7 Tips Mengurangi Sampah Sisa Makanan. Sampai Kapan Buang-buang Rezeki Tanpa Pikir Panjang?

Tahu nggak sih gaes, kalau sampah sisa makanan milik kita itu salah satu penyumbang terbesar kerusakan di lingkungan setelah limbah pabrik ?

Huu.. masa sih ? Ini beneran lho ? Faktanya Bahkan menurut FAO (Food and Agriculture Organization) itu katanya jumlahnya bisa mencapai sepertiga dari yang diproduksi. 

Lebih parahnya lagi, sisa makanan yang terbuang ini gak Cuma soal basi atau kadaluarsa, tapi juga karena terlalu banyak dibelanjakan alias Cuma sekedar dibeli tanpa memikirkan manfaatnya akhirnya gak kepake begitu aja. 

Mengingat efeknya yang begitu sama lingkungan, 

ada baiknya kalau kalian mau peduli dengan melakukan 

tindakan seperti mencegah atau paling enggak meminimalisir sampah sisa makanan yang kita makan sendiri. Berikut Cara yang simple yang bisa kita lakukan : 

1. Belanjalah bahan makanan yang perlu, tapi jangan beli persediaan terlalu banyak

Usahain deh temen-temen kalau beli bahan makanan cari makanan yang seger, biar bisa cepet langsung kita diolah dan usahakan jangan kelamaan taruh dikulkas, takutnya malah basi. Dan kalaupun mau beli stok persediaan makanan usahakan beli secukupnya aja yang kita butuhkan terutama makanan kaleng.

2. Bahan makanan yang kita beli, harus simpan dengan cara yang tepat

Walupun makanan udh kita simpen di lemari pendingin atau kulkas, tetep aja bisa busuk kalau nggak diletakkan diwadah yang bener. Apalagi seperti jenis sayurah seperti tomat dan cabai. Biar awet, coba deh begitu temen-temen beli bahan makanan kering seperti cereal dan biskuit mending di simpan dalam toples yang kedap udara ketimbah di kulkas, ntr jadi keras..hehe

 

3. Penting banget untuk mastiin kulkas tetap bersih secara rutin

Atur ulang isi dalam kulkas, usahain kalian jangan menyimpan bahan makanan yang lama di bagian depan karena bisa bikin numpuk bahan makanan baru. Jangan lupa kalau dirasa kulkas kita udah kotor terlebih dibagain pendinginnya mending cepet-cepet dibersihin biar sirkulasi mesin pendinginnya tetap bersih untuk makanan.

Baca Juga  Mengenal sosok Rasululah Sebagai Panglima Perang

 

4. Jadikan diri lebih kreatif ketika mengolah bahan yang sudah disimpan lama di kulkas

Sebelum kita memutuskan sisa bahan makanan ke bak sampah, mending kita putar otak alias lebih kreatif untuk mengolahnya biar jadi masakan yang enak dan masih bisa dimakan. Tapi tetep ya dilihat tanggal kadaluarsanya, jangan mentang-mentang mau hemat malah makanan basi kita olah.. kasihan dong orang yang makan

 

5. Maksimalkan seluruh sisa bagian bahan makanan, kalau bisa jangan sampe dibuang percuma

Enggak semua makanan khususnya buah kita buang kulitnya, masih ada koq bagian lain yang bisa kita manfaatkan seperti, sisa dari kulit buah yang bisa kita manfaatkan contonya anggur, apel, dan jeruk yang masih bisa diolah jadi permen yang manis

 

6. Atur siasat dengan cara membekukan makanan

Beberapa dari bahan makanan yang bisa kita bekukan di kulkas diantaranya adalah buah, pasta, daging. Buah yang nantinya beku bisa kita buat jadi smootie atau juss hanya dengan menambahkan susu aja deh. Nah, untuk sayuran yang gak bisa dibekukkan, kita bisa jadikan sebagai acar (timun dan wortel)

 

7. Kalau terlanjur masih sisa, mending jadikan kompos tanaman aja

Dan terakhir kalau udah kepepet banget dan kita juga udah gak sempat ngolahnya, ubah sisa bahan makanan kita jadi satu yang punya manfaat yaitu bikin kompos untuk tanaman, ya itung bisa lebih menghebat dripada kita beli pupuk kompos diluar. Gak harus buah dan sayuran lho gaes, sisa teh sama kopi bisa kita manfaatkan juga lhoo.

 

Nah, tips diatas juga bisa berlaku kalau kalian jajan diluar. Beli aja sesuai kebutuhn porsi mu, gak usah berlebihan. Kalau kepaksa harus nyisa, mending bawa pulang aja siapa tahu besok Masih bisa dimakan lagi. Selain bikin lebih hemat, meminimalisir sisa dari makanan yang kita makan bisa memberikan dampak sebagai bagian dari mengurangi kerusakan lingkungan temen-temen. Lagian, kasihan juga kalau sisa makanan ini berakhir di tempat sampah. Padahal di belahan dunia yang lain masih ada juga mereka-mereka yang sulit mendapatkan makanan.

 

Baca Juga  6 Kegagalan Manajer Dalam Memimpin Tim

Praktek Dokter Curug TangerangPraktek Dokter Griya karawaci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This