7 Cara Tingkatkan Rasa Bahagia Sepanjang Hari

Sumber: thedailymash.co.uk

Grapadinews.co.id – Kebahagiaan adalah sumber kehidupan. Hidup tidak akan berwarna bila tanpa keceriaan dan beban pikiran. Meskipun disibukkan dengan jadwal kerja, namun menjadi orang bahagia adalah suatu kewajiban.

Apapun yang Anda pilih, ide-ide yang disalurkan hingga kegiatan apa pun yang dilakukan harus membuat diri sendiri menikmati. Meskipun hidup tidak semudah yang dipikirkan, namun tidak ada salahnya untuk memikirkan cara agar bahagia selalu. Apa yang perlu dilakukan?

Menuliskan hal yang membuat bersyukur

Sumber: sahampemenang.blogspot.com

Bersyukur dan bahagia saling berhubungan. Jadi tidak ada salahnya untuk membuat jurnal yang memuat semua nikmat yang telah Anda raih dan rasakan setiap harinya. Jika kegiatan tersebut terasa memberatkan dan bukan menjadi kebiasaan, maka buatlah daftar-daftar sebagai langkah awal.

Dalam buku catatan tersebut tuliskan hal-hal yang membuat Anda bersyukur, mulai dari makanan lezat, naik kereta tepat waktu, pekerjaan di kantor dapat diselesaikan dengan baik hingga hal-hal kecil yang membuat bahagia.

Sarapan sehat

Sumber: www.fitnessformen.co.id

Menurut seorang psikolog, Tim Sharp seperti dilansir dari Huffington Post bila apa yang dilakukan saat pagi hari akan mempengaruhi suasana hati sepanjang hari. Mulai dengan sesuatu yang bernutrisi, seperti misalnya sarapan sehat.

Sebuah penelitian membuktikan bila mengkonsumsi buah dan sayuran bisa meningkatkan kebahagiaan dan menambah kalori untuk sistem di tubuh sehingga otak bekerja dengan baik.

Memaafkan seseorang

Sumber: vichealth.vic.gov.au

Memang terlihat tidak seberapa, namun nyatanya memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk memaafkan orang lain bisa berdampak baik. Pikiran jadi lebih tenang, hati plong, dan rasanya bahagia tiada terkira.

Sebuah studi membuktikan bila manfaat memaafkan berpengaruh besar untuk seluruh kegiatan dalam tubuh, khususnya memperkuat sistem imun. Seberpengaruh itu!

Ijinkan diri Anda untuk bersedih dan marah

Sumber: hellosehat.com

Hal ini memang terdengar sedikit cengeng, namun nyatanya bisa berpengaruh. Menahan sesuatu dalam hati dan diri sendiri dapat berdampak pada pikiran yang berujung stres berkepanjangan. Ada kalanya untuk mengungkapkan semua perasaan, baik sedih maupun marah.

Baca Juga  Semangat Egaliter pada Kepentingan Anggota MAPPI Tagline Bacalon DPN

Pada tahun 2015 sebuah studi membutikan efek dari menyimpan perasaan. Hasilnya ternyata dapat menimbulkan rasa penyesalan. Dalam penelitian tersebut juga dijelaskan bila menangis adalah salah satu terapi untuk menyembuhkan.

Buang pikiran negatif

Sumber: printmagicng.com

Jika otak penuh dengan pikiran negatif maka sama saja tidak membiarkan kebahagiaan masuk dalam hidup Anda. Racun-racun akan terkumpul menjadi satu, sehingga membuat tubuh mudah lelah dan emosi. Maka untuk menyingkirkan perasaan tersebut haruslah mengubah mindset jadi lebih positif. Pandanglah suatu hal dari kacamata yang berbeda, sehingga hanya bisa melihat keindahan.

Menghirup udara segar

Sumber: www.aromafloria.com

Sesuatu yang bisa membuat bahagia lainnya adalah udara segar. Oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa menjadi energi dan memicu seseorang untuk tetap bersemangat sepanjang hari. Luangkan waktu selama 5 menit saja untuk menghirup udara segar di luar ruangan dan rasakan manfaatnya.

Bergeraklah!

Sumber: classicalmpr.org

Sudah bukan rahasia umum lagi bila berolahraga adalah cara terbaik untuk meningkatkan energi. Meski Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya, setidaknya lakukan gerakan-gerakan ringan, seperti berjalan, meregangkan tubuh, naik turun tangga, hingga berlari-lari kecil.

Kegiatan tersebut berefek pada pikiran jadi lebih rileks, energi mulai terbangun kembali, hingga perasaan lega. Di samping itu, gerakan kecil juga menjadi solusi tepat untuk Anda yang ingin membakar lemak.

Buatlah diri Anda bahagia setiap hari. Sebab pikiran yang happy akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Jadi pilih tips mana dulu untuk menciptakan kebahagiaan?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This