5 Mesin Canggih Geser Produktivitas Manusia


0
Spread the love
Sumber: www.youtube.com

Grapadinews.co.id – Sadarkah Anda bila sebagian besar aktivitas sehari-hari kini dilakukan oleh mesin? Mulai dari mencuci, mengetik, membersihkan lantai, mencetak buku hingga memproduksi tekstil dilakukan dengan alat.

Teknologi dan perkembangannya membawa manusia pada peradaban baru. Mereka tidak perlu lagi mengerjakan segala sesuatunya secara manual, waktu lebih dipersingkat dan lebih hemat tenaga. Bagi para pekerja kantor yang super sibuk, techno membantu dalam mempercepat segala aktivitas rumah dan pekerjaan.

Sementara bagi pabrik atau perusahaan, teknologi dapat mengurangi biaya produksi. Dengan adanya mesin, yang tidak mungkin menjadi mungkin. Namun demikian, keberadaannya justru mengkhawatirkan. Beberapa berspekulasi bahwa produktivitas manusia akan terancam.

Robot-robot telah diciptakan dengan segala fungsinya yang menyerupai manusia. Alat-alat produksi yang makin canggih dan segala aspek yang justru membuat keberadaan manusia tidak diperlukan. Pada acara Indo Intertex 2019 yang diselenggarakan di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat memamerkan beragam mesin canggih yang semakin menggeser fungsi manusia. Apa saja?

Mesin cetak gambar pakaian

Sumber: www.mrprint.com

PT Yesun Teknik Digital Printing Indonesia, sebuah perusahaan asal Cina meluncurkan mesin andalannya yakni Oval-Shade Auto Screen Printing Machine. Dengannya, mencetak gambar pada pakaian hanya membutuhkan waktu singkat.

Mesin yang diproduksi pada akhir 2017 ini berbentuk oval dengan ukuran sekitar 2 X 10 meter. Meski terbilang baru saja diproduksi, namun Oval-Shade terbukti mampu bisa memproduksi 700 pieces/jam. Selain itu, ada lebih dari 10 alat cetak yang bisa digunakan untuk sekali pengoperasian.

Walaupun sudah di-setting canggih, namun cara pengoperasiannya sangatlah mudah. Operator hanya perlu menekan tombol satu kali dan atur dalam waktu kurang lebih satu menit. Maka, mesin pun siap mencetak ratusan pieces dan hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

PT Yesun gencar mempromosikan mesin andalannya ini hingga ke benua Eropa. Beberapa negara mulai dari India, Australia hingga Austria telah menggunakannya dalam membantu proses produksi dan menghemat biaya. Harga mesin pun dibanderol dengan nilai yang cukup terjangkau, yakni di bawah satu miliar atau 800 hingga 900 juta rupiah. Apakah Anda berminat?

Mesin pelukis sepatu

Sumber: hongjet.com.my

Fashion merupakan salah satu industri yang terus hidup dari tahun ke tahun. Pembaharuan-pembaharuan gaya setiap musimnya selalu dinanti oleh para penggemar. Beragam model yang dipamerkan selalu sukses menyita perhatian.

Bagi sebagian besar orang, fashion merupakan bagian dari kehidupan. Sebab sejatinya pakaian termasuk kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi. Menilik prospek tinggi di bidang fesyen, para penggiat bisnis baik offline maupun online makin gencar memproduksi item-item terbaru dan berlomba-lomba menciptakan trendsetter.

Salah satu fashion item yang mencuri perhatian sejak beberapa waktu lalu bahkan hingga saat ini yakni sepatu lukis. Menggabungkan gaya kasual dari alas kaki kets dengan karya seni menciptakan sebuah produk yang bernilai tinggi.

Sepatu lukis banyak diminati karena memiliki ciri khas dan sesuatu yang unik. Berangkat dari sanalah, Hongjet Technology perusahaan asal Malaysia memproduksi mesin untuk mencetak gambar pada sepatu. Alat berwarna hijau ini memiliki kecepatan pengerjaan yang bukan main, yain 5 hingga 7 menit saja untuk sepatu berwarna putih. Lain halnya dengan footwear berwarna hitam yang membutuhkan waktu agak lama. Bisa dibayangkan bukan berapa barang yang siap dijual setiap harinya?

Syafiq, salah satu staf perusahaan mengatakan bahwa mesin tidak hanya untuk mencetak gambar pada sepatu tetapi juga bisa digunakan pula untuk kaus, jeans hingga tote bag. Jika biasanya mesin cetak tidak dapat menyesuaikan bagian mana yang akan digambar, namun halnya dengan milik Hongjet ini.

Keunggulan dari mesin buatan Malaysia tersebut yakni memiliki kemampuan untuk mengatur tinggi rendahnya barang yang hendak dicetak. Misal saja sepatu dapat diatur sedemikian rupa, sehingga print juga menyesuaikan sebelah mana. Intinya, dengan teknologi canggih ini Anda dapat membuat gambar pada fashion item sesuai keinginan. Buat jadi lebih kreatif juga, bukan?

Mesin bordir portable

Sumber: www.youtube.com

Pada umumnya mesin bordir memiliki ukuran yang cukup besar dan berat, sehingga pengguna hanya bisa menggunakannya di satu tempat saja. Namun teknologi menyulap benda tersebut menjadi lebih kecil, simpel dan praktis.

Mesin Entrepreneur Pro X PR1050X buatan perusahana Brother asal Jepang memiliki ukuran 1 X 1 meter. Alat tersebut didesain canggih dan mumpuni dengan memanfaatkan kemampuan digital yang memudahkan penggunanya.

Jovian, staff Brother mengatakan bila keunggulan dari mesin ini tidak kalah canggih dengan smartphone sebab telah dilengkapi dengan layar sentuh. Pengguna tetap bisa berkreativitas dengan pola-pola yang dibuat sendiri. Mereka bisa membantuk gambar yang akan dibordir pada layar tersebut, sehingga hasil tetap seperti yang diinginkan.

Di samping itu bagi pengguna yang tidak dapat menggambar, mesin dilengkapi dengan colokan USB untuk menghubungkan desain ke layar sentuh. Lebih lengkapnya, Jovian menerangkan bila monitor touch screen terhubung dengan perangkat seperti flash disk guna memudahkan pengguna mencetak pola seperti yang diinginkan.

Nilai plus lain dari mesin ini yaitu ukurannya yang kecil, sehingga memungkinkan dibawa kemana saja. Sedangkan kecepatannya tidak perlu diragukan lagi yakni 1000 s.p.m per menit. Dengan semua  fitur dan kecanggihan yang dimiliki, Entrepreneur hanya dibanderol seharga 169 juta rupiah.

Lubang kancing tercepat

Sumber: finance.detik.com

Bagi perusahaan koveksi atau bisnis yang bergerak di bidang fashion, waktu sangatlah berharga. Dalam sehari mereka dituntut menghasilkan ratusan hingga ribuan pieces pakaian. Terlebih kini didukung dengan marketplace dan media sosial, sehingga membuat mereka selalu kebanjiran orderan setiap harinya.

Maka untuk mengatasi waktu yang terbuang si-sia, perusahaan asal Cina bernama Supreme menawarkan mesin yang mampu membuat lubang kancing hanya dalam waktu 10 detik saja. Alat ini didesain dengan dua alat jahit di kanan dan kirinya. Kemudian pada bagian bawah terdapat bedal untuk mengoperasikan.

Dengan desain demikian, sekali menekan pedal bisa menghasilkan dua lubang. Sementara papan timbol di sisi kiri berguna untuk mengatur jarak serta lubang kancing. Mesin buatan Cina ini dijual dengan harga US$7.800 atau setara dengan 109 juta rupiah.

Deretan mesin di atas menjadi bukti bahwa teknologi membawa manusia pada kemudahan. Sisi positif yang bisa diambil yakni bagi perusahaan hal tersebut dapat mengurangi biaya produksi, meningkatkan jumlah produk, mempercepat pekerjaan, hingga penghematan biaya pegawai. Apakah Anda berminat memiliki salah satu dari alat di atas?

 

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals