5 Cara Mudah Berinvestasi Untuk Pemula


0
Spread the love

Grapadinews.co.id – Menyisihkan dana berguna untuk kehidupan di masa yang akan datang. Tidak hanya mereka yang bermodal besar, namun investasi bisa dilakukan oleh siapa saja. Kini banyak kemudahan unuk melakukannya. Melalui beberapa platform online, kegiatan tersebut bahkan bisa diakses kapan dan di manapun. 

Apabila Anda hanya memiliki sedikit dana, utamanya dari penghasilan per bulan bisa dengan menyisihkan dengan beberapa cara mudah berikut ini!

Advertisements
loading...
Advertisements
loading...
  1. 1 Berinvestasi dengan menabung

    Sumber: greatperformersacademy.com

    Menyimpan uang sama halnya dengan berinvestasi. Sebagai langkah pertama untuk menanam dana adalah dengan menabung. Mungin Anda tidak langsung akan mendapatkan keuntungan yang berlipat seperti pada platform investasi lainnya. Namun dengan melakukannya sedikit demi sedit, menabung justru menjadi membuahkan hasil nantinya. 

    Anda bisa memulainya dengan menyisihkan Rp. 100.000 per minggu dan lihatlah hasilnya selama satu tahun. Cara ini bisa jadi solusi tepat bagi mereka yang sama sekali belum berpengalaman berinvestasi di perusahaan keuangan. 

  2. 2 Daftarkan pendapatan pada program pensiunan

    Sumber: economy.okezone.com

    Jika Anda memiliki penghasilan tetap tidak ada salahnya untuk mendaftarkan pada program pensiunan. Pada beberapa perusahaan, dana untuk pensiun disisihkan dengan jumlah kecil dan dipotong melalui gaji bulanan. Meski tidak terlihat, namun apabila dibiarkan dalam jangka waktu hingga tahunan ternyata jumlah yang tersimpan cukup banyak. 

    Anda tidak perlu sampai menguras energi atau waktu, apalagi bingung dalam mencari informasi dalam berinvestasi. Melalui potongan otomatis sama dengan menyisihkan sedikit demi sedikit. 

    Namun apabila potongan gaji tidak otomatis terpotong untuk dana pensiunan, bisa juga dengan mendaftarkan sendiri dan memulainya dari langkah kecil, misalnya menyisihkan 1% di awal. Pada tahun berikutnya, tingkatkan menjadi 2%, begitu juga dengan tahun-tahun berikutnya. Namun demikian, Anda harus mengamati dan mengikuti kenaikan gaji per tahun untuk melihat seberapa besar dana simpanan terus naik.

  3. 3 Berinvestasi di reksadana

    Sumber: inapex.co.id

    Reksadana adalah sekuritas investasi yang cocok bagi pemula dan memungkinkan mereka untuk berinvestasi dalam portofolio saham serta obligasi. Namun beberapa perusahaan reksadana membutuhkan dana minimum awal sekitar $500 (Rp. 7.000.000) sampai $5.000 (Rp. 70.000.000). 

    Namun bagi Anda yang memiliki modal kecil, tidak perlu kahwatir sebab beberapa perusahaan reksadana memberikan keringanan dengan pilihan investasi bulanan mulai dari $50 (Rp. 700.000) dan $100 (1.400.000). Terlebih ia juga memberikan kemudahan dengan pilihan investasi otomatis melalui tabungan gaji. Beberapa perusahaan reksadana yang banyak dikenal yakni Dreyfus, Transamerica, sampai T. Rowe Price

  4. 4 Bermain aman dengan sekuritas Treasury

    Sumber: parstoday.com

    Meski investor pemula jarang menggunakannya, namun tidak ada salahanya bila Anda mencoba memulai dengan US Treasury. Tempat ini adalah yang terbaik untuk mengamankan uang karena dilengkapi dengan sekuritas tinggi. Bahkan nantinya Anda dibimbing untuk berinvestasi ke yang lebih tinggi. 

    Sekuritas Treasury juga dikenal sebagai obligasi simpanan yang mudah dan dibawah pengawasan Departemen Keuangan AS. Melalui perusahaan ini Anda bahkan bisa membeli fixed-income pemerintah Amerika dalam jangka waktu 30 hari sampai 30 tahun dengan denominasi paling rendah $100 atau Rp. 1.400.000. Sama halnya dengan reksadana, nasabah juga bisa mengatur dari tabungan gaji melalui akun Treasury Direct.

  5. 5 Berinvestasi pada Roboadvisor

    Sumber: investorjunkie.com

    Bagi Anda yang berlum berpengalaman dalam berinvestasi sebelumnya, cara ini sangatlah praktis. Roboadvisor dibuat untuk memudahkan investasi sederhana. Dibuat dengan teknologi intelijen otomatis yang dapat membaca penanaman dana serta latar pebalakang pengguna. 

    Salah satu roboadvisor yang banyak digunakan dan direkomendasikan adalah M1 Finance. Tidak perlu membayar biaya komisi atau manajemen, justru pengguna bisa memilih portofolio terdiversifikasi atau menyesuaikan sendiri saat membeli saham melalui platform. Investasi bisa dimulai dari $100 atau setara dengan 1.400.400 rupiah saja.  

    Roboadvisor lain yang tidak perlu biaya mininum dalam penanamannya yakni Betterment. Namun keduanya sama-sama bagus untuk pemula karena dirancang super sederhana, sehingga memungkin untuk diakses kapan dan di mana saja. 

    Adanya investasi bertujuan untuk kepentingan jangka panjang. Baik individu maupun perusahaan besar bisa menanamkan modal. Apalagi saat ini telah didukung oleh teknologi, sehingga berinvestasi dapat dilakukan dengan langkah muda, tanpa persyaratan rumit dan bisa dipantau kapan dan dimana saja. 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
1
win
Indahhikma

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals