5 Strategi Pemasaran Mudah Minimalisir Pengeluaran


0
1 share
Spread the love

Sumber: digitalvalley.io

Grapadinews.co.id – Produksi tanpa pemasaran sama halnya dengan menjual barang sia-sia. Baik usaha kecil maupun besar memerlukan teknik promo yang menarik untuk mengenalkan produk kepada pasar. Apalagi dengan adanya teknologi memungkinkan perusahaan untuk memasarkan secara mudah tanpa harus door to door lagi. 

Lantas media apa saja yang praktis dan memudahkan pelaku bisnis dalam memasarkan produk?

  1. 1 Iklan Facebook

    Sumber: blog.bufferapp.com

    Dua juta bisnis baik kecil hingga menengah mengiklankan produk pada Facebook. Jika Anda berpikir bila memasang iklan bisa menambah biaya, justru ternyata promo di media sosial tersebut tidaklah mahal. Bahkan bisa jadi langkah efektif untuk memasarkan produk secara virtual pada orang di seluruh dunia. 

    Facebook memiliki target pembaca spesifik yang dibagi berdasarkan lokasi, minat, usia, jenis kelamin, dan masih banyak lagi faktor lainnya. Facebook Ads Manager juga mudah digunakan dan cukup sederhana, yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan melalui teknik yang praktis. 

  2. 2 Google My Business

    Sumber: searchengineland.com

    Google My Business (GMB) adalah cara online terbaik dan paling kuat untuk mempromosikan bisnis. Bahkan jika Anda mentargetkan pada klien mancanegara, cara ini adalah yang paling tepat. Nantinya saat mengetikkan nama perusahaan atau toko pada laman awal, maka akan muncul tiga opsi teratas yang langsung memuat di mana lokasinya, feedback dari konsumen, dan petunjuk arah. 

    Langkah ini begitu mudah tanpa harus merogoh kocek dalam untuk memasang iklan. Google My Business menggabungkan semua platform Google yang berbeda, mencakup Google+, Google Maps, Google Review, Google Analytics, Google Insight, dan lain sebagainya. 

    Nah, apabila Anda punya nama brand yang unik, maka kemungkinan akan selalu berada di laman pertama dan teratas sehingga memungkinkan peselancar menemukannya. Hanya dengan mengisi serta pengoptimalkan profil, kumpulkan ulasan, maka bisnis akan lebih muda tersebar luas. 

  3. 3 Google Adwords

    Sumber: www.hallaminternet.com

    Ada lebih dari 40.000 permintaan pencarian di Google setiap detiknya. Google Adwords adalah semacam saluran pemasaran online berbayar dengan biaya pemasangan cukup mahal. Namun demikian memberikan hasil pencarian yang relevan kepada pengguna.

    Bagi perusahaan yang tidak menggunakan sistem SEO, mungkin cara ini mudah dan murah. Nantinya Google memberikan skor kualitas untuk iklan tergantung pada Clik Through Rate atau Rasio Tayang per klik. Sistem ini menjadi faktor dalam peningkatan penawaran pada bisnis. 

    Melalui Google Adwords, laman bisnis jadi lebih mudah ditemukan dan di pilih oleh calon konsumen. Sebab letaknya pun bearda di laman pertama bagian atas. Tidak perlu bingung memikirkan SEO, sebab Google telah menyediakan semuanya. 

  4. 4 Iklan Instagram

    Sumber: quarterlab.com

    Survey membuktikan bila 67% pelanggan berasal dari media sosial Instagram. Maka, mempromosikan bisnis melaluinya merupakan pilihan tepat. Meski banyak pesaing, namun promosi di platform tersebut tidak ada matinya. 

    Untuk memulai pemasaran, sebaiknya buatlah akun Instagram yang dilengkapi dengan foto produk menarik, biografi singkat perusahaan dan follower yang menjadi sasaran utama. Melalui platform ini, Anda digiring untuk menumbuhkan audiensi sosial. Namun tenang saja, kini sudah banyak bisnis jual beli follower untuk mempermudah dalam menyerap pengikut. 

    Terlebih kini Instagram telah dilengkapi dengan fitur sponsored atau pemasangan iklan yang memudahkan bisnis diketahui oleh banyak orang di seluruh dunia. Dengan demikian, pengguna dengan mudah memencet tombol iklan yang dipasang dan digiring pada akun Anda. Semakin banyak orang yang melihat dan mengikuti, maka permintaan juga makin berkembang. 

  5. 5 Email marketing

    Sumber: blog.hotmart.com

    Meski banyak bermunculan medial sosial yang menyediakan beragam fitur, namun email tetap menjadi perangkat online dengan konversi tertinggi. Selian untuk mengirim dan menerima pesan, kini dibuat fitur baru yang menarik untuk para pebisnis. 

    Selain mendapatkan surat masuk, pengguna juga mendapatkan email berupa promosi produk. Pemberitahuan biasanya muncul pada pilihan promotion dan memungkinkan user untuk membukanya. Email marketing bersifat lebih personal karena promo langsung dkirimkan pada masing-masing kotak masuk calon konsumen. 

    Kemudahan yang diberikan dalam pemasaran kini membuat perusahaan lebih menghemat biaya pengeluaran. Terlebih, pangsa pasar lebih luas karena melalui beberapa platform di internet yang memudahkan siapa saja untuk melihat.



Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals