7 Cara Menghemat Biaya Perawatan Medis

Sumber: cnbc.com

Grapadinews.co.id – Biaya hidup jauh lebih besar dari makan. Maka tidak heran bila setiap orang dituntut untuk bisa mengatur keuangan agar tidak terjadi ketimpangan antara pemasukan dan pengeluaran. Dari semua dana, salah satu yang perlu disiapkan yakni biaya darurat. Nantinya bisa digunakan untuk berobat ketika sakit atau mengalami hal-hal tidak terduga.

Namun demikian semakin bertambahnya usia, maka kondisi kesehatan semakin menurun. Mau tidak mau, dana darurat digunakan untuk pengobatan secara terus-menerus. Menurut penelitian Centers for Medicare and Medicare Services, pada tahun 2012 orang-orang yang berusia 65 tahun atau lebih tua setidaknya menghabiskan 300 ribu untuk perawatan.

Ketika biaya perawatan kesehatan terus membengkak, orang akan lebih banyak merogoh kocek dalam untuk biaya perawatan. Namun ada cara terbaik untuk meredam itu, Ikuti strateginya di bawah ini!

Pilih paket yang tepat

Sumber: trustlife.ca

Intinya untuk memangkas biaya perawatan haus memilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saja dalam pusat kesehatan, paket tersedia mulai A, B, dan C. Masing-masing memiliki premi yang disesuaikan dengan layanan yang akan diberikan, dokter, hingga rumah sakit. Jika dalam keadaan sehat namun hanya ingin memeriksakan, sebaiknya pilih yang harganya terendah saja.

Bermain-main dengan deductible layanan asuransi

Sumber: ciotechie.com

Jika Anda memiliki asuransi kesehatan baik swasta maupun milik negara, maka akan lebih baik bila mengkombinasikan keduanya dan tahu cara kerja dari masing-masing fasilitas tersebut. Manfaatkan deductible untuk menjadwalkan prosedur medis. Bisa menggunakannya untuk tahun ini atau tunda hingga ke tahun berikutnya.

Hindari biaya tambahan

Sumber: usnews.com

Setiap orang menginginkan pemeriksaan terbaik. Mereka memilih dokter yang tepat untuk menangani. Hal itu wajar saja. Namun ketika telah sampai pada jadwal, pilihan mulai goyah dan justru menginginkan beberapa dokter untuk perawatan kesehatan keseluruhan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya tetapkan satu pilihan dan sesuaikan dengan apa yang dikeluhkan.

Baca Juga  Memilih Micro House Sebagai Investasi Properti Generasi Milenial

Lebih baik perawatan pencegahan

Sumber: myfamilyhomehealthcare.com

Kini banyak layanan kesehatan preventif yang tersedia untuk rencana kesehatan tanpa biaya tambahan. Setidaknya pasien akan menerima suntikan agar terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti flu, hepatitis, pneumococcus dan lain sebagainya.

Di samping itu, perokok juga bisa mendapatkan konseling sebagai bonus. Ada pula medical center yang memberikan fasilitas pemeriksaan segala jenis kanker. Semua itu bahkan tanpa biaya tambahan.

Fokus pada melatih kebugaran

Sumber: cpnc.com

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Maka tidak ada yang lebih menguntungkan selain menjaga kebugaran untuk menghindari pembengkakakn biaya kesehatan. Perawatan penyakit kronis dan obesitas banyak menghabiskan biaya.

Menurut sebuah studi pada tahun 2009, biaya medis orang yang kelebihan berat badan sekitar 42% lebih tinggi daripada orang dengan berat badan normal. Sementara itu, kini pasien sering mengeluhkan hal tersebut.

Pastikan opsi kedua

Sumber: caringpeopleinc.com

Ada banyak pertimbangan sebelum memulai perawatan medis. Tim dokter tidak serta merta menyarankan operasi bila tidak diiringi dengan riwayat kesehatan, keluhan hingga pemeriksaan intensif untuk memastikan. Sementara itu pasien ingin segera keluhannya cepat selesai. Padahal kadang tidak begitu dibutuhkan, mereka hanya butuh istirahat dan rawat jalan.

Jika meminta operasi maka secara otomatis biaya juga bertambah. Untuk itu, sebelum menjalani tes atau perawatan mahal patutnya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar bisa mendapatkan perspektif baru tentang kondisi.

Potongan harga untuk perawatan gigi

Sumber: psychcentral.com

Banyak paket asuransi kesehatan, namun sebagian besar tidak termasuk layanan gigi. Sementara diketahui bila untuk satu ini biayanya tidaklah main-main. Tapi tenang saja, sebab kini ada cara untuk memotong biaya.

Biasanya poli gigi dari rumah sakit universitas atau instansi pendidikan memberikan perawatan gratis dan berbiaya rendah. Di samping itu, departemen kesehatan juga terkadang memberikan biaya lebih murah dan diperuntukkan untuk seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga  Melirik Jajanan 90-an yang Sedang Trend di kalangan Pengusaha

Biaya pengobatan tidaklah main-main. Itulah sebabnya setiap orang dituntut untuk menjaga kesehatan agar tidak membuang dana terlalu banyak itu. Mari bersama-sama peduli akan gaya hidup sehat mulai dari sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This