7 Manfaat Mengkonsumsi Kopi Sebelum Berolahraga

Advertisements
Sumber: ziptrials.us

Grapadinews.co.id – Memulai pagi dengan kopi dapat meningkatkan semangat sepanjang hari. Aromanya begitu lembut, ditambah dengan rasanya yang gurih membuat penikmat tidak mau lepas dari minuman satu ini.

Bahkan kini, kopi jadi minuman kekinian yang digandrungi oleh seluruh kalangan usia. Tapi tahukah Anda selain sebagai penyambut obrolan, si hitam juga memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi sebelum berolahraga? Intip ulasannya berikut ini!

Meningkatkan performa

Sumber: lifestyle.kompas.com

Beberapa studi membuktikan hubungan antara kafein yang dikonsumsi sebelum olahraga dan peningkatan performa. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Sports Medicine menyebutkan bila kandungan tersebut dapat meningkatkan daya tahan pada atlet karena bersifat ergogenik.

Studi lain dari British Journal of Sports menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi kopi sebelum treadmill (1500 meter) berhasil menyelesaikan lari 4.2 detik lebih cepat.

Mengurangi sakit pada otot

Sumber: parenting.co.id

Penelitian dari Universitas Illinois menemukan bahwa mengkonsumsi kopi secara rutin sebelum olahraga membantu dalam mengurangi rasa sakit pada otot. Dengan demikian, seduhlah si hitam beberapa menit sebelum berlatih dan minum secara rutin.

Mencegah penyakit

Sumber: prelo.co.id

Keuntungan lainnya yakni bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit. Kopi mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, sehingga dapat mencegah kerusakan pada sel akibat radikal bebas. Menurut sebuah studi dari Critical Reviews in Food Science pada tahun 2011 bahwa konsumsi kafein memiliki korelasi terbalik dengan diabetes, parkinson dan kanker.

Menjaga daya ingat

Sumber: shape.com

Sebuah studi dari Johns Hopkins University menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan memori hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Penelitian tersebut mengambil sampel pada sekelompok orang yang diberi minuman berkafein 200 mg 5 menit setelah menghafal gambar, sementara grup lainnya tidak.

Keesokan harinya, kedua kelompok ditanya tentang gambar yang dihafalkan kemarin. Hasilnya, kelompok yang mengkonsumsi kafein memiliki ingatan lebih baik. Peningkatan kualitas otak ini merupakan keuntungan tersendiri bagi Anda yang akan melakukan olahraga karena membuatnya jadi lebih fokus.

Baca Juga  Konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit via Teledermatologi
Advertisements

Mengendalikan berat badan

Sumber: www.oxygenmag.com

Berolahraga secara rutin dapat membakar lemak, sehingga berat badan bisa dikendalikan. Namun hal tersebut kurang maksimal apabila tidak diseimbangkan dengan mengkonsumsi kopi secara rutin sebelum berlatih.

Dikarenakan si hitam bisa mengubah lemak menjadi energi, berbanding balik dengan glikogen. Tidak hanya itu, kandungan kafein yang tinggi membantu dalan meningkatkan metabolisme, sehingga kalori jadi lebih mudah terbakar setiap harinya. Menariknya lagi, senyawa lainnya juga membantu dalam menekan nafsu makan, sehingga Anda hanya mengkonsumsi sedikit makanan.

Melancarkan sirkulasi

Sumber: popsugar.com

Penelitian terbaru dari Jepang membuktikan tentang efek kopi terhadap sirkulasi. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, yakni orang yang tidak minum kopi dan yang sering mengkonsumsi.

Masing-masing diberi kopi biasa dan yang mengandung kafein 5 ons. Hasilnya, aliran darah pada pengonsumsi kopi dengan kafein lebih lancar terutama pada pembuluh kecilnya. Mereka mengalami peningkatan aliran darah 30% dibandingkan dengan yang hanya minum kopi biasa.

Lebih fokus

Sumber: small-talks.com

Di samping tenaga, seseorang yang berolahraga juga butuh berkonsentrasi. Keseimbangan otak dan tubuh akan memberikan hasil yang maksimal untuk kesehatan. Dalam hal ini, kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan konsentrasi, sehingga menjaga latihan tetap produktif dan efektif.

Menjaga tubuh agar tetap sehat adalah keharusan. Namun berolahraga saja tidak cukup, sebab Anda juga membutuhkan dukungan tambahan, yakni kopi. Kandungan kafein di dalamnya terbukti bisa memberikan manfaat, baik pada pikiran juga tenaga. Maka, dari sekarang yuk konsumsi si hitam secara rutin sebelum berlatih!

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This