7 Manajemen Finansial Untuk Si Kecil yang Baru Saja Hadir


0
Spread the love
Sumber: www.colmnolanandassociates.ie

Grapadinews.co.id – Menjadi orang tua harus bertanggung jawab sepenuhnya kepada keluarga terutama anak. Mereka adalah generasi penerus yang akan menentukan keberhasilan Anda di masa yang akan datang. Sementara itu, kesuksesannya juga begantung kepada orang tua.

Dewasa ini banyak ditawarkan produk-produk perbankan yang mengkhususkan untuk tabungan masa depan. Langkah tersebut bagus agar kehidupan nanti dapat dipersiapkan dengan baik, termasuk urusan pendidikan anak. Sebagai orang tua, Anda juga harus mempersiapkan dana khusus secara rutin demi keluarga bahagia nantinya.

Lantas, memiliki seorang anak lagi memang membahagiakan. Semua kegembiraan terasa hadir begitu saja dan membawa orang tua pada dunia baru. Namun demikian, apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan masa depannya?

Daftarkan anak ke asuransi kesehatan

Sumber: kawarthanow.com

Orang tua biasanya hanya berfokus pada tabungan pendidikan, namun sebenarnya asuransi kesehatan juga penting baginya. Jika ingin memastikan si kecil terlindungi, maka tidak ada salahnya untuk mendaftarkannya pada health insurance.

Tidak ada masalah bila kemudian membuat Anda beralih pada biaya yang lebih rendah, yang penting ia telah masuk dalam daftar. Dengan demikian, urusan kesehatannya akan terjamin.

Perbarui surat wasiat

Sumber: olneyespta.org

Mungkin ini terdengar terlalu dini, namun surat wasiat sebenarnya sangat penting untuk melindungi dan mewarisi aset yang dimiliki agar tidak jatuh pada pihak lain. Itu juga dapat menunjukkan siapa yang akan menjadi wali Anda ketika berusia senja nanti atau mungkin terjadi sesuatu. Keputusan siapa yang akhirnya bisa membesarkan anak cukup besar dan harus ditentukan.

Beberapa daftar yang biasa masuk dalam surat wasiat yakni berupa pembagian tanah, rumah, hingga harta benda lainnya. Bisa juga berisikan tentang si anak dimasukkan dalam polis asuransi jiwa karena manfaatnya besar. Semua itu harus dibagi sama rata agar tidak menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan.

Selain itu, Anda dapat menempatkan penerima di rekening bank dengan formulir hutang atas kematian dan pada investasi reguler. Beberapa negara juga memungkinkan customer menambahkan manfaat real estate dan kendaraan yang akan diterima oleh pihak penerima.

Pastikan memiliki asuransi jiwa memadai

Sumber: www.lighthousefinancialtax.com

Setelah memutuskan apa yang akan diwariskan, pastikan agar anak hidup dengan nyaman. Hal ini mungkin akan terdengar sulit bagi orang tua tunggal. Maka dari itu, miliki asuransi jiwa untuk melindungi keluarga dari sesuatu yang mungkin saja terjadi.

Ada banyak produk asuransi yang dipilih, salah satunya yakni berjangka. Ialah mencakup periode tertentu dan merupakan pilihan paling hemat. Nasabah dapat menghitung sendiri berapa keuntungan yang didapatkan. Setidaknya, jamin keselamatannya dengan jaminan sosial hingga ia bisa menghidupi kebutuhannya sendiri.

Rencanakan biaya pengasuhan anak

Sumber: visionpf.com.au

Segala sesuatunya kini membutuhkan biaya, termasuk mengasuh anak. Ketika mereka masih bayi, ada banyak pengeluaran yang perlu dipersiapkan mulai dari susu, pampers, obat-obatan, vitamin terbaik, pakaian, dan lain sebagainya. Semua itu harus dipersiapkan dengan menyisihkan sebagian gaji yang didapat.

Tidak hanya itu, kehidupan yang terus berlanjut membuat mereka akhirnya tumbuh besar dengan kebutuhan yang semakin banyak, mulai dari biaya sekolah, les, apa pun itu yang menunjangnya. Dalam hal ini para orang tua dapat menyisihkan pemasukannya sedikit demi sedikit sejak ia lahir atau bahkan sebelumnya. Bisa juga mempercayakan pada produk perbankan untuk menyimpan biaya tersebut hingga jangka waktu tertentu.

Sesuaikan anggaran

Sumber: visionpf.com.au

Asuransi dan biaya pengasuhan bukanlah satu-satunya pengeluaran. Anda akan dihadapkan dengan biaya-biaya tambahan lain. Bisa dibilang punya anak itu mahal, namun demikian sebenarnya merupakan anugerah terindah karena bisa meneruskan kehidupan selanjutnya lebih baik.

Maka dari itu yang dibutuhkan yakni menyesuaikan anggaran . Sebab tidak mungkin bila semua biaya diperuntukkan pakaian dan makanan. Maka di sini, bagi tiap-tiap kebutuhan dengan anggaran secukupnya. Tidak masalah bila hanya membeli sedikit mainan atau baju, sebab mereka juga akan tumbuh.

Pertimbangan menabung untuk biaya pendidikan

Sumber: www.dnaindia.com

Pentingnya menyimpan dana terlebih dahulu akan bermanfaat untuk nantinya. Setidaknya buat dana darurat sekian persen dari pemasukan. Hal ini dapat mengantisipasi jika sesuatu terjadi di masa yang akan datang. Di samping itu, sebagai rencana awal persiapkan tabungan khusus untuk biaya pendidikannya.

Biaya pendidikan kini tentu akan berbeda dengan esok ketika mereka telah besar. Bisa jadi akan semakin mahal dan tentu sebagai orang tua Anda menginginkan yang terbaik. Mungkin saja ingin menyekolahkannya di perguruan tinggai favorit kelak atau untuk sekolah kesehatan. Tidak ada yang tahu di masa depan, namun mempersiapkannya sejak dini adalah hal penting.

Mulai mengajarkan kebiasaan memanajemen keuangan

Sumber: inspirelle.com

Tidak ada kata terlambat untuk mengajarkannya tentang finansial. Walalupun mereka terlalu muda untuk mempelajarinya, namun mengenalkan pada uang dan pembagiannya tidak ada salahnya juga. Misalnya saja memberi tahu pentingnya menabung atau membiasakan berhemat untuk jajan di luar dengan mengalihkan pada hal-hal berguna seperti membeli buku. Kemudian membantu menerapkan kedisiplinan dengan menunda keinginan dan mengalihkan ke simpanan masa depan.

Ada banyak cara untuk mengajarkannya hemat sedari dini. Namun yang terpenting yakni bagaimana Anda menyisihkn biaya agar masa depannya terjamin.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals