5 Manfaat Menikmati Alam Bebas untuk Kesehatan


0
Spread the love
Sumber: shutterstock.com

Grapadinews.co.id – Alam bebas memiliki pesona tersendiri untuk memikat para penggemarnya. Kegiatan seperti, memancing, naik gunung, ataupun berenang di laut bebas, ternyata memiliki begitu banyak manfaat. Bukan hanya sekadar disuguhi pemandangan indah nan menawan mata. Namun, aktivitas semacam itu mampu meningkatkan rasa bahagia yang akan sangat membantu dalam mengatur tingkat stres.

Sayangnya, zaman sekarang yang menuntut semua serba cepat membuat orang-orang enggan beranjak dari gadget-nya. Padahal sudah ada 100 penelitian lebih yang dilakukan para ahli untuk menunjang gerakan dekat dengan alam . Salah satunya research yang dilakukan oleh Michigan University menyatakan bahwa kegiatan di ruang terbuka mampu menurunkan tingkat stres.

Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat alam bebas untuk kesehatan. Semoga bermanfaat ya.

Meningkatkan Rasa Tenang

Sumber: shutterstock.com

Tuntutan pekerjaan ataupun masalah lain seringkali membuat pikiran jenuh. Jika dalam tahap demikian, Anda akan merasa lebih lelah dan efek buruknya dapat  menurunkan daya tahan tubuh karena banyaknya tekanan. Menurut Korchin, stres merupakan keadaan yang membuat mental seseorang tertekan karena banyaknya tekanan.

Dalam kondisi seperti itu tidak harus pergi ke psikolog ataupun minum obat penenang. Cukup luangkan waktu untuk duduk di pantai, sambil menikmati sunset. Biarkan angin sore menyapa wajah dan luapkan apapun yang sedang di rasakan.

Lebih semangat

Sumber: caliterraliving.com

Tidur menjadi salah satu alternatif utama yang sering dilakukan oleh siapapun ketika merasa lelah dengan semua tekanan kerjaan? Mungkin hal tersebut benar. Namun, ada yang perlu diketahui bahwa para ahli menyarankan agar tubuh harus terkena sinar matahari pagi untuk meningkatkan semangat. Selain itu, manfaat lainnya adalah meningkatkan pikiran positif. Semangat penuh tentu akan menambah tubuh menjadi segar.

Selayaknya meditasi

Sumber: thetimes.co.uk

Meditasi merupakan kegiatan yang sering dilakukan untuk menurunkan tingkat stres. Duduk bersila dalam ruangan nyaman, sambil mendengarkan lagu-lagu klasik yang menenangkan. Menurut peneliti di Jepang manfaat aktivitas tersebut didapat dari berjalan-jalan di alam terbuka. Hal ini dikarenakan penurunan aktivitas otak manusia di area korteks prefrontal. Jelas, efek yang ditimbulkan yakni tubuh akan lebih merasakan relaks dan tenang.

Meningkatkan rasa bahagia

Sumber: www.mnn.com

Sejatinya manusia senang dengan berbagai hal yang bersangkutan dengan energi positif. Memancing, menikmati angin, ataupun kegiatan lain yang dekat alam akan membuat bahagia. Dalam kondisi ini tubuh menurunkan horman Kortisol atau penyebab rasa tertekan .

Mempermudah menemukan inspirasi

Sumber: www.activekids.com

Inspirasi dibutuhkan oleh hampir semua manusia dan muncul dimanapun. JK. Rowling menemukan ide untuk menulis tentang seorang penyihir baik hati saat perjalanan pulang naik kereta api. Hingga muncullah novel Harry Potter yang terkenal sepanjang masa. Jadi, tidak ada salahnya luangkan waktu sebentar untuk menikmati pemandangan sawah, ataupun sekadar duduk di tepi pantai menemukan hal baru.

Sebenarnya tidak perlu bepergian jauh untuk menikmati keindahan alam terbuka. Cukup sediakan waktu luang sehabis pulang kerja. Duduk santai di depan teras sambil minum teh, merasakan angin sore yang bergerak pelan, memandangi langit yang masih biru, tersenyum kecil dan selamat merasakan kesegaran. (RM/ind)

 

 

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals