6 Cara Mengembangkan Bisnis di Tengah Persaingan Ketat


0
8 shares
Spread the love

Grapadinews.co.id – Dunia bisnis semakin berkembang pesat di belahan dunia mana pun, termasuk Indonesia. Perusahaan, usaha menengah hingga kecil berlomba-lomba meningkatkan usahanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Di samping itu, tujuan lainnya yakni sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan.

Kendati demikian, bisnis tidak dapat dilakukan tanpa perencanaan matang. Setiap aspek di dalamnya harus saling bersinergi untuk bersama-sama dibangun dan dikembangkan. Lantas bagaimana cara mengembangkannya agar tetap bertahan di tengah persaingan yang begitu ketat?

  1. 1 Perencanaan matang

    Sumber: www.kerjayuk.com

    Suatu bisnis perlu direncanakan terlebih dahulu sebelum memulai proses produksi atau pelaksanaan proyek. Rencana harus meliputi setiap aspek dan detail agar nantinya dapat berjalan bersamaan. Adapun yang masuk dalam tahap planning, mulai dari keuangan, produk/jasa/proyek apa yang akan dibuat, jumlah dana atau modal, siapa yang akan menangani, bagaimana dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat, perizinan, hingga siapakah sasaran pasarnya. 

    Perencanaan yang matang akan menentukan jalannya suatu bisnis kedepan. Anda perlu memikirkan dengan baik tentang usaha yang akan dijalankan untuk kemudian dikembangkan. 

  2. 2 Ketahui siapa customer Anda

    Sumber: www.kerjayuk.com

    Selain untuk mendapatkan keuntungan, bisnis dibangun untuk memuaskan masyarakat dalam hal kebutuhan. Barang, jasa dan proyek yang dilakukan semuanya diperuntukkan mereka yang tidak lain adalah customer. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaannya haruslah mengetahui terlebih dahulu siapakah pangsa pasar atau sasaran pasar yang dituju. Apakah untuk laki-laki atau perempuan, dewasa, remaja atau anak-anak? 

    Mengerti siapa customer membantu dalam memenuhi kebutuhan mereka dan mengembangkan produk yang dibuat. Anda dapat mengetahui selera mereka melalui feedback dan survey langsung di lapangan. Dengan demikian, bisnis yang dilaksanakan tepat sasaran. 

  3. 3 Pelayanan baik terhadap customer

    Sumber: www.go4customer.com

    Pelanggan adalah raja. Suatu bisnis akan terus berkembang karena adanya penjualan yang terus meningkat. Sementara selling ini menitik beratkan pada customer yang menjadi tujuan utamanya. Produk harus mengikuti selera mereka. 

    Sebab mereka adalah sasaran utama, maka sudah sepatutnya pelaku usaha harus melakukan pelayanan baik. Biasanya dimasukkan dalam SOP perusahaan, sehingga menjadi peraturan tetap yang harus ditaati oleh seluruh karyawannya. Kesepakatan terhadap pelayanan baik ini akan memuaskan customer, sehingga mereka merekomendasikan produk atau jasa Anda yang kemudian berdampak pada perkembangan usaha. 

  4. 4 Menjaga pelanggan dan mencari peluang baru

    Sumber: www.theconversation.com

    Berhubungan baik dengan pelanggan dapat memelihara relasi. Di samping itu, bisnis yang dijalankan juga tetap berkembang karena peran penting customer yang selalu mendukung penuh. Bersamaan dengan hal tersebut, Anda harus mencari peluang baru untuk mendapatkan lebih banyak referensi terkait usaha/produk/jasa apalagi yang akan dikembangkan. 

    Referensi bisnis dapat dicari melalui banyak cara, seperi survey langsung di lapangan, membagikan kuisioner kepada masyarakat, hingga mengamati selera mereka. Apalagi kini di era modern, media sosial dapat membantu dalam mencari peluang bisnis selanjutnya. 

  5. 5 Menggunakan sosial media

    Sumber: www.digitalentrepreneur.id

    Era yang semakin maju, memungkinkan teknologi juga mengekspansi seluruh kehidupan masyarakat. Kemajuan digital membantu mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari berbelanja, mengerjakan tugas sekolah, kuliah atau pekerjaan, presentasi, olahraga, dan lain sebagainya. 

    Di samping itu, munculnya media sosial juga memungkinkan mereka untuk berkomunikasi jarak jauh, menonton video, hingga menjalankan bisnis. Kini social media merupakan alat yang ampuh untuk mempromosikan bisnis kepada calon pelanggan. 

    Melalui media sosial, Anda juga dapat mengetahui apa yang dikatakan oleh pelanggan, mengamati perilaku hingga selera mereka, mengidentifikasi tren apa yang sedang booming. Poin-poin tersebut nantinya digunakan untuk meningkatkan pelayanan. Tambahan lagi, social media juga membantu dalam membangun profil bisnis dan menarik customer baru. 

  6. 6 Membangun komunitas


    Membangun komunitas adalah hal penting untuk mengumpulkan pelanggan-pelanggan tetap yang sudah setia dengan bisnis Anda. Mengumpulkan mereka dalam satu kelompok membantu dalam mempermudah penjualan dan menarik customer baru. 

    Dalam komunitas biasanya dibuat suatu forum untuk membahas produk dari usaha Anda. Tidak hanya itu, bahkan bisa juga untuk bertukar pikiran, mencari jalan keluar atas kendala, dan lain sebagainya. Dengan cara ini pula dapat diketahui apa yang seharusnya diperbaiki dari bisnis dan bagaimana selera mereka kini. 

    Mengembangkan bisnis perlu dilakukan suatu pengamatan dan survey langsung di lapangan. Baik itu yang berupa operasional, maupun non. Di samping itu, perilaku customer juga menjadi poin penting karena usaha dibuat untuk memenuhi kebutuhan mereka.


Like it? Share with your friends!

0
8 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals