5 Hal Penting Sebelum Memakai Jasa Studi Kelayakan

Advertisements

jasa studi kelayakan

Jasa studi kelayakan merupakan sebuah jasa yang berfungsi untuk menilai bagaimana sebuah bisnis beroperasi apakah layak atau tidak berdasarkan standar tertentu. Hal ini sangat dibutuhkan agar sebuah usaha bisnis dapat bergerak di arah yang baik sehingga keuntungan dapat dimaksimalkan serta kerugian dapat diminimalisir.

Keberadaan jasa pembuatan studi kelayakan menjadi semakin penting terutama pada masa kini dimana banyak muncul berbagai start up ataupun UMKM di berbagai belahan di Indonesia. Karena, dengan bantuan studi kelayakan Anda bisa merencanakan banyak hal namun lebih sistematis, memiliki batas waktu yang rasional, perencanaan keuangan yang matang dan presisi dan lainnya.

Beberapa Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memakai Jasa Studi Kelayakan

Memakai jasa pembuatan studi kelayakan sangatlah penting. Anda bisa memakai jasa ini diberbagai sisi baik itu pada tahap perencanaan, kegiatan pembangunan atau pada proses operasional. Bahkan Anda bisa memakai jasa ini dari awal sampai akhir bisnis. Namun, Anda jangan memakai jasa ini pada semua tahapan usaha. Karena, Anda akan terlalu bergantung sehingga tidak bisa mandiri di kemudian hari.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memakai jasa ini. Pastikan semua hal tersebut dipersiapkan dengan matang sehingga studi kelayakan dapat memberikan masukan dan evaluasi yang bermanfaat bagi perkembangan rencana usaha Anda. Adapun yang perlu dipersiapkan antara lain:

Ide

Setiap bisnis haruslah dimulai dari sebuah ide. Ide tersebut bisa membuat usaha Anda menjadi sukses atau tidak. Karena ide merupakan langkah awal maka hal ini harus diperhatikan dengan seksama. Anda bisa saja memakai ide yang sama dengan bisnis yang ada asalkan menambah value dari produk atau jasa yang ditawarkan. Cara ini tentu lebih mudah karena telah terbukti berhasil oleh bisnis yang ditiru.

Baca Juga  Jasa Studi Kelayakan, Mengeluarkan Sebuah Metode

Cara lainnya adalah membuat produk dan jasa yang berbeda. Hanya saja, hal ini sulit untuk dilakukan karena Anda membutuhkan tenaga ekstra agar ide ini dapat berhasil. Namun, menjadi yang pertama dalam lini bisnis akan membuat Anda menjadi leader dalam bisnis tersebut ketika berhasil di suatu saat nanti.

Rencana Keuangan

Hal lain yang tidak kalah penting adalah rencana keuangan. Anda harus membuat rencana keuangan dengan seksama, terperinci sampai ke hal paling kecil sekalipun. Berilah perhitungan modal yang dibutuhkan sesuai dengan harga peralatan saat ini serta biaya operasional lainnya.

Jangan lupa berikan rasio seperti NPV, BEP dan lainnya agar Anda bisa menarik perhatian para investor. Karena, rencana keuangan yang baik dapat menarik minat banyak orang untuk berinvestasi di usaha Anda.

Rencana Usaha

Selain itu persiapkan juga rencana usaha Anda. Hal ini bisa diartikan kapan Anda memulai membangun bisnis tersebut, kapan dibangun tempat bisnisnya, perkembangannya kapan saja dilakukan, rencana jangka pendek, menengah dan panjang serta lainnya.

Advertisements

Rencana usaha ini sangat penting karena dapat menentukan langkah perkembangan bisnis ke depannya. Namun, Anda bisa memakai jasa studi kelayakan agar rencana usaha Anda menjadi matang dan tertata dengan rapi.

Rencana Operasional

Kemudian Anda harus membuat rencana operasional dengan baik. Tentu hal ini berkaitan dengan skala usaha terlebih dahulu. Kemudian, diikuti dengan berapa banyak karyawan yang dibutuhkan agar bisnis dapat berjalan dengan optimal.

Biasanya jumlah karyawan akan bertambah seiring dengan berkembangnya usaha yang ada. Namun, hal ini harus disesuaikan dengan baik agar biaya operasional tidak terlalu tinggi karena akan meningkatkan beban keuangan.

Peralatan dan Supply

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah peralatan apa saja yang harus dipakai serta supplier utamanya dari mana saja (khusus untuk produk). Dua hal ini sangat penting dalam dunia usaha karena berperan dalam kegiatan operasional. Oleh karena itu, Anda harus membuat rincian kedua hal tersebut dengan baik agar rencana usaha Anda sangat matang sebelum dikaji lebih lanjut oleh pakar studi kelayakan.

Baca Juga  4 Keuntungan Memakai Jasa Isi Ulang Alat Pemadam

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum memakai jasa studi kelayakan tersebut. Mempersiapkan hal ini sangatlah penting karena akan membantu mengasah keterampilan Anda dalam membangun rencana bisnis. Selain itu, dengan bantuan studi kelayakan maka rencana tersebut akan menjadi semakin matang dan lebih baik dari sebelumnya.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This