6 Langkah Memulai Proyek Bangunan Sesuai Anggaran

Sumber: arsitekpro.com

Grapadinews.co.id – Memulai proyek bangunan harus melalui langkah per langkah. Proses perencanaan membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menyiapkan segala sesuatunya. Sebab pada praktiknya, proyek ini menyangkut beberapa aspek penting.

Namun dalam persiapa sebenarnya tidak begitu rumit. Anda bisa ikuti tahap-tahap berikut ini untuk memulai proyek bangunan!

Pilih desainer profesional

Sumber: arsitag.com

Untuk membuat rencana dan rancangan yang terperinci, sebagian orang memilih untuk menyewa jasa arsitek atau desain interior. Jobdesk mereka berbeda-beda, ada yang mengerjakan proyek namun tidak melibatkan pekerjaan struktural tambahan, ada pula yang menawarkan bantuan memilih material sampai warnanya.

Memilih desainer atau arsitek dimulai dengan pertemuan langsung. Biasanya perjanjian bisa langsung ditepati atau menunggu selama beberapa minggu. Nantinya Anda bisa mengungkapkan keininan terhadap desain rumah dan interior, sementara mereka memberikan solusi-solusi untuk keinginan tersebut.

Penting juga untuk memikirkan anggaran yang disesuaikan dengan rancana proyek. Dengan demikian desain yang diinginkan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Buat rencana

Sumber: www.rumahhokie.com

Setelah memilih perusahaan yang akan menangani proyek rumah, saatnya untuk membuat rencana. Setidaknya Anda harus menyiapkan dua sampai tiga pilihan untuk kemudian dikonsultasikan kembali dengan arsitek atau desainer interior.

Rencana tersebut dituangkan ke dalam desain skematik. Kemudian melibatkan tata letak, denah, dan beberapa tampilan sederhana eksterior rumah. Butuh waktu bagi mereka untuk menyelesaikannya, biasanya menghabiskan waktu satu atau dua minggu. Pada proyek yang lebih besar atau pemilik rumah menginginkan perubahan atau tambahan pada skema, maka akan memakan waktu beberapa bulan untuk realisasi desainnya.

Berdiskusi dengan kontraktor

Sumber: economy.okezone.com

Setelah desain skematik dipilih, mulai ada ide tambahan tentang bagaimana rumah terlihat dari luar, posisi, hingga beberapa detail penting. Dari beberapa gagasan yang dikemukakan tersebut, biasanya pemilik rumah juga harus menyiapkan anggaran tambahan.

Baca Juga  9 Langkah Perusahaan Dorong Inovasi di Tengah Pergeseran Zaman

Kontraktor juga sering diminta untuk memperkirakan desain skematik. Namun klien harus menunggu dua hingga tiga minggu untuk hasilnya. Setelah itu, Anda bisa mengunjungi kantor mereka untuk berbicara lebih lanjut tentang proyek yang akan dijalankan nantinya.

Material bisa dibeli sendiri dengan pengawasan

Sumber: celebmafia.com

Dalam proyek bangunan, Anda bisa memilih material sendiri, bisa meminta bantuan arsitek atau kontraktor. Namun semuanya perlu disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Sebab mereka pasti menginginkan yang terbaik untuk kliennya, jadi biasanya bahan dan detail akan dipilih yang benar-benar bagus.

Tidak perlu terburu-buru dalam berbelanja material, setidaknya butuh waktu satu atau dua bulan untuk memilih yang terbaik. Sementara Anda berbelanja di bawah pengawasan mereka, kontraktor dan arsitek menyelesaikan gambar konstruksi, sampai mengurus perizinan. Jika berjalan dengan baik, maka semuanya bisa terselesaikan secara bersamaan.

Mengurus perizinan

Sumber: www.lifull.id

Mendirikan sebuah  bangunan tidak serta merta langsung dibangun dan ditinggali. Sebelumnya, Anda juga perlu mengurus perizinan ke badan terkait. Oleh sebab itu tentukan terlebih dahulu ruang lingkup proyek dan di mana lokasinya. Setelah izin keluar, barulah bisa mendirikan bangunan yang diinginkan.

Kontrak dengan kontraktor

Sumber: blog.ub.ac.id

Setelah izin keluar dan semua material telah dipilih, maka kini saatnya untuk menetapkan harga dengan jasa kontraktor. Biaya yang dikeluarkan juga tergantung dari rumitnya bangunan, waktu yang ditetapkan untuk menyelesaikan hingga lokasi dari proyek tersebut.

Mereka yang menginginkan harga lebih biasanya sesuai dengan hasilnya. Namun Anda juga perlu melakukan beberapa penawaran untuk mendapatkan harga terbaik dari jasa mereka.

Pada proses perencanaan proyek bangunan, penting juga untuk mempersiapkan anggaran yang disesuaikan. Biaya tersebut mempengaruhi bagus tidaknya bahan bangunan, kecepatan kerja dari tim, hingga kualitas bangunan saat jadi nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This