8 Cara Kembangkan Perusahaan Startup Menjadi Raksasa


Spread the love
Sumber: thinkbusiness.ie

Grapadinews.co.id – Bisnis startup kini tengah menjadi incaran. Maraknya teknologi dan segala sesuatu yang dilakukan secara online menjadikan adanya pergeseran dalam kehidupan masyarakat. Jika dahulu membeli barang harus datang ke toko langsung, maka kini sudah tidak lagi. Bila beberapa tahun lalu pebisnis harus survey lokasi untuk membuka gerai, saat ini sudah tersedia marketplace tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Pun dengan media cetak yang bergeser pada online karena dirasa lebih cepat, praktis dan mudah dibaca oleh semua orang, khususnya pengguna internet. Oleh sebab itu, startup atau perusahaan rintisan menjadi sesuatu yang diminati oleh para pebisnis.

Lalu, bagaimana caranya mengembangkan perusahaan rintisan menjadi berkembang hingga raksasa? Simak tipsnya berikut ini!

Tingkatkan skala bisnis

Sumber: startupnation.com

Pada dasarnya bisnis adalah bagaimana berkompetisi di tengah pasar. Terlebih saat ini usaha startup gencar dilakukan. Maka dari itu, Anda memerlukan tiga hal untuk meningkatkan skala bisnis. Pertama, rekrut tenaga kerja untuk membantu mengembangkan bisnis. Kelola mereka dengan baik, sehingga tercipta suatu kerjasama yang efisien. Segala sesuatu tidak dapat dilakukan dengan sendiri apabila menginginkan sesuatu yang besar.

Kedua, bersiap dengan kompetisi. Memikirkan warna logo dan nama brand yang sempurna boleh-boleh saja. Namun jangan sampai hal tersebut justru banyak menyita waktu yang seharusnya digunakan untuk memikirkan strategi bisnis. Fokuslah untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan agar pemasaran bisa mudah dilakukan, kemudian berdampak pula pada profit yang akan diperoleh.

Ketiga, buat langkah-langkah mencapai tujuan. Perusahaan yang kini sukses justru tidak bermula dari sesuatu yang besar. Mereka merangkak dari hal kecil ke yang lebih tinggi. Manfaatkan momentum kompetisi untuk merangkai trik agar kerja sama terus berlanjut dan penjualan meningkat. Lantas bagaimana caranya menyaingi kompetitor agar sama-sama dalam satu jalur bisnis, bahkan jika bisa melebihi.

Tangani masalah pelanggan

Sumber: smallbiztrends.com

Membuktikan nilai-nilai nyata kepada pelanggan adalah kekuatan. Hal itu sangatlah penting untuk membuat mereka percaya. Lebih-lebih juga menawarkan solusi, sehingga juga berdampak pada kemudahan berbisnis.

Tujuan dari dibentuknya usaha adalah memenuhi kebutuhan masyarakat. Mereka adalah sasaran pasar. Maka demikian tanpa orang-orang tersebut bisnis tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, memanjakan customer merupakan keharusan sebab nasib perusahaan bergantung kepada mereka.

Jadi ahli penjualan

Sumber: hiring.monster.com

Banyak orang menyarankan untuk membuka usaha yang memiliki pasar bagus, seperti kesehatan dan real estate. Tetapi ada banyak potensi bisnis yang bisa digali dari kehidupan dan apa yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Fokuslah pada proses, bukan industrinya.

Contohnya saja identifikasi proses untuk produk yang berbeda harga atau layanan sekali dengan bulanan. Mencari tahu sistem akan memudahkan Anda mengetahui alur dari proses perencanaan, strategi, produksi hingga penjualan. Kemudian aplikasikan pada usaha dan kuatkan kerjasama untuk mengerjakan semuanya.

Fokus pada kepercayaan, operasi dan kepemimpinan

Sumber: www.reviewjournal.com

Tiga kunci utama lainnya untuk mengembangkan usaha rintisan yakni tekankan pada operasi, kepercayaan dan kepemimpinan. Mengetahui dengan jelas merupakan cara terbaik untuk mencapai peluang. Kemudian sempurnakan operasi dengan proses yang terstruktur dan sistematis, sehingga Anda bisa melakukannya secara konsisten.

Lantas pahami apa yang paling berkontribusi dan dampak besar yang bisa memajukan perusahaan. Setelah itu beranjak pada pemaksimalan dengan konsep yang telah dibuat matang. Di sisi lain, mendorong diri sendiri dan orang lain ke tingkat yang lebih tinggi membutuhkan suatu keyakinan sebab hal tersebut sama saja dengan tantangan. Namun demikian, keyakinan memberikan energi dan semangat kerja keras.

Selain itu, keyakinan juga mengarah kepada tindakan dan hasil yang lebih baik. Agar semua itu berjalan sesuai yang diiginkan pastikan agar tim bekerja selaras dan berkomitmen. Ciptakan juga budaya kerja sama serta saling merangkul. Kemudian sejajarkan mereka dengan keberhasilan Anda agar semua bisa menembus kepercayaan tidak terbatas demi misi bersama.

Berkonsultasi dengan yang telah berpengalaman

Sumber: startups.co.uk

Teknologi menggantikan peran manusia untuk melakukan segala aktivitas dengan cepat dan mudah. Tetapi meningkatkan skala bisnis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan 50 tahun lalu. Oleh sebab itu, jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi dengan orang-orang yang memang telah berpengalaman di bidangnya.

Mereka lebih dulu melakukan itu dan pernah mengalami kesalahan hingga risiko. Oleh sebab itu, berguru pada orang yang telah berpengalaman akan memberikan pengetahuan dan antisipasi pada sesuatu yang mungkin saja terjadi di masa mendatang.

Ciptakan budaya sehat dalam perusahaan

Sumber: smallbizdaily.com

Budaya yang luar biasa menciptakan pertumbuhan besar. Keajaiban bisa saja terjadi ketika tim saling kompak. Berikan izin kepada siapapun untuk melakukan percobaan, inovasi dan kolaborasi. Saat semua ini berjalan dengan baik, maka akan membentuk persahabatan bukan lagi rekan kerja.

Keberhasilan membutuhkan stamina fisik dan mental kuat. Semua itu harus dipupuk kepada semua tim untuk mencapai tujuan. Itulah sebabnya, budaya sehat sangatlah dibutuhkan agar semua orang bersemangat.

Atur trik penjualan

Sumber: eu-startups.com

Selain startegi bisnis, hal yang tidak kalah pentingnya yakni penjualan. Ialah kegiatan mengirimkan tugas kepada konsumen dengan tujuan mendapatkan pendapatan serta keuntungan. Jika Anda bisa membuat jumlah pelanggan meningkat secara terus menerus, maka bisnis akan terus berkembang pula.

Fokuskan tim pada pengalaman, pelanggan, layanan dan sistem internal. Setelah mengetahui dasar-dasarnya, tingkatkan ke tugas-tugas lanjutan seperti mengurangi biaya, menambah nilai pesanan dan kepuasan pelanggan.

Berpikir luas

Sumber: mysafetrading.com

Memiliki visi besar menjadikan tim bersemangat untuk turut membantu. Kemudian lakukan evolusi dan berpikir lebih besar lagi yang diiringi dengan budaya tempat kerja menyenangkan, saling mendukung, tumbuh bersama dan tidak ada kompetisi di dalamnya.

Menyatukan visi misi dan meraih bersama membuat perusahaan lebih kuat dan bersiap menghadapi kompetisi. Mengingat persaingan begitu ketat, maka tidak ada salahnya bila menyatukan tekad untuk mewujudkan itu semua.

Perusahaan startup digadang-gadang akan terus meningkat setiap tahunnya. Gairah bisnis yang semakin berkembang membuat banyak pihak beralih ke usaha ini. Siapkah Anda bersaing di tengah kompetisi sengit?

 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals