5 Langkah Tingkatkan Produktivitas di Bulan Suci Ramadhan


0
Spread the love
Sumber: blog.wps.com

Grapadinews.co.id – Bekerja di luar rumah meruapakan tantangan sendiri saat bulan Ramadhan. Ada begitu banyak hal di sekitar rumah yang dapat menggangu keseimbangan. Dengan datangnya bulan yang penuh berkah, usahakan untuk mempertahankan produktivitas dan daya tahan tubuh. Di waktu ini, umat muslim memiliki tanggung jawab yang lebih besar, mengingat kewajiban khusus harus dilaksanakan.

Hai kamu yang beriman! Puasa ditentukan untukmu seperti yang ditentukan untuk orang-orang sebelum kamu agar kamu dapat mencapai ketakwaan.” (QS Qur’an, 2:183).

Selama bulan yang diberkati ini, umat Islam di seluruh dunia melakukan ibadah yang meliputi puasa dan mengharap pengampunan dari Allah SWT. Maka kunci untuk mempertahankan stabilitas antara pekerjaan dan urusan spiritual adalah dengan persiapan matang. Berikut 5 tips membuat Anda produktif selama di bulan Ramadhan!

Tetapkan tujuan yang jelas dengan langkah tindakan spesifik

Sumber: karyahasiloptima.co.id

Tetapkan beberapa tujuan spiritual spesifik, disamping urusan pekerjaan dan bisnis selama bulan Ramadhan. Pastikan untuk buat target harian, seperti waktu untuk berdoa, membaca setidaknya satu hari satu juz, sholat malam dan tarawih. Sementara itu, Anda juga perlu membatasi kegiatan yang membuang-buang waktu seperti menghabiskan hari di depan komputer dan menonton televisi. Kemudian, dalam target bulanan akan diketahui sebarapa banyak waktu yang terbuang sia-sia, hal positif apa saja yang telah dilakukan hingga bagaimana dengan ibadah selama bulan Ramadhan

Salah satu strategi untuk mencapai tujuan seperti membaca seluruh Al-Qur’an adalah merencanakan dan melaksanakan sedikit demi sedikit dari awal hingga akhir. Anda bisa melihat kalender dan mentargetkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan semuanya. Ramadhan ada 30 hari, sementara juz berjumlah 30. Maka tidak ada salahnya terapkan gerakan satu hari satu juz. Ini akan membantu komitmen selama menjalan ibadah di bulan suci.

Rencana ke depan

Sumber: karalayneandco.com

Pikirkan segala sesuatu yang ingin dicapai dengan rencana. Buat daftar sederhana tentang hal-hal yang harus dilakukan setiap harinya. Sebagai contoh, perencanaan menu buka dan sahur selama satu minggu. Kemudian siapkan persediaan di dalam lemari pendingin agar semuanya bisa dijangkau dengan mudah. Dengan demikian, Anda hanya tinggal mencari menu menarik dan siap membuat hidangan lezat bulan puasa.

Mempersiapkan makanan selama satu bulan sekali terlihat muluk-muluk. Namun hal tersebut bisa menjadi penghemat waktu, uang dan meningkatkan produktivitas. Selanjutnya buat daftar belanjaan yang mencakup bahan-bahan yang diperlukan. Pastikan agar semua halal dan sisihkan untuk beberapa hari ke depan. Jika telah dipakai, bungkus dengan rapi dan hati-hati dalam lemari pendingin. Cara ini membuat Anda lebih tenang dalam menjalan ibadah puasa dan bekerja.

Prioritaskan tugas

Sumber: www.springcleaning.ae

Ketika Anda membuat daftar kegiatan harian, pastikan untuk prioritaskan setiap tugas berdasarkan kepentingannya. Mengelola dan mengurutkan kepentingan dapat memastikan Anda menyisihkan cukup waktu untuk menangani hal-hal yang mendesak sesegera mungkin.

Mulailah dengan membuat daftar semua kegiatan yang perlu diselesaikan hari itu. Selanjutkan kelompokkan yang memang sangat penting dan mendesak. Tidak lupa pula menyertakan tugas harian, seperti membersihkan rumah, mencuci pakaian, mengeringkan sepatu dan lain sebagainya. Lalu buat daftar baru keesokan harinya.

Pastikan kebutuhan keluarga terpenuhi

Sumber: www.unlockfood.ca

Tetapkan batasan yang jelas dengan keluarga selama jam kerja agar Anda tidak terganggu. Sebegai bentuk tanggung jawab dan kewajiban, maka sudah sepatutnya untuk memenuhi kebutuhan di sepanjang Ramadhan. Dengan demikian kewajiban spiritual dan sehari-hari bisa berjalan secara seimbang.

Luangkan waktu sejenank untuk berdiskusi bersama keluarga membahas tentang persiapan dan partisipasi dalam bulan Ramadhan. Anda bisa berencana untuk membuat aksi amal untuk membantu sesama. Kemudian tentukan area tertentu untuk menjalankan niat saling berbagi kepada sesama.

Di samping itu, sudah sepatutnya di bulan suci ini untuk menjaga lidah dari gosip dan menahan emosi. Ini adalah saat yang tepat untuk membentuk karakter dan mempertimbangkan setiap perbuatan. Selama di tempat kerja, pastikan untuk membantu rekan, membuat strategi bersama dan menunjukkan antusiasme agar pekerjaan cepat selesai dan ibadah tetap bisa dilaksanakan.

Berhenti menunda-nunda

Sumber: hellosehat.com

Ketika hidup penuh kesibukan dan Ramadhan telah tiba, tidak ada waktu lagi untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta. Rasulullah SAW berkata,

Ketika bulan Ramadhan dimulai, gerbang surga dibuka dan neraka ditutup dan setan dirantai,” (Diriwayatkan oleh Bukhari).

Manfaatkna bulan ini untuk mencari berkah. Rencanakan Ramadhan yang produktif, sehingga Anda akan menuai ganjaran baik dari Allah SWT. Tidak ada lagi waktu untuk menunda-nunda, kini saatnya untuk memperbanyak ibadah dan melakukan perbuatan terpuji.

Bulan Ramadhan sarat akan kebaikan. Allah tidak segan memberikan pahala berkali-kali lipat bagi mereka yang senantiasa beribadah, khusyu’ dan menjauhi larangan-Nya. Yuk, perbanyak amal di bulan yang suci ini.

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals