6 Tips Membangun Kesehatan Dengan Menjaga Pola Makan Dari Ahli Gizi

6 Tips Membangun Kesehatan Dengan Menjaga Pola Makan Dari Ahli Gizi

Sumber: happyfamilyorganics.com

Grapadinews.co.id – Kesehatan merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan. Ketika tubuh mulai lemah dan sakit, maka segala aktivitas juga akan terbengkalai. Belum lagi harus menyisihkan sebagian uang untuk biaya pengobatan, sementara Anda sebenarnya sudah mengalokasikannya untuk keperluan lain. Oleh sebab itu, siapapun dan apapun profesinya harus sadar akan pentingnya hidup sehat.

Salah satu awalan untuk memulai hidup sehat yakni dari makanan. Apapun yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna oleh lambung. Gizi seperti vitamin, mineral, protein dan lain sebagainya diserap oleh dinding usus halus yang kemudian disalurkan kepada organ tubuh yang membutuhkan melalui darah. Secara keseluruhan dari atas kepala hingga kaki bergantung pada apa yang dimakan.

Untuk itulah, di samping olahraga rutin Anda juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Seorang ahli gizi seperti dkutip dari Health.com telah menangani beregam pasien mulai dari wanita hamil, anak-anak, atlet, penderitas obesitas, kurang gizi dan lain sebagainya. Selama itu, ia telah mempelajari banyak hal tentang paduan pemenuhan nutrisi untuk tubuh. Berikut ini merupakan 6 prinsip yang diterapkan olehnya!

Makanan sehat bukan makan sepuasnya

Sumber: thedoctorweighsin.com

Studi menunjukkan bahwa secara tidak sadar orang akan cenderung makan banyak ketika meyakini bahwa makanan tersebut sehat. Ketika mereka mengalami kelebihan berat badan akan melakukan diet ketat yang berkualitas tinggi. Maka tidak heran kemudian dipilihlah mengkonsumsi buah, sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat sebagai cara untuk mengaplikasikan pola hidup sehat.

Secara berulang-ulang mereka mengkonsumsi ragam makanan tersebut bahkan setiap hari. Alasannya tentu karena itu semua menyehatkan. Namun demikian, tanpa disadari justru menjadi pemicu. Seporsi hari ini akan membuat berat badan bertambah. Bahkan makanan sehat pun dapat berkontribusi terhadap overweight karena tetap saja ada kandungan kalori di dalamnya.

Baca Juga  Berbagi Kisah, Kunci Bahagia Dalam Hidup

Dengan demikian alangkah lebih baik bila memperhatikan seberapa banyak makanan yang dikonsumsi dibandingkan dengan yang direkomendasikan. Tetap atur semuanya dan pilih yang terbaik untuk tubuh, namun juga tidak terlalu berlebihan.

Pikirkan kemajuan, bukan kesempurnaan

Sumber: www.berkeleywellness.com

Makan sehat adalah perjalanan seumur hidup, jadi penting memiliki rencana untuk mencari jalan terbaik demi kesehatan. Para ahli gizi telah membuktikan bahwa setiap orang melakukan diet dan rutinitas kebugaran pada waktu tertentu. Sebagian besar mungkin akan langsung panik saat makan pizza dan es krim. Sebab keduanya memiliki jumlah kalori yang banyak. Tapi tenang saja, itu tidak akan membuat hidup Anda singkat begitu saja.

Mereka yang mengatur pola makan dengan baik dan mempertahankan berat badan seumur hidup akan mengalami penurunan semangat. Namun tetap, kepedulian terhadap kesehatan tubuh terus dipupuk dan diaplikasikan mesti terkadang up and down. Penyakit hati atau diabetes tipe 2 tidak akan berkembang dari apa yang dimakan setiap hari, minggu atau bulan.

Kondisi tersebut biasanya akan terjadi karena efek kurangnya olahraga, pola makan, penggunaan tembakau dan masih banyak lagi lainnya. Jadi, Anda tidak perlu membatasi harus makan apa, tetap konsumsi yang disukai hanya saja atur polanya.

Mulai buat trik

Sumber: www.heart.org

Tahukah Anda, studi membuktikan bila setiap harinya manusia memiliki 200 pilihan tentang apa yang ingin dikonsumsi setiap harinya? Jika membiarkan hal tersebut, maka akan cenderung makan berlebihan. Namun demikian jika memiliki rencana apa, dan kapan saja utuk memulai, maka semuanya bisa dibatasi.

Penelitian penurunan berat badan memfokuskan pada segala macam pilihan makanan yang biasanya muncul dalam pikiran atau membuat opsi lain yang lebih sehat, sehingga Anda bisa meredam keinginan. Untuk melakukan ini, para peneliti merekomendasikan beberapa tips. Pertama pastikan untuk tidur cukup tanpa mendengkur, sebab tenaga akan mudah habis dan cenderung lapar saat bangun. Kedua, simpan makanan sehat dalam lemari baik itu berat maupun ringan.

Baca Juga  Sering Kerja Lembur, Buat Hari di Kantor Menyenangkan Dengan Tips Berikut

Pilih makanan ringan

Sumber: businessinsider.com

Makanan ringan biasanya identik dengan nabati. Menurut Centers of Disease Control and Prevention (CDC), sekitar 90% orang Amerika tidak memenuhi porsi yang disarankan setiap hari. Normalnya, kebutuhan gizi serta vitamin manusia dapat terpenuhi apabila mengkonsumsi setidaknya 1,5 hingga 2 cangkir buah dan 3 cangkir sayuran per harinya.

Menu nabati secara alami mengandung serat, vitamin dan nutrisi, ditambah lagi dapat menjaga tubuh dari kalori, gula dan lemak jenuh berlebih. Apapun jenis makanan yang dikonsumsi, pastikan agar mengisi setengah piring dengan sayur maupun buah. Kemudian, siapkan tomat serta kacang-kacangan untuk pemenuhan protein serta mineral.

Hindari suplemen berlebih

Sumber: easyhealthoptions.com

Orang-orang dengan multi aktivitas sehai-harinya cenderung memilih suplemen untuk menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh. Diperkirakan bahwa lebih dari setengan orang Amerika menggantungkan pada produk tersebut untuk meningkatkan stamina dan kebugaran. Namun, menurut Institutes of Health Office of Dietari Suplements, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa suplemen dapat membantu menyehatkan tubuh. Justru pada beberapa kasus dapat mengakibatkan risiko penyakit.

Banyak beredar di pasaran suplemen yang mengklaim dapat meningkatkan energi, membakar lemak perut, menjaga otak tetap tajam atau menghindari serta menyembuhkan segala penyakit kronis. Padahal, hingga kini tidak ada jaminan untuk itu dan belum ada penelitian yang membuktikan.

Konsumsi karbohidrat secukupnya

Sumber: www.parents.com

Beberapa berpikir bila karbohidrat mengandung kadar gula tinggi yang bisa membuat berat badan bertambah. Tidak ayal jika mereka yang ingin diet justru menghindari jenis makanan tersebut. Akan tetapi, diet rendah karbohidrat sulit diikuti dalam jangka panjang dan mengkonsumsi kandungan ini lebih baik daripada tidak.

Walau bagaimanapun tubuh membutuhkan jumlah karbohidrat yang cukup setiap harinya untuk mengisi otot dan otak. Namun demikian, jenis karbo yang ada pada soda dan kue secara metabolik berbeda dengan yang terdapat di kacang atau beras merah.

Baca Juga  Temui 9 Sikap Karyawan Tak Wajar, Perusahaan Berhak Pecat

Anda bisa mengkonsumsi karbo sehat dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Semua itu cukup memberikan energi dan mempertahankan berat badan.

Jadi, kesehatan adalah faktor utama yang harus dijaga selama hidup. Meski disibukkan dengan urusan bisnis, namun jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan bergizi, ya. Jika ada keluhan bisa di konsultasikan ke Praktek Dokter Griya Karawaci

Praktek dokter Curug Tangerang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This