5 Tips Tingkatkan Kesehatan Anggota Tim


0
Spread the love
Sumber: alphagamma.eu

Grapadinews.co.id – Kerja sama merupakan sikap yang dianjurkan oleh Islam. Budaya berekrja secara tim akan membentuk suatu benteng yang kuat. Beberapa wacana membahas terkait hal ini karena dinilai lebih efektif dan dapat meningkatkan efisiensi di tempat kerja. Cara ini juga dinilai ampuh untuk meraih kesuksesan serta tujuan.

Namun demikian, kerja sama membutuhkan keaktifan serta sumbangsih dari masing-masing anggota. Ide yang terkumpul akan dibahas satu per satu untuk kemudian dipilih manakah yang terbaik. Tidak heran bila langkah ini memang memberikan manfaat baik bagi perusahaan maupun para karyawan.

Akan tetapi, kerja sama sering terhambat dikarenakan masalah kesehatan anggotanya. Pikiran melemah, mudah mengantuk, pusing hingga energi yang mudah terkuras. Faktor-faktor inilah yang menjadikan kerja tim juga turut melambat. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya untuk menjaga tubuh dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat. Bagaimana caranya?

Meeting outdoor

Sumber: blog.sundialgroup.com

Menerapkan meeting di luar ruangan sama halnya dengan memperkenalkan tim pada situasi baru yang lebih fresh. Cara ini dinilai dapat mengurangi perilaku tidak aktif dan mengubahnya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Harvard Business Review melaporkan bahwa meeting outdoor adalah kondisi di mana semua tim berkumpul pada suatu tempat terbuka. Menariknya, langkah tersebut justru memberikan banyak manfaat.

Anggota tim yang terlibat dalam meeting outdoor dilaporkan lebih menjadi kreatif dari pekerjaan mereka. Hasil survei menunjukkan bahwa pertemuan ini meningkatkan sistem kognitif atau fokus saat bekerja. Lebih-lebih bila dilakukan sambil berjalan kaki.

Dalam survei tersebut juga disebut bahwa 8,5% pejalan kaki melaporkan tingkat keterlibatan kerja mereka lebih tinggi. Sementara itu, penelitian dari Psychology Today menemukan bahwa meeting di tempat terbuka sambil berjalan dapat meningkatkan kreativitas dan pemikiran yang berbeda, di mana mereka secara independen mudah membentuk brainstorming.

DI sisi lain, studi menemukan pertemuan dengna cara itu meningkatkan kreativitas 60%. Pada intinya, ambillah sesuatu yang berbeda untuk mempertahankan kekereativitasan. Meski meeting outdoor hingga jalan kaki terlihat tidak praktis, namun sebenarnya ini adalah cara bagus untuk memperkenalkan tim pada gaya hidup sehat dan aktif.

Bikin tantangan seru

Sumber: www.dolcelahulpe.com

Seringkali diskusi tim sangatlah membosankan. Sebab pada intinya mereka serius membahas pekerjaan. Situasi ini justru membuat anggota yang hadir mudah lelah serta mengantuk. Kini saatnya mengubah konsep tersebut dengan hal-hal yang lebih seru.

Buat tantangan yang melibatkan seluruh anggota tim. Langkah ini baik untuk menumbuhkan kerja sama, komunikasi dan awal yang baik untuk memulai percakapan sederhana yang lebih sehat di tempat kerja. Anda bisa membuat challenge menggerakkan tubuh setiap berapa menit sekali.

Tubuh yang selalu bergerak secara otomatis akan meningkatkan metabolisme, pembakaran kalori harian dan energi. Lakukan kegiatan ini selama satu hingga dua minggu. Kemudian ketahui manfaat setelahnya.

Ketersediaan air

Sumber: www.freepik.com

Menurut penelitian, tubuh yang kekurangan cairan akan lebih mudah lelah, mengantuk dan berat untuk berpikir. Hal tersebut dikarenakan pasokan air yang tidak sampai ke otak, sehingga membuat peredaran darah terhambat, metabolisme melemah dan penyerapan nutrisi tidak maksimal.

Maka ketika dalam meeting, pastikan untuk meminta tim menyediakan air secukupnya. Kemudian buat daftar nama dengan catatan berapa gelas yang telah dikonsumsi per harinya. Cara ini membantu dalam meningkatkan konsentrasi, fokus serta perhatian.

Saling berbagi makanan

Sumber: rieea.org

Pernah tidak mendengar istilah potluck? Ya, di mana masing-masing anggota membawa makanan dan kemudian disantap bersama. Anda bisa bertukar menu untuk mencicipi rasa yang berbeda. Sayangnya, sebagian besar pekerja kantor lebih memilih makanan junkfood karena dinilai praktis dan cepat.

Sebagai anggota tim, kini saatnya untuk mengubah dengan pola hidup sehat. Pastikan agar masing-masing membawa menu-menu bernutrisi, seperti buah, sayur mayur, ikan-ikanan hingga daging segar. Lantas santap bersama-sama setiap meeting. Selain menumbuhkan rasa kebersamaan, tips ini juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Menambahkan pendidikan kebugaran

Sumber: blog.growfitter.com

Tips ini memang masih jarang diaplikasikan. Namun ada baiknya untuk memasukkan pendidikan kebugaran dalam tim. Kalian bisa saling sharing seputar kesehatan, buku, olahraga, dan masih banyak lagi lainnya.

Kebugaran tidak hanya didapatkan dari latihan secara fisik, tetapi juga jiwa yang sehat. Maka ketika ada waktu kosong, ajak mereka untuk keluar sekadar menikmati hari sembari berpiknik ria. Atau siapkan jadwal satu minggu sekali untuk diskusi buku atau film. Langkah ini dapat menjadi pemicu semangat dan meningkatkan efektivitas bekerja.

Itulah tadi deretan meningkatkan kerja sama tim yang efektif. Kesehatan anggota akan berdampak pada pekerjaan, maka pastikan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan berpikir positif.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals