5 Masalah Yang Akan Kamu Hadapi Kalau Terlibat Office Romance

Pernah terbayang enggak sih, terlibat office romance dengan rekan sejawat di kantor?  Office romance memang terkesan romantis dan lucu. Ditambah lagi karena bisa bertemu hampir setiap hari, jatuh cinta dengan rekan sekerja menjadikan semangat kerjamu terus on fight. Tapi, dibalik kisahnya yang chicklit abis dan bikin baper, sebenarnya hubungan ini juga rawan masalah, loh. Paling tidak ada lima masalah yang akan menghadangmu saat ingin menjalin kisah dengan rekan sekerja. 

Tingkat Kinerja Yang Terganggu

Alasan kenapa kebanyakan perusahaan melarang hubungan asmara antar karyawan adalah karena hubungan itu sedikit banyak akan mempengaruhi kinerja dan profesionalitas pelakunya. Walaupun kamu berusaha sekuat tenaga, masalah kinerja ini akan menghampirimu.

Misalnya, perusahaan dan tiap jabatan yang diemban karyawannya memiliki rahasia dan kode etik tersendiri. Office romance terutama dengan rekan sedivisi atau atasan langsung, membuat kalian akan rawan sekali dicurigai jika ada kebocoran rahasia atau terjadi masalah internal. 

Karena itu, jika kamu memang menjalin hubungan dengan rekan sekerja, usahakan jangan dengan atasan langsung atau rekan sedivisi. Dengan si dia yang divisinya ada hubungan kerja langsung denganmu juga sebaiknya tidak juga, deh.

Masalah Pribadi Dan Pekerjaan Rawan Tercampur

Apa yang akan terjadi kira-kira, jika kamu masih harus bekerja sama dengan pasangan sementara kalian sedang bertengkar hebat? Yakin kamu bisa memisahkan antara perasaan pribadi dengan masalah pekerjaan? Nyatanya tidak ada orang yang bisa mengabaikan seratus persen perasaan dan subjektivitasnya terhadap personel lain yang terlibat hubungan yang dalam dengannya. 

Jika kamu menjalin hubungan dengan rekan sekerja, saat kalian dalam mode perang, dikhawatirkan keputusan dan proses kerja kalian juga akan terpengaruh. Bukan hanya perusahaan yang dirugikan, bisa jadi rekan kerja yang lain juga akan terkena imbasnya, loh.

Jadi Sasaran Gosip

Nah, ini dia. Tidak ada kantor yang bebas seratus persen dari gosip. Kantor kecil sekalipun. Menjalin hubungan serius dengan rekan kerja berarti siap sedia menjadi sasaran gosip di kalangan internal kalian. Atau bisa jadi eksternal juga. kecuali kamu bisa mengacuhkan—benar-benar mengacuhkan—gosip dan rumor di antara kalian, tetap bersikap profesional tanpa terpengaruh pada perasaan dan anggapan orang lain.

Dalam kondisi normal dan baik-baik saja mungkin mudah, tapi ketika masalah mendera, terutama jika berhubungan dengan problem pekerjaan di kantor, maka kamu harus lebih kuat bertahan. Kamu siap?

Jika Kalian Putus, Karir Kamu Bakal Terpengaruh

Sebuah hubungan tidak selalu akan berakhir happily ever after seperti di novel romantis, walaupun jelas kita semua menginginkan akhir yang bahagia. Nah, seandainya kalian putus di tengah jalan, lalu masih harus bertemu setiap hari, apa kamu kuat? Baguslah kalau iya.

Karena selain bertemu, kalian juga harus tetap mengedepankan profesionalisme dan kinerja, tetap bersikap baik dan bekerja sama seperti tidak ada masalah apa-apa. Karena walau statusnya di hidup kamu adalah mantan, status kalian di kantor tetap rekan. Masalah lain juga timbul apabila dia sudah punya gandengan baru. Kamu harus ekstra kuat menghadapinya.

Siapa Yang Akan Resign?

Sebagian perusahaan mengizinkan karyawannya memiliki hubungan dekat, namun tidak mengizinkan keduanya tetap bekerja di sana ketika sudah menikah. Maka salah satu harus resign, atau jika perusahaan tersebut cukup besar dan memiliki banyak anak perusahaan atau cabang, maka salah satu harus pindah ke cabang atau anak perusahaan lain. Hal ini untuk menjaga kinerja dan kepentingan perusahaan juga.

Jadi, jika kamu dan dia memang sudah serius dan mulai mempersiapkan diri menuju pernikahan, pikirkan juga siapa di antara kalian yang akan resign. Siapa yang akan mengalah dan akan memulai karir di tempat lain. Khusus buat kamu yang wanita, jangan gegabah mengorbankan karir. Diskusikan dengan logis tentang hal ini. Jika kalian berdua sama-sama ingin bertahan, maka pikirkan kembali tentang hubungan ini.

Setelah membaca penjabaran di atas, apa kamu masih ingin menjalani office romance? Jika ya, maka persiapkan dan pertimbangkan segala hal dengan seksama. Semoga bermanfaat!

Baca Juga  Pacar Kamu Tipikal Ambekan? Nih, Alasan Cewek Suka Ngambek!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This