebagai guru. Dengan pemikiran tersebut pastikan untuk menawarkan sumber daya yang tepat dan membuka peluang pelatihan bagi pemiliki waralaba individu.

Keberadaan founder di sana memastikan mereka memiliki alat untuk berhasil dan memenuhi apa yang mereka butuhkan. Kesemuanya sangat berguna dalam pengembangan serta pertumbuhan bisnis, serta membangun citra perusahaan.

Pelayanan terbaik

Sumber: www.hirum.com.au

Salah satu model terbaik untuk menumbuhkan bisnis apa pun, baik kecil maupun besar adalah pelayanan pelanggan. Seluruh waralaba termasuk perusahaan individu harus selalu berfokus pada melakukan sesuatu dengan cara benar terhadap pelanggan.

Ingatlah bahwa customer merupakan tujuan utama dari pendirian bisnis. Merekalah yang paling menentukan keberhasilan dan tidaknya suatu usaha. Maka dari itu, sebelum mendirikan bisnis lebih baik mengetahui terlebih dahulu perilaku, kebutuhan dan keinginan dari calon pelanggan. Tujuannya, agar Anda bisa memberikan yang terbaik untuk mereka.

Sebagai pemilik perusahaan di bidang waralaba dengan gerai yang tersebar di seluruh pelosok negeri harus bisa mengatur waktu untuk mengontrol semuanya. Langkah mendetail dan spesifik memungkinkan segala sesuatu berjalan beriringan dan membentuk kesuksesan bersama.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals