5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Wawancara Kerja


0
Spread the love
Sumber: fitforwork.org

Grapadinews.co.id – Interview pekerjaan sering kali membuat ketakutan. Calon tenaga kerja merasa insecure terlebih dahulu sebelum datang ke tempat. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pengalaman terdahulu yang kurang menyenangkan, penguji yang tampak tidak bersahabat hingga kesiapan dalam menghadapi tes.

Namun ketahuilah bila proses interview sangatlah penting bagi perusahaan untuk mengetahui karakter calon employee. Selain itu juga, bisa diketahui bagaimana kemampuan mereka dalam bekerja nanti, menghadapi masalah serta sumbangsih kepada perusahaan. Ada banyak penilaian yang diambil dari tahap ini.

Persiapan adalah kunci penting dari keberhasilan wawancara kerja. Ketahui tips-nya berikut ini agar proses interview berjalan dengan lancar!

Tidur cukup dan nyenyak

Sumber: tribunnews.com

Tidur nyenyak akan membawa Anda pada pikiran fresh dan fokus pada keesokan harinya. Mengistirahatkan otak setidaknya 8 jam sehari akan membuatnya kembali pulih. Maka sebelum interview, pastikan untuk untuk atur waktu tidur dengan baik.

Hindari minuman yang mengandung kafein atau gula agar tidak membuat terjaga semalaman suntuk. Kurang tdiur juga bisa meningkatkan perasaan stres atau cemas. Keduanya membuat proses wawancara terganggu.

Namun jika Anda kesulitan tidur karena rasa cemas, maka cobalah untuk berlatih relaksasi seperti yoga atau meditasi. Jauhkah pikiran dari hal-hal yang mengganggu termasuk tentang hari esok dan mulailah untuk istirahat dengan nyaman.

Periksa kembali resume dan surat lamaran

Sumber: jobs.lovetoknow.com

Saat proses wawancara biasanya tim akan meminta resume Anda sebagai bahan pertimbangan. Pastikan untuk periksa kembali isi di dalam Curiculum Vitae dan surat lamaran, mulai dari latar belakang pendidikan, skill, pengalaman kerja serta organisasi, hingga posisi apa yang dilamar.

Persiapkan jawaban yang menyangkut hal-hal di dalam resume tersebut. Dengan demikian nantinya Anda akan menjawab pertanyaan dengan cepat dan optimis. Sikap ini akan mempengaruhi penilaian tim. Sebab apabila terlalu lama dan ragu-ragu justru mereka menilai bila Anda kurang percaya diri dan merasa tidak yakin. Atau bisa juga mereka mengira tidak jujur.

Persiapkan daftar pertanyaan yang diajukan

Sumber: learnenglishteens.britishcouncil.org

Mengajukan pertanyaan adalah hal utama yang harus ada dalam proses wawancara. Jika Anda telah berpengalaman sebelumnya, tentu mengerti tentang hal-hal yang biasanya dipertanyakan secara garis besar. Namun persiapkan juga pertanyaan-pertanyaan yang bisa jadi tidak terduga.

Jika belum berpengalaman sebelumnya, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada teman tentang hal apa saja yang biasanya dutanyakan oleh tim recruitment. Anda juga bisa mencarinya di internet seputar pertanyaan wawancara kerja.

Biasanya tim akan menanyakan soal alasan memilih posisi serta pekerjaan, motivasi melamar pekerjaan, solusi untuk menghadapi masalah, tentang perusahaan itu sendiri, hingga sebarapa tahukah Anda terhadap posisi yang dilamar. Hal-hal tersebut memang terlihat rumit, tapi apabila telah menyiapkannya secara baik, justru akan lebih mudah dan siap dalam menjawab.

Rencanakan rute dan ketepatan waktu

Sumber: freepik.com

Salah satu elemen yang masuk dalam penilaian wawancara adalah ketepatan waktu saat datang ke lokasi. Mereka akan menganggap Anda adalah orang yang tidak kompeten jika datang terlambat dan tidak sesuai dengan janji yang telah disepakati. Oleh sebab itu pikirkan tentang rute dan waktu tempuh untuk bisa sampai ke lokasi.

Bila Anda memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi, pertimbangkan kondisi lalu lintas dan cuaca yang dapat menyebabkan keterlambatan. Jika menggunakan transportasi umum, periksa dan pastikan jadwal keberangkatan bus atau kereta. Berbeda lagi bila interview dilakukan secara online, maka pastikan agar memilih tempat yang nyaman dan berjaringan internet cepat.

Setidaknya calon tenaga kerja datang di lokasi 30 menit sebelum waktu dimulai. Apabila ternyata Anda datang terlalu awal, habiskan waktu sejenak untuk merelaksasikan diri di kafe terdekat atau menghirup udara segar di sekitar. Cara ini justru akan membuat pikiran lebih tenang saat menghadapi tim recruitment nanti.

Persiapkan pakaian

Summber: www.motiontraxx.com

First impression merupakan hal lumrah ketika bertemu dengan orang baru. Ialah waktu sekian menit bagi mereka untuk melihat bagaimana Anda dari penampilan.

Interview adalah momen formal, di mana calon tenaga dituntut untuk serapi mungkin sebagai bentuk meghargai dan sopan santun. Pastikan untuk memilih pakaian yang sesuai, misalnya shirt berlengan panjang warna putih, blazer dan bawahan bahan hitam. Tidak lupa pula gunakan alas kaki formal untuk menambah kesan office look.

Melakukan persiapan sebelum wawancara akan membuat Anda tenang saat keesokan harinya, sebab tidak perlu lagi mempersiapkan banyak hal. Kunci pentingnya yakni fokus dan siapkan energi se-prima mungkin untuk menghadapi para tim recruitment.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals