MenyalinHarap perbaharu

5 Aspek Terpenting Dalam Jasa Studi Kelayakan

jasa studi kelayakan

Para pemilik bisnis pasti ingin memiliki bisnis yang berjalan dengan baik terutama untuk waktu yang lama. Namun, membangun bisnis yang baik tentu tidak mudah walaupun bagi pebisnis berpengalaman. Akan tetapi, dengan bantuan jasa studi kelayakan maka melakukan hal ini akan lebih mudah.

Karena dengan bantuan jasa studi kelayakan bisnis tersebut kamu bisa menemukan berbagai hal penting dari bisnis yang akan dibangun. Bahkan, jasa ini tetap direkomendasikan walaupun kamu berada di tengah-tengah bisnis. Karena jasa tersebut bisa membantu kamu melihat berbagai masalah dan peluang terpendam dalam bisnis masing-masing.

5 Aspek Utama Di Jasa Studi Kelayakan

Jasa studi kelayakan ini menggunakan berbagai aspek dalam menilai sebuah bisnis. Sebenarnya terdapat banyak aspek yang akan dianalisis lebih lanjut. Akan tetapi, terdapat 5 aspek utama yang wajib digunakan. Hal ini dikenal dengan TELOS (technical, economy, law, operational dan schedule).

Aspek tersebut dapat kamu ketahui lebih lanjut melalui penjelasan lebih lanjut di bawah ini, yaitu:

1. Technical (Teknis)

Secara teknikal kamu dapat memahami bahwa aspek ini menilai sistem yang ada atau diusulkan bisa dikembangkan kembali serta diterapkan ketika memakai teknologi yang telah ada. Jika memungkinkan kamu juga bisa memakai teknologi baru.

Hal teknis tidak hanya dari sisi teknologi dan sistem tetapi juga beberapa hal lain, seperti:

  • Bagian bisnis yang harus diperiksa
  • Faktor lain seperti manusia (SDM) maupun ekonomi
  • Solusi yang bisa disimpulkan dari masalah yang ada
  • Metode produksi terbaik

2. Economy (Ekonomi)

Aspek berikutnya adalah ekonomi yang menganalisa bagaimana usaha atau bisnis ini berpengaruh pada tingkat pendapatan per kapita di wilayah bisnis ini didirikan. Hal ini akan bertambah jika kamu nantinya memutuskan untuk membuat cabang bisnis di wilayah lain.

Baca Juga  Jasa Studi Kelayakan: Penilaian Pada Aspek Ekonomi dan Budaya

3. Law (Hukum)

Bagian ini bertujuan untuk menilai apakah sistem yang akan dipakai bertentangan atau tidak dengan hukum yang ada di Indonesia. Karena, setiap aturan maupun data dalam sebuah bisnis harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jika tidak, maka sewaktu-waktu bisnis ini akan ditutup oleh pihak yang berwajib.

4. Operational (Operasional)

Pada bagian ini, pihak jasa studi kelayakan akan menilai apakah hasil dari operasional yang kamu inginkan dari desain serta pengembangan yang ada telah sesuai atau tidak. Operasional ini harus memiliki parameter khusus sehingga tahapan operasional secara bertahap dapat terealisasi baik dari sisi waktu maupun kualitas pengembangan yang kamu harapkan.

5. Schedule (Penjadwalan)

Bagian aspek terakhir adalah bagaimana menyusun sistem yang kamu usulkan dapat diterapkan dalam sebuah kerangka waktu yang logis. Kerangka waktu ini harus dibuat seobjektif dan dengan perhitungan yang matang.

Karena dengan schedule yang baik kamu bisa membuat target pengembangan sistem dan pembangunan bisnis yang matang. Tentu target waktu tersebut harus terpenuhi sehingga target pembukaan dan rencana selanjutnya dapat terlaksana dengan baik.

Jasa studi kelayakan ini bekerja dengan berbagai aspek yang ada dalam analisa bisnis tersebut. Akan tetapi, 5 aspek yang dikenal dengan TELOS tersebut merupakan inti utama dari studi kelayakan sehingga bisnis yang akan atau telah dibangun dapat berkembang dengan lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This